Pengertian Teori Konspirasi, Mengapa Banyak Orang Percaya dan 5 Teori Paling Terkenal di Dunia

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 19 Mei 2021 16:44
Pengertian Teori Konspirasi, Mengapa Banyak Orang Percaya dan 5 Teori Paling Terkenal di Dunia
Teori konspirasi adalah penjelasan mengenai alasan terjadinya suatu hal dan berisi narasi yang menyangkut orang-orang dengan misi jahat.

Teori konspirasi adalah suatu teori yang berusaha memberi penjelasan dari satu peristiwa yang umumnya tragis, besar dan kuat sebagai suatu peristiwa yang dirancang oleh orang jahat demi misi rahasia. Teori konspirasi menolak narasi atau penjelasan standar dan lebih memeprcayai bahwa suatu hal tersebut terjadi karena suatu kelompok atau organisasi rahasia untuk melaksanakan misi rahasia.

Meskipun teori kosnpirasi umumnya nggak disertai dengan bukti yang valid, namun nggak menghalanginya untuk terus berkembang. Teori konspirasi bisa merusak masyarakat.

Melansir Britannica, terbentuknya teori konspirasi ini makin meluas di waktu-waktu yang diliputi kecemasaan, ketidak pastian, dan kesulitan. Contohnya, pandemi, bencana, hingga gejolak politik. Salah satu contoh nyata yakni kemunculan teori konspirasi pasca terjadinya serangan 9/11 atau teori yang menyatakan bahwa virus Covid sengaja disebar sebagai misi genosida.

1 dari 3 halaman

Pengertian Teori Konspirasi

Teori Konspirasi Adalah © Diadona

Teori konspirasi adalah suatu teori yang umumnya berisi plot yang dilakukan secara rahasia oleh sekelompok orang yang kuat dan jahat. The Oxford English Dictionary mendefinisikan teori konspirasi sebagai " teori bahwa suatu peristiwa atau fenomena terjadi sebagai akibat dari persekongkolan antara pihak yang berkepentingan. Trus apa bedanya dengan konspirasi?

Secara definisi, konpirasi adalah persekongkolan dua orang ataulebih untuk melakukan suatu kejahatan di masa depan. Sedangkan teori konspirasi lebih mengarah pada hipotesis konpirasi dengan karakteristik tertentu. Teori konspirasi umumnya selalu menetang pemikiran utama dari orang-orang yang punya akses untuk mengevaluasinya, misalnya ilmuwan atau sejarawan. Sederhananya nih, teori konspirasi menentang hal-hal yang bisa diverifikasi oleh ahlinya.

Para ahli teori konspirasi merasa mereka punya akses ke informasi yang tidak disampaikan ke publik. Atau, mereka punya cara berfikir yang distigmatisasi dan menjauhkan mereka dari orang-orang yang percaya pada berita resmi.

Trus kenapa sih banyak orang yang percaya dnegan teori konspirasi? Menurut Psychology Today, alasan utama banyak ornag yang tertarik dnegan teori konspirasi adalah karena teori ini mampu menawarkan suatu penjelasan untuk suatu peristiwa yang tampaknya acak dan nggak bisa dijelaskan.

Ada juga faktor bias informasi, karena kebanyakan orang cenderung menacri informasi yang mendukung apa yang mereka yakini. Misalnya nih saat kita udah percaya dengan satu teori, kita cenderung hanya mencari informasi lain yang menguatkan apa yang kita yakini, dan itu terjadi tanpa kita sadari.

2 dari 3 halaman

Konspirasi Global

Teori Konspirasi Adalah © Diadona

Sering mendengar istilah ini bukan? Tapi tahukah kamu apa artinya?

Konspirasi global atau yang sering disebut dengan konspirasi elit global adalah suatu teori yang menyatakan bahwa sesuatu terjadi karena persekongkolan atau misi jahat dari orang yang memiliki kekuasaan mendunia.

Misalnya nih, salah satu teori konspirasi yang paling sering terdengar dari peristiwa di balik covid-19 adalah bahwa wabah ini disengaja terjadi melalui tangan para elit global untuk suatu tujuan tertentu, salah satunya menata ulang perekonomian dunia.

Sayangnya, teori konspirasi mengenai ini meluas. Hasil survey UI membuktikan, sebanyak 21 persen dari 150 responden yang terlibat percaya kalau wabah covid-19 adalah rekayaka elit global. Hasil survey UI membuktikan bahwa mereka yang percaya teori konspirasi adalah mereka yang berumur 20-40 tahun, berpendidikan SMP hinga SMA dengan pengeluaran kurang dari 2.5 juta perbulan.

Hasil pemaparan ini sekaligus menjadi alasan mengapa masih banyak ornag yang abai dengan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dengan benar atau menghindari kerumunan

3 dari 3 halaman

Teori Konspirasi Paling Terkenal

Teori Konspirasi Adalah © Diadona

Teori konspirasi adalah teori yang nggak selalu nggak benar, tapi pasti bertentangan dengan versi peristiwa atau fenomena yang diteriam secara populer.

Saat teori konpirasi memiliki penjelasan yang bisa diterima, dia nggak lagi menjaid teori konspirasi melainkan sebuah fakta sejarah. Dan itulah alasan mengapa banyak orang yang terus percaya dengan teori konspirasi, karena mereka berharap suatu saat nanti apa yang mereka yakini akan terbukti benar.

Berikut ini beberapa teori konspirasi paling terkenal di dunia, melansir Big Think.

1. Ada Kelompok Rahasia yang Mengontrol Dunia

Yakni keberadaan kelompok rahasia yang disebut Iluminati di mana tujuan merak adalah untuk menciptakan Tatanan Dunia Baru.

2. Serangan 9/11 Terjadi Atas Bantuan Orang Dalam

Ada sebuah komunitas yang percaya kalau serangan 9/11 sebenarnya diatun oleh pemerintah Amerika Serikat sendiri.

3. Kontak dengan Alien

Banyak orang percaya kalau sebenarnya ada alien yang berhasil mengontak Bumi. Kepercayaan ini muncul melalui kejadian-kejadian yang melibatkan fenomena luar angkasa sepeti dugaan kecelakaan piring terbang tahun 1947 di Roswell , New Mexico. Pemerintah disebut menutupi insiden tersebut karena terkait dengan Area 51, yakni pangkalan militer rahasia tempat penelitian alien dilakukan

4. Pendaratan di Bulan adalah Rekayasa

Beberapa orang percaya kalau pendaratan itu nggak pernah terjadi. NASa dan pemerintah AMerika disebut mengatur kejadian tersebut sebagia bagian dari Perang Dingin dengan Uni Soviet sekaligus untuk meningkatkan kebanggaan nasional

5. Bumi Berbentuk Datar

Pada Abad Pertengahan, pengetahuan bahwa Bumi bulat seperti bola sudah cukup diterima. Hanya saja, seperti yang dibantah oleh Galileo, Bumi masih dipandang sebagai pusat tata surya.

Kemudian di pertengahan 1800-an, Samuel Rowbotham muncul dengan pendapat lain. Ia mengumumkan bahwa Bumi berbentuk datar. Bahkan, 1,5 abad kemudian, lahirlah Masyarakat Bumi Datar (Flat Earth Society, FES) di Internet.

Beri Komentar