Masih Sering Nyanyikan Lagu Ratu, Pinkan Mambo Mengaku Bayar Rp 2 Juta per Lagu ke Maia Estianty

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 15 September 2020 21:58
Masih Sering Nyanyikan Lagu Ratu, Pinkan Mambo Mengaku Bayar Rp 2 Juta per Lagu ke Maia Estianty
Buat apa ya?

Mendengar nama Pinkan Mambo otomatis akan membawa ingatan kita ke masa di mana duo Ratu masih aktif dan sedang populer. Duo yang digawangi oleh Pinkan bersama Maia Estianty itu memang sempat berada di puncak popularitasnya sekitar tahun 2003.

Duo Ratu ngetop lewat judul-judul seperti 'Teman Tapi Mesra', 'Aku Baik-Baik Saja', serta 'Jangan Bilang Siapa-Siapa'.

1 dari 3 halaman

Masih sering nyanyikan lagu Ratu

Keluar dari duo tersebut pada 2004, Pinkan Mambo yang kemudian memilih bersolo karir rupanya masih sering membawakan lagu-lagu yang dinyanyikannya bersama Duo Ratu dulu. Sebagai konsekuensinya, Pinkan harus membayar sejumlah uang kepada Maia Ahmad selaku pencipta lagu.

" Dari aku solo karir kalo nyanyi aku harus bayar dua juta satu lagu dan itu satu konser hanya boleh satu lagu," terang Pinkan Mambo.

2 dari 3 halaman

Sulit dihubungi

Kendati masih sering membawakan lagu-lagu Duo Ratu, namun Pinkan mengaku belakangan sulit menghubungi Maia Estianty selaku pencipta lagu.

" Sekarang sekarang kalau aku nyanyi lagu bunda (Maia Estianty), bundanya susah angkat telepon, mungkin karena sudah jadi pengusaha (jadi sibuk)," tutur Pinkan Mambo.

3 dari 3 halaman

Bagian dari performing rights

Apa yang dibayarkan oleh Pinkan Mambo bukan tanpa alasan, sebab hal tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta).

Dilansir dari hukumonline.com, perlindungan hak cipta atas komposisi musik diatur dalam Pasal 12 ayat (1) huruf d UU Hak Cipta, sementara perlindungan hak cipta atas rekaman suara diatur dalam Pasal 49 ayat (1) dan (2) UU Hak Cipta.

Pinkan Mambo sendiri melakukan pembayaran yang jadi bagian dari hak mengumumkan atau performing rights, yakni hak untuk mengumumkan sebuah lagu/komposisi musik, termasuk menyanyikan, memainkan, baik berupa rekaman atau dipertunjukkan secara live (langsung), melalui radio dan televisi, termasuk melalui media lain seperti internet, konser live dan layanan-layanan musik terprogram.

Beri Komentar