Sebut Dirinya Cucu Penulis Buku Iqra, Wanita Ini Langsung Bikin Heboh Netizen!

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 18 November 2020 16:03
Sebut Dirinya Cucu Penulis Buku Iqra, Wanita Ini Langsung Bikin Heboh Netizen!
Kalian pasti nggak asing dong dengan sosok di buku iqra?

Seorang perempuan belakangan menuai sorotan publik usai mengungkap identitas sebagai cucu dari Kyai Haji As'ad bin Humam, sosok yang fotonya berada di belakang buku-buku iqro untuk belajar membaca Al-Qur.'an. 


Seperti yang diketahui, Iqra merupakan salah satu buku yang paling populer digunakan umat muslim Indonesia untuk belajar mengaji. Adapun di bagian belakang buku, terdapat foto ikonik almarhum Kyai Haji As’ad Humam selaku penulisnya.

1 dari 3 halaman

Mengenai foto tersebut, lewat akun @fridesides di TikTok, video perempuan bernama Frideswidi Aufi pun viral. Sebab, Mahasiswa Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta itu mengungkap dirinya merupakan cucu sang penulis buku Iqra.

 

“ Ada yang masih penasaran siapa kakek di belakang sampul Iqro? He’s my grandfather, bapaknya bundaku. Beliau wafat tahun 1996, aku lahir 1990. Rindu. Walau belum bertemu di dunia, semoga bisa bertemu di surga-Nya,” kata Frideswidi di salah satu unggahannya.

Awalnya, beberapa warganet skeptis Frideswidi merupakan cucu asli dari Kyai Haji As’ad Humam. Namun, ia kemudian membuktikannya dengan memperlihatkan pasfoto hingga foto sang sang kakek yang telah dibingkai rapi.

2 dari 3 halaman

Menjawab salah satu komentar warganet, Frideswidi pun mengaku bangga menjadi cucu dari Kyai Haji As’ad Humam. Bukan tanpa sebab, kakeknya memang dinilai orang-orang sebagai sosok berjasa yang membuat mereka kini bisa mengaji.

@fridesides

Reply to @pepes00 jazakillah khayr ???????? mohon doa & supportnya yaa mba ????????? #fyp #grandfather #foryou #muslimtiktok #iqro

? stuff we did - favsoundds

 

“ Masyaallah, siapa yang gak bangga punya kakek yang sehebat ini. Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat dan barokah, serta mohon doanya agar saya bisa menjadi cucu yang membanggakan dan bisa bermanfaat buat orang banyak,” ungkap Frideswidi.

Selain video yang membahas sang kakek, Frideswidi umumnya mengunggah konten-konten dakwah di TikTok. Dalam salah satu unggahannya, ia mengaku ingin agar orang-orang yang menonton bisa mendapat manfaat baik dari videonya.

3 dari 3 halaman

Walau begitu, perjuangannya bukan tanpa cobaan. Frideswidi kerap menerima komentar nyinyir warganet, menilai dirinya terlalu eksis di media sosial untuk seseorang yang merupakan cucu Kyai.

“ Sering dikatain ‘lu kan cucunya kakek Iqro. Kok gini sih, kok gitu sih’. Let me be myself, guys. Aku juga berusaha kok untuk jadi orang yang baik dan bermanfaat untuk umat dengan caraku sendiri. Mohon doa dan support-nya ya,” sebut Frideswidi.

Kini beberapa unggahan Frideswidi sudah sampai viral, ditonton berjuta-juta kali dan disukai oleh lebih dari 1,9 juta orang. Beragam respons pun diberikan warganet kebanyakan yang positif, termasuk mendoakan Kyai Haji As’ad Humam.

“ Masyaallah, berkat kakeknya saya bisa huruf Arab, hafal Al-Qur.’an. Semoga kakeknya diberikan tempat yang seindah-indahnya. Masyaallah sekali amalnya, mengalir terus,” kata akun @zlkh22_.

Wah, kalau cucu KH. As'ad Humam aja udah segini, nggak kebayang udah berapa banyak orang yang terbantu karena buku iqronya. Kalian pas belajar ngaji pakai buku iqor ini juga nggak?

 

Beri Komentar