Konsumsi Obat Penguat Kandungan, Efektif Cegah Keguguran Nggak Sih?

Reporter : Prisma Difta
Minggu, 30 Agustus 2020 00:00
Konsumsi Obat Penguat Kandungan, Efektif Cegah Keguguran Nggak Sih?
Yuk simak penjeasannya ya moms

Banyak ibu yang khawatir dan benar-benar menjaga kandungannya hingga mengonsumsi banyak obat dan suplemen penguat kandungan.

Kadang, dokter kandungan pun akan memberikan suplemen tersebut ketika awal kehamilan namun tidak sepanjang kehamilan lho moms

 

1 dari 2 halaman

Dr Jeffry Kristiawan mengatakan bahwa obat penguat kandungan hanya diberikan kepada wanita dengan kasus-kasus tertentu. Contohnya, obat tersebut akan diberikan kepada ibu yang pernah memiliki riwayat keguguran di kandungan sebelumnya, dan biasanya mereka yang mengalami hal tersebut akan mengalami flek atau pendarahan ringan kurang dari 12 bulan.

" Untuk ibu hamil dengan kasus tertentu, dokter meresepkan obat penguat kandungan baik diminum atau lewat jalan lahir untuk membantu menguatkan rahim," kata dia, dikutip dari YouTube Tanyakan Dokter.

 

2 dari 2 halaman

Apakah efektif penggunaan obat penguat kandungan mencegah keguguran?

Menurut banyak dokter kandungan, memang obat kandungan sering diresepkan kepada ibu hamil di kehamilan pertama mereka untuk mencegah janin tidak luruh atau tetap menempel di dalam rahim ibu.

" Sebenarnya fungsi spesifik terbukti tapi efektivitasnya menurunkan risiko keguguran ini ada meski enggak selalu," ujar Dr Jeffry selaku dokter Sp.OG

Sedangkan itu, berdasarkan banyak penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa ahli di tahun 2008 terhadap responden 2.118 ibu hamil, analisis menunjukkan bahwa penggunaan obat penguat memang bisa menurunkan angka keguguran pada ibu hamil, terlebih untuk ibu yang memiliki riwayat keguguran sebelumnya. 

Semoga membantu!

Beri Komentar