Open Donasi untuk Bangun Masjid, Youtuber Muslim Korea Daud Kim Malah Kena Kritik Netizen

Reporter : Mila
Jumat, 19 April 2024 11:41
Open Donasi untuk Bangun Masjid, Youtuber Muslim Korea Daud Kim Malah Kena Kritik Netizen
Katanya cuma demi konten aja nih!

Daud Kim, Youtuber mualaf asal Korea menjadi sorotan netizen usai mengungkapkan rencananya untuk membangun masjid. Lewat sosial medianya, Daud Kim berujar ingin membangun masjid di daerah Incheon, Korea Selatan. Ia juga mengaku telah membeli tanah di Korea untuk mendirikan masjid.

1 dari 7 halaman

Keinginan Daud Kim itu sayangnya mendapatkan respons kurang baik dari netizen. Banyak yang curiga, pasalnya dana untuk pembangunan masjid tersebut dikumpulkan melalui akun bank pribadi Daud Kim.

2 dari 7 halaman

Hal itu juga menarik perhatian influencer Muslim ternama dari Korea, yakni Ayana Moon. Lewat Instagram Story, ia mengingatkan pengikutnya untuk tidak mengirimkan uang donasi ke akun bank pribadi. Hal itu ternyata merupakan tindakan ilegal di Korea.

" Lagi, lagi, dan lagi saya ingatkan kalian untuk tidak mentransfer uang ke akun pribadi tolong jangan salahkan siapa pun jika terjadi sesuatu," tulis Ayana Moon.

Instagram Story Ayana Moon © Diadona

3 dari 7 halaman

Tak hanya tentang peraturan di Korea Selatan tentang larangan donasi pribadi, para netizen juga mengorek kembali jejak latar belakang Daud Kim yang penuh dengan kontroversi.

Menurut postingan dari X @tanyarlfes, Daud Kim pernah terkena kasus sexual assault dan melakukan klarifikasinya di Youtube Channel-nya.

4 dari 7 halaman

Selain itu, pejabat di kawasan Jung-Gu juga membongkar bahwa Daud Kim masih belum mendapatkan tanah untuk membangun masjid. Daud Kim hanya menandatangani kontrak penjualan tanah, namun belum ada rencana pembangunan masjid di wilayah tersebut.

Daud Kim Open Donasi untuk Bangun Masjid © Diadona

5 dari 7 halaman

Fakta itu membuat netizen semakin curiga dengan aksi open donasi oleh Daud Kim. Bahkan muncul dugaan sang YouTuber hanya sengaja membuat konten seolah-olah akan membangun masjid di Jung-gu, tetapi tidak benar-benar merealisasikannya.

6 dari 7 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by Daud Kim (@jaehan9192)

Beri Komentar