Nggak Tanggung-Tanggung, Mahasiswa Ini Bikin Skripsi Sampai 2 Ribu Halaman!

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 16 November 2020 17:03
Nggak Tanggung-Tanggung, Mahasiswa Ini Bikin Skripsi Sampai 2 Ribu Halaman!
Bahkan, biaya untuk printnya saja sampai 1,2 juta lho!

Baru-baru ini pria bernama Ihsan Prasetyo mendadak menjadi perbincangan di media sosial usai salah satu video TikTok pribadinya viral. Pasalnya, mahasiswa Universitas Negeri Padang tersebut mengaku skripsinya sebanyak 2.000 halaman.

Dalam video TikTok-nya @jnrprsty pada Rabu lalu (11/11), ia membagikan jumlah halaman skripsinya hingga biaya cetak yang mencapai Rp1,2 juta. Sontak, melihat hal itu, para warganet tak habis pikir dengan skripsi mahasiswa tersebut.

1 dari 3 halaman

Viral Skripsi Mahasiswa dengan 2000 Halaman © Diadona

Dari video yang dibagikan, Ihsan mengungkapkan keheranannya mengenai jumlah halaman skripsinya itu. Awalnya, mahasiswa jurusan fisika tersebut mengaku tak menyangka bahwa skripsinya bisa mencapai ribuah halaman.

" Skripsi setebal ini sudah biasa. Gimana rasanya jika setebal ini? Jangan tanya berapa kilogram ya. Tingginya hampir sama dengan kotak HVS. Ngasih ke dosen tak pakai map kertas lagi, tapi udah pakai kotak," bunyi tulisan di tiga video TikTok-nya tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Dilansir dari laman Kumparan.com, mahasiswa jurusan fisika tersebut membenarkan bahwa skripsinya itu memang sebanyak 2.000 halaman.
Tak hanya itu, untuk mencetak skripsinya tersebut, ia juga harus mengeluarkan Rp1,2 juta.

 

Namun, di samping itu, pria bernama lengkap Ihsan Junira Prasetyo tersebut menuturkan bahwa hal yang membuat skripsinya menjadi 2.000 halaman karena faktor instrumen/angket alias lampiran.

" Memang 2000 halaman. Tapi, sebenarnya skripsi saya itu tipis kok cuma tebal di bagian instrumennya seperti angket dan lain-lain yang juga harus disertakan dalam skripsi," ucap Ihsan.

3 dari 3 halaman

Akan tetapi, terlepas dari itu, banyak warganet kemudian terheran-heran dengan skripsi yang sangat tebal itu hingga disebut hampir menyamai tinggi kotak kertas HVS. Kini, sejak diunggah, video tersebut telah ditonton lebih dari 800 ribu orang dan disukai sebanyak 88.200 pengguna TikTok.

" Yang tipis aja buat mahasiswa hampir putus asa. Gimana bisa setebal itu hahaha," sahut Rina Nurmala.

" Gue aja yang baru disuruh nyusun pusing, apalagi disuruh setebal ini otw cuti aja wkwkwk," timpal Caya Vihokratana.

Wah, nggak kebayang sih gimana capeknya bikin skripsi segitu tebal. Kalau misalnya ada yang salah dikit pasti udah langsung pusing deh kayaknya. Gimana? Tertarik bikin skripsi kayak gini juga?

Beri Komentar