Makan Sayur Mentah saat Hamil, Sebenarnya Aman Nggak sih?

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 30 Agustus 2020 09:30
Makan Sayur Mentah saat Hamil, Sebenarnya Aman Nggak sih?
Simak penjelasannya di sini yuk, Moms!

Memperhatikan asupan makanan selama kehamilan memang penting ya Moms. Pastinya, saat hamil kita lebih selektif dalam memilih makanan dan nggak bisa sembarang makan, apalagi jika makanan mentah.

Banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil sebaiknya menghindari makan makanan mentah karena berisiko mengandung bakteri. Lantas, gimana dengan sayuran ya? Kira-kira aman nggak ya bila dikonsumsi oleh ibu hamil?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi ibu hamil makan sayur © Diadona

Melansir dari Parenting Firstcry, sebenarnya aman-aman saja Moms mengonsumsi sayur mentah selama kehamilan. Apalagi, sayur mentah juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa makan sayuran mentah membantu mengambil lebih banyak protein dan mineral. Meski begitu, tetap perlu diperhatikan ya Moms tentang risiko mengonsumsi sayuran mentah yang bisa terjadi.

2 dari 4 halaman

Menurut badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat (FDA), sayur dan buah yang mentah memungkinkan adanya toksoplasma tertentu di dalamnya, apalagi bila kita nggak mencucinya dengan bersih.

Ibu hamil yang terinfeksi toksoplasma sendiri berisiko menyebabkan janin mengalami gangguan penglihatan, cacat lahir, bahkan sampai keguguran. Karena itu Moms sangat penting untuk memastikan sayuran mentah yang kita makan benar-benar bersih.

3 dari 4 halaman

Sayur yang Sebaiknya Dihindari

Meski kebanyakan sayur aman dikonsumsi, beberapa sayur ini sebaiknya Moms hindari memakannya dalam keadaan mentah selama kehamilan. Apa aja itu?

1. Kembang kol

Ilustrasi Kembang Kol © Diadona

Meskipun kaya akan asam lemak omega 3, kembang kol juga mengandung senyawa sulfur Moms yang bisa menyebabkan kembung dan pembentukan gas. Karena itu, sebaiknya Moms menghindari sayuran satu ini.

2. Kecambah

Kecambah membutuhkan kondisi yang lembab untuk tumbuh. Kondisi ini biasanya mendorong adanya berbagai bakteri seperti E.coli, salmonella, dan bakteri lainnya.

4 dari 4 halaman

3. Okra

Makan okra mentah sangat nggak disarankan Moms. Pasalnya, okra mentah bisa meningkatkan risiko gastritis yang harus dihindari selama kehamilan.

Jadi, cukup aman ya Moms mengonsumsi sayuran mentah selama kehamilan asal benar-benar memperhatikan kebersihannya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar