Profil Boenjamin Setiawan, Dokter Terkaya RI Sekaligus Founder Kalbe Farma yang Berpulang

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 5 April 2023 12:08
Profil Boenjamin Setiawan, Dokter Terkaya RI Sekaligus Founder Kalbe Farma yang Berpulang
Boenjamin merupakan pendiri perusahaan obat Kalbe Farma.

Konglomerat Boenjamin Setiawan dikabarkan meninggal dunia di usia 90 tahun. Pria yang akrab disapa dr Boen itu adalah pendiri perusahaan raksasa farmasi PT Kalbe Farma Tbk. Pria yang lahir di Tegal pada tahun 1933 itu menjadi langganan dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Tak banyak yang mengenal nama Boenjamin Setiawan.

1 dari 5 halaman

Perusahaan yang didirikannya, PT Kalbe Farma Tbk, telah menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Berkat kerja keras dan dedikasinya, dr Boen berhasil memimpin perusahaan ini menjadi salah satu yang terkemuka di sektor farmasi di Indonesia dan Asia Tenggara.

Selain sukses dalam dunia bisnis, dr Boen juga dikenal sebagai seorang filantropis yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan amal. Ia telah memberikan banyak kontribusi dalam bidang kesehatan dan pendidikan, serta membantu masyarakat kurang mampu.

2 dari 5 halaman

Profil Boenjamin Setiawan

Dikutip dari Forbes, Boenjamin Setiawan merupakan dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ia sempat melanjutnya studi kedokterannya ke University of California, Amerika Serikat (AS) dengan spesialias farmakologi.

Ia juga sempat mengajar sebagai dosen di almamaternya. Bermodal uang patungan dengan beberapa saudara kandungnya, dr Boen mendirikan pabrik obat dari garasi rumahnya. Inilah yang kemudian jadi cikal bakal Kalbe Farma.

 

3 dari 5 halaman

Forbes menempatkan Boenjamin Setiawan di urutan ke-8 orang terkaya di Indonesia, dengan kekayaan bersih sebesar 4,8 miliar dollar AS atau setara Rp 71,79 triliun (kurs Rp 14.950). 

Kehilangan dr Boen merupakan duka yang mendalam bagi dunia bisnis dan masyarakat Indonesia. Namun, warisan yang ditinggalkannya, baik dalam dunia bisnis maupun dalam kontribusinya terhadap masyarakat, akan tetap dikenang dan dihargai. 

4 dari 5 halaman

Semoga beliau mendapat tempat yang layak di sisi Yang Maha Kuasa. Selamat jalan, dr Boen. Semoga perusahaan dan karya-karya baik yang telah beliau bangun tetap berlanjut untuk generasi mendatang. Rest in Peace.

Beri Komentar