Nicke Widyawati Menjadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia, Ini Profilnya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 29 Maret 2023 19:26
Nicke Widyawati Menjadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia, Ini Profilnya
Profil Nicke Widyawati yang jadi wanita paling berpengaruh di dunia.

Profil dan kekayaan Nicke Widyawati menjadi topik menarik untuk dibicarakan di kalangan netizen. Saat ini, Nicke Widyawati telah terpilih kembali sebagai Dirut Pertamina untuk periode kedua.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina dan telah disahkan dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara No SK-199/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina, yang ditandatangani pada Senin, 19 September 2022 yang lalu.

1 dari 5 halaman

Nicke Widyawati dianggap mampu mengarahkan Pertamina pada transformasi perusahaan dan mencapai kinerja terbaik selama kepemimpinannya dari April 2018 hingga September 2022, menurut pemegang saham.

Selain itu, Nicke Widyawati juga meraih dua penghargaan dan masuk ke dalam daftar Forbes 2021 sebagai salah satu dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia. Menempati peringkat 27, Nicke Widyawati berada di atas Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menempati posisi 66 dalam daftar tersebut.

2 dari 5 halaman

Nicke Widyawati © Diadona

Nicke Widyawati kembali dianugerahi gelar " Most Powerful Women" menurut peringkat Fortune Media 2022, kali ini ia menempati peringkat ke-50. Ia sebelumnya menerima gelar yang sama pada tahun 2020 dan 2021, masing-masing menempati peringkat ke-16 dan ke-17.

Pertamina mengakui bahwa berdasarkan penilaian Fortune Media, Nicke Widyawati adalah satu-satunya perempuan dari Indonesia bahkan dari negara-negara ASEAN yang tergabung dalam daftar International Most Powerful Woman.

3 dari 5 halaman

Nicke Widyawati juga merupakan salah satu dari dua perempuan Asia yang menerima penghargaan ini. Prestasinya telah membuat wanita kelahiran Tasikmalaya ini menjadi wanita paling berpengaruh di dunia, yang merupakan kebanggaan besar bagi Indonesia.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, Nicke Widyawati menyelesaikan pendidikan S1 Teknik Industri pada tahun 1991 di Institut Teknik Bandung. Ia kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Padjajaran pada tahun 2009 dan berhasil memperoleh gelar magister Hukum Bisnis.

4 dari 5 halaman

Nicke Widyawati Wanita Berpengaruh Dunia © Diadona

Nicke Widyawati memulai kariernya di bidang perbankan saat ia masih berusia 21 tahun dan menjalani pendidikan strata satu di Bank Duta cabang Bandung. Selanjutnya, ia bekerja di PT Rekayasa Industri dan terlibat dalam beberapa proyek yang bekerja sama dengan Pupuk Sriwijaya di Palembang, Cilegon hingga Malaysia.

Nicke kemudian bergabung dengan Mega Eltra, sebuah BUMN yang bergerak di bidang listrik, dan akhirnya menjadi direktur utama perusahaan tersebut. Setelah itu, Nicke Widyawati dipindahkan ke PLN pada tahun 2014 dan menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1.

5 dari 5 halaman

Pada tahun 2017, Nicke Widyawati memulai kariernya di Pertamina sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelaksana tugas Direktur Logistik, Rantai Pasokan, dan Infrastruktur. Kemudian pada bulan April 2018, Nicke ditunjuk sebagai pelaksana tugas Direktur Utama sekaligus Direktur Sumber Daya Manusia. Pada tahun yang sama, Nicke kemudian resmi menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina.

Nicke Widyawati, sebagai pejabat negara, secara rutin melaporkan harta kekayaannya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK. Pada tanggal 31 Desember 2021, Nicke melaporkan LHKPN terbarunya yang mencatatkan harta kekayaan bersih senilai Rp75.046.952.698 atau setara dengan Rp75,04 miliar.

Itulah Nicke Widyawati Dirut Pertamina yang menjadi perempuan paling berpengaruh di dunia. Sosoknya sangat menginspirasi bukan? Bagaimana nih pendapat kamu tentang Nicke Widyawati?

sumber: okezone.com pada 29 Maret 2023 (Mutiara Oktaviana)

Beri Komentar