Kisah Nyata Pendaki yang Bertemu Seorang Petapa di Gunung Wilis

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 3 September 2020 14:00
Kisah Nyata Pendaki yang Bertemu Seorang Petapa di Gunung Wilis
Masih ada ya ternyata orang yang melakukan kegiatan ini di zaman modern ini.

Meskipun belum tahu benar atau tidak, kita pasti sering mendengar adanya seorang yang bertapa di gunung. Apalagi seseorang yang hobi naik gunung, pasti kerap kali mendengar isu ini.

1 dari 4 halaman

Ternyata kabar tentang seorang petapa di gunung itu bisa dikatakan benar adanya loh. Seorang warganet di facebook mengunggah pengalamannya bertemu dengan seorang petapa waktu ia naik gunung.

Cerita bertemu dengan seorang peatapa itu diunggah oleh akun Mas Ari Purnomo Adi pada Minggu (31/8). Dalam unggahan tersebut, ia bertemu dengan petapa bernama Hamzah (47). Pria yang berasal dari Tulungagung, Jatim, itu telah bertapa di Puncak Trogati Gunung Wilis selama 2,5 tahun.

Petapa Bernama Hamzah © Diadona

2 dari 4 halaman

Dalam unggahan tersebut, Ari juga menuliskan bagaimana petapa itu memenuhi kebutuhan pangannya ketika di gunung.

Lebih detailnya, melansir dari Kumparan, secara periodik turun, ngambil perbekalan. Biasanya tiwul (tepung singkong). Tidak makan nasi dan tidak makan daging. Mungkin ini adalah bagian ritual dari bertapa .

Hamzah juga mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan yang ada di area gunung itu. Seperti, bayam gunung, sawi gunung, selada air, dan gingseng.

Kisah Nyata Pria Bertapa di Puncak Gunung Wilis © Diadona

3 dari 4 halaman

Di gunung Wilis tersebut Hamzah bertapa untuk mengamalkan ilmu dan sekaligus napak tilas kegiatan gurunya.

Wah ternyata masih ada ya orang yang bertapa dan menyepi di puncak gunung di zaman yang sudah serba modern ini. Gimana nih pendapat kalian?

Beri Komentar