Kulitnya Melepuh serta Tinggal di Gubuk Sendirian, Begini Kisah Anak Laki-Laki Asal Donggala

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 27 Juli 2020 09:43
Kulitnya Melepuh serta Tinggal di Gubuk Sendirian, Begini Kisah Anak Laki-Laki Asal Donggala
Cepat sembuh ya, Dion~

Namanya Dion, seorang anak laki-laki berusia 15 tahun asal Donggala yang tergolek di gubuk kecil seorang diri. Kulit-kulit di tubuhnya melepuh seperti luka bakar. yang bisa ia lakukan hanya merintih menahan rasa sakit.

1 dari 5 halaman

Melansir dari laman Kumparan, selain kulitnya melepuh, tubuhnya juga sangat kurus. Nyaris tidak terlihat daging yang membungkus tubuhnya. Kondisi anak ini sangat memprihatinkan.

Tempat tinggal dion berada di di Jalan Batu Putih, Kelurahan Ganti, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Ayah dan Ibu Dion sudah meninggal dunia. Satu-satunya orang yang merawat Dion adalah tantenya, Cici.

Penyakit Langka yang Dialami oleh Dion dari Donggala © Diadona

2 dari 5 halaman

Cici mengatakan kepada Kumparan bahwa kulit Dion yang melepuh tersebut sudah dideritanya sejak tahun 2017. Dion sendiri tak bisa berbicara teralu banyak padahal ada banyak hal yang ingin ia sampaikan mengenai penyakitnya.

Terkait kenapa Dion diberi tempat tinggal digubuk adalah soal keterbatasan ekonomi. Gubuk tempat Dion tinggal, dibangun hanya berjarak beberapa meter dari kediaman Cici. Setiap hari Cici mengontrol kondisi Dion dan menyiapkan keperluan Dion.

3 dari 5 halaman

Cici sendiri hingga saat ini belum mengetahui penyakit apa yang diderita oleh Dion tersebut. Ayah serta kakak Dion dulunya juga meninggal karena memiliki penyakit seperti Dion.

Menurut Cici, Dion akan mengeluh sangat sakit jika cuaca sedang panas. Kulit ditubuhnya melepuh seperti terbakar.

Penyakit Langka yang Dialami oleh Dion dari Donggala © Diadona

Keterbatasan ekonomi jugalah yang membuat Dion tidak bisa berobat dengan rutin. Ia terkendala oleh admisitrasi BPJS yang rumit.

4 dari 5 halaman

Ia pernah beberapa kali berobat ke puskesmas, namun hanya diberi obat penghilang nyeri saja. Padahal Cici sangat berharap jika Dion bisa sembuh dan bisa bergaul dengan anak seusianya.

Pihak desa ataupun pemerintah juga tidak memberi perhatian terhadapa kondisi yan tengah dialami oleh Dion.

Semoga Dion segera mendapat perhatian dari pemerintah setempat ya. Supaya segera mendapatkan penanganan yang tepat untuk penyakitnya. Cepat sembut, Dion!

Beri Komentar