Makin Ngadi-Ngadi, Kini Ada Lagi Teori Konspirasi Bumi Berbentuk Donat, haduh!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 3 April 2020 11:45
Makin Ngadi-Ngadi, Kini Ada Lagi Teori Konspirasi Bumi Berbentuk Donat, haduh!
Nggak sekalian berbentuk seperti lumpia, lemper, atau batagor gitu?

Teori konspirasi adalah makanan renyah bagi siapapun. Apalagi jika teori tersebut sudah menyinggung tatanan kosmis alam semesta. Rasanya seperti ingin selalu terlibat dalam perkembangan teori tersebut.

Beberapa dekade terakhir kita mungkin sudah muak akrab dengan teori bumi datar. Nah kali ini, aku akan memberikan sedikit asupan teori konspirasi yang cukup menyegarkan. Teori tersebut adalah tentang konspirasi bumi yang berbentuk donat.

1 dari 4 halaman

Sekilas, teori ini terlihat lebih gila dari pada teori bumi datar. Tapi jangan salah ternyata banyak loh yang mengamini teori bumi donat ini, modyar.

Dilansir dari laman vice.com, teori bumi donat ini pertama kali muncul di forum theflatearthsociety.org. Selanjutnya, teori itu dikembangkan oleh akun yang bernama Varaug dan populer hingga saat ini.

2 dari 4 halaman

Berdasarkan penganut teori bumi donat, ada lubang besar di tengah planet Bumi mustahil disaksikan manusia. Manusia tidak bisa melihat adanya lubang tersebut karena cahaya terbelokkan ketika menuju bagian tengah lubang itu, sehingga mata kita sulit menyaksikannya.

Kemungkinan besar, penganut bumi donat ini memiliki hubungan yang erat dengan penganut bumi datar. Pasalnya, mereka sama-sama meragukan adanya gravitasi.

Bumi Berbentuk Donat © Diadona

3 dari 4 halaman

Tapi, penganut teori bumi donat tidak menolak adanya gravitasi secara keseluruhan. Bagi mereka gravitasi lebih mirip lelehan. Seperti donat berselai. Nah, gravitasi bergerak seperti lelehan selai tersebut.

Teori ngawur bumi donat ini sudah disangkal oleh beberapa ahli, salah satunya adalah Dr. Tabetha Boyajian. Ia mengatakan bahwa cara kerja teori donat ini adalah bertanya dengan spekulasi tanpa dasar.

4 dari 4 halaman

Duh, ada-ada aja nih. Yang mencetuskan teori ini bener-bener gabut apa gimana sih?

Tapi, teori konspirasi emang selalu seru sih. Apalagi kalu sudah membahas tentang tatanan kosmis. Teorinya selalu gokil dan menggelitik. Tapi ya cukup ngikutin aja buat hiburan dan nggak usah percaya, ya!

Beri Komentar