Miris, Ditanya Soal Peribahasa Indonesia Anak-Anak Ini Malah Lebih Tahu Tarek Sis Semongko

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 17 November 2020 20:03
Miris, Ditanya Soal Peribahasa Indonesia Anak-Anak Ini Malah Lebih Tahu Tarek Sis Semongko
Jawabannya bikin geleng-geleng kepala :(

Anak-anak jaman sekarang memang beda dengan jaman dahulu. Karena tuntutan zaman yang berkembang, membuat mereka jadi kurang tahu dengan tokoh, nilai-nilai dan sejarah bangsa sendiri. Seenggaknya hal ini memang terbukti ada. Seperti dalam konten TikTok milik akun @iben_ma.

Konten TikTok yang dibuat oleh akun bernama @iben_ma lagi-lagi viral. Sosial eksperimen dirinya yang bertanya soal peribahasa kepada anak-anak jadi perbincangan.

1 dari 4 halaman

Anak-Anak yang Tak Tahu Peribahasa Indonesia © Diadona

Dalam video yang dibagikan, pria Benjamin Jusuf E. M. A. bertanya pada beberapa anak yang ditemuinya soal peribahasa. Ia melemparkan potongan peribahasa dan meminta anak-anak yang ditemuinya untuk melanjutkan peribahasa tersebut.

“ Lengkapi peribahasa berikut yah. Berakit-rakit ke hulu?,” begitu Ben bertanya pada salah seorang anak.

Begitu mengejutkan, anak-anak tersebut malah asing dengan peribahasa yang ditanyakan. Salah seorang anak menjawab, “ Rekat-rekat terhulu.”

2 dari 4 halaman

Pria yang akrab dipanggil Ben itu pun mengulang pertanyaan yang sama. Kembali bocah tersebut memberikan jawaban yang salah. ‘Berenang-renang melulu,” katanya.

 

Ben kemudian memberikan peribahasa berbeda. “ Tong kosong?” tanyanya. “ Nggak tahu bang,” jawab bocah yang memakai kaus garis merah biru.

Dalam video selanjutnya, Ben kembali meminta bocah tersebut untuk melanjutkan perkataannya. Namun, bukan ucapan peribahasa yang dilontarkannya.

“ Tarek ses..,” kata Ben. Dan bocah itu spontan membalas, ‘Semongko.’

3 dari 4 halaman

Video Ben yang diunggah ke TikTok itu sudah sudah dilihat lebih dari 5,6 juta kali. Warganet yang menonton video tersebut sebagian merasa miris kenapa anak-anak zaman sekarang yang tidak bisa menjawab pertanyaan Ben soal peribahasa.

“ Ini miris banget loh sebenarnya,” komentar Farzana.

“ Beruntung emak pas jaman sekolah selalu beliin sampul buku yang ada peribahasanya. Makasih emak,” tulis akun Root.

“ Nangis deh, kenapa peribahasa kayak gitu aja udah pada gak tahu lahi,” kata Nela.

“ Kelamaan sekolah online,” komentar Bella sembari menyematkan emoji menangis.

“ Ya Allah bisa-bisanya itu gak tahu,” komentar Say.

4 dari 4 halaman

Sebelumnya, video eksperimen sosial Ben yang menguji pengetahuan anak sekarang tentang para influencers dan tokoh bangsa Indonesia juga pernah viral. Seorang anak pernah kebingungan melihat foto Presiden ke-4 RI Gus Dur.

Seorang bocah mengaku tidak mengetahuinya. Bocah itu malah mengira Gus Dur itu sebagai anggota DPR. Waduh, gimana nih menurut kamu?

Beri Komentar