Doppelganger Dikaitkan Dengan Kematian, Jangan Sampai Ketemu Deh!

Reporter : Sofi
Senin, 24 Februari 2020 14:58
Doppelganger Dikaitkan Dengan Kematian, Jangan Sampai Ketemu Deh!
Beneran mau bertemu doppelganger kamu?

Pasti kalian pernah mendengar kata "doppelganger". Seringkali ini diartikan hanya sebagai kemiripan antara satu orang dengan yang lain. Tapi ada pengertian lain yang cukup gelap. Iya, gelap. Ada banyak mitos tentang doppelganger menyeramkan di luar sana yang membuat kita untuk tidak pernah bertemu orang yang mirip dengan kita.

Dalam bahasa Jerman, doppelganger berarti "double-walker". Menurut legenda kuno, doppelganger bukan hanya seseorang yang menyerupai, atau duplikat kita. Banyak mistikus percaya bahwa doppelganger adalah makhluk gaib, dan keberadaan mereka di kehidupan orang lain hampir bukanlah hal yang baik.

Ada banyak orang yang mengakui jika melihat doppelganger mereka, dan hal-hal yang terjadi hampir semuanya berakhir dengan tidak baik. Salah satu cerita populer adalah ketika Abraham Lincoln melihat kembarannya yang mirip pada tahun 1860. Dia melihat bayangannya berlipat dua di cermin, dengan satu wajah di samping yang lain.

Abraham melihat hal ini tiga kali, dan istrinya, Mary Todd, khawatir bahwa gambaran itu berarti dia akan menjabat selama dua periode, tetapi akan meninggal sebelum periode kedua berakhir. Abraham Lincoln adalah presiden Amerika ke-16 yang menjabat sejak 4 Maret 1861 hingga terjadi pembunuhannya.

Ini bukan satu-satunya contoh mengerikan dari mitos doppelganger yang benar-benar terjadi. Dilansir dari bustle.com berikut adalah mitos yang dipercaya oleh orang-orang paling mengerikan tentang doppelganger.

1 dari 8 halaman

Melihat doppelgangermu adalah pertanda kematian

Ilustrasi Kematian © Diadona

Menurut cerita rakyat Inggris dan Jerman, melihat doppelganger sering kali dikaitkan dengan kematian yang segera menyusul. Apalagi jika kita melihatnya lebih dari sekali. Hal ini didukung oleh banyak cerita sepanjang waktu yang telah menceritakan kisah-kisah dimana seseorang meninggal tak lama setelah melihat doppelganger mereka beberapa kali seperti Abraham Lincoln.

2 dari 8 halaman

Doppelganger memberi saran yang berbahaya

Doppelganger juga dikaitkan dengan pertanda buruk. Banyak yang percaya jika doppelganger pada dasaranya adalah " kembaran jahat" . Mereka berusaha dengan sengaja memberi kita nasihat buruk dengan cara yang jahat. Mereka mungkin mencoba menanamkan ide-ide jahat dakam pikiran korban mereka.

Menurut Ancient Pages, salah satu referensi paling awal untuk ide ini ditemukan di Zoroastrianisme cabang Zurvanite. Situs itu mengatakan, " Dalam model kosmologis ini, si kembar Ahura Mazda (Ormuzd) dan Angra Mainyu (Ahriman) adalah wakil abadi yang baik dan jahat."

3 dari 8 halaman

Jika orang lain yang melihat doppelganger kamu, kemungkinan yang akan terjadi adalah kamu akan sakit parah

Kamu juga tidak akan selamat jika seseorang melihat doppelganger kamu. Linda Derry, direktur situs di Old Cahawba di kota hantu Alabama dan seorang kurator cerita rakyat yang berasal dari wilayah itu, mengatakan kepada Atlas Obscura, " Jika orang melihat doppelganger kamu, itu bisa berarti kamu akan sakit parah."

4 dari 8 halaman

Doppelganger kamu adalah hantumu yang tinggal sebelum kamu sekarang ini

Ilustrasi Kematian © Diadona

Mitos kuno lainnya mengatakan bahwa doppelganger pada dasarnya adalah hantu kamu yang hidup sebelum kamu. Memikirkannya saja sudah bikin merinding kan? Itu berasal dari mitologi Nordik, dan doppelganger disana disebut " vardøger" . Menurut Ancient Pages , kisah-kisah vardøger menggambarkan insiden yang pada dasarnya adalah déjà vu secara terbalik " di mana roh dengan langkah kaki, suara, aroma, atau penampilan subjek dan perilaku keseluruhan mendahului mereka di lokasi atau kegiatan, sehingga para saksi percaya bahwa mereka " Aku telah melihat atau mendengar seseorang yang sebenarnya bahkan belum ada secara fisik."

5 dari 8 halaman

Sebuah roh yang lain

Menurut mitos Mesir kuno, doppelganger pada dasarnya sama dengan " ka" . " Ka" dianggap sebagai roh lain yang lahir dalam diri setiap orang. Ketika seseorang meninggal, kehidupan rohaninya hidup selama mereka memiliki tempat tinggal, biasanya tubuh orang itu. Inilah sebabnya mengapa orang-orang Mesir memumikan orang yang sudah meninggal.

Jika mereka menjaga tubuh dari pembusukan, itu berarti roh yang lain tersebut memiliki tempat untuk hidup. Tapi jika tubuh tersebut membusuk, roh tersebut akan mati, dan orang yang meninggal akan kehilangan kesempatan mereka dalam kehidupan kekal.

6 dari 8 halaman

Doppelganger adalah iblismu dari dunia bawah

Ilustrasi Dunia Bawah © Diadona

Ada juga mitos penduduk asli Amerika yang mengatakan bahwa doppelganger pada dasarnya adalah iblismu dari duniah bawah. Mitos asli Amerika mengatakan bahwa ada Dunia Atas dan Dunia Bawah. Orang-orang baik hidup di Dunia Atas, dan orang jahat hidup di Dunia Bawah.

Legenda Hopi mengacu pada anak kembar yang disebut adalah Anak matahari dan Anak Air. Hopi juga percaya bahwa apa pun yang terjadi di Dunia Atas, kebalikannya terjadi di Dunia Bawah.

7 dari 8 halaman

Potret doppelganger dapat menjadi pertanda buruk

Saat ini, cukup umum untuk menemukan gambar tua dan lukisan seseorang yang tampak persis seperti seseorang yang hidup sekarang. Seperti foto lama dari seseorang yang mirip seperti selebriti yang terkenal. Ini bukanlah tanda yang baik juga.

Orang-orang Indian Canelos di Amerika Selatan membenci potret dan fotogarfi karena mereka percaya gambar-gamabr itu menangkap jiwa orang tersebut, dan ini masih menjadi kepercayaan hingga saat ini. Karena banyak budaya melihat potret sebagai representasi jiwa, mereka percaya bahwa gambar tersebut menjadi doppelganger kamu.

8 dari 8 halaman

Tanda dari alam semesta alternatif

Ilustrasi Galaksi © Diadona

Menurut Majalah Supernatural , ada satu teori lagi: doppelgänger dapat mewakili alam semesta paralel di mana segala sesuatu di dunia ini direplikasi dalam dimensi lain. Melihat doppelgänger bisa menjadi momen ketika kita dapat menyaksikan dimensi lain. Faktanya, fisikawan Universitas Columbia Brian Greene, penulis buku The Hidden Reality: Parallel Universes dan Deep Laws of Cosmos mengatakan bahwa kita semua memiliki doppelgänger.

Sekarang kami kembalikan pada kalian nih, bagaimana menurut kalian tentang mitos-mitos doppelganger di atas? Apakah kalian sudah pernah bertemu dengan doppelgangermu? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

By the way, ternyata beberapa selebriti Hollywood ini memiliki doppelganger loh!

Beri Komentar