Kisah Haru Perjuangan Kakek Leman, Rela Jualan Mainan Demi Bisa Hidupi 11 Anaknya

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 13 Juni 2023 16:03
Kisah Haru Perjuangan Kakek Leman, Rela Jualan Mainan Demi Bisa Hidupi 11 Anaknya
Bahkan, jualannya sering tak laku karena kalah dengan game online.

Tak semua orang bisa menikmati masa tua yang nyaman dalam kondisi berkecukupan dan mendapatkan uang pensiunan. Kakek berikut ini harus tetap mencari nafkah walau beliau sudah tua renta.

Salah satuny adalah kakek Leman. Ia rela berjualan mainan anak berupa mobil-mobilan demi bisa menafkahi keluarganya di rumah. Ternyata kakek Leman punya 11 anak yang harus ia beri makan dan cukupi kebuthannya setiap hari.

1 dari 5 halaman

@maszi88 mengandalkan jualan mainan untuk menafkahi 11 orang anak,kadang suka egga ada yg beli sama sekali 😭 #fyp #fypシ #maszii ♬ Milk Tea - Official Sound Studio

Cerita kakek Leman pertama kali diunggah oleh akun TikTok @maszi88. Dalam video tersebut, driver ojol yang bernama Maszi ini awalnya menghampiri kakek yang sedang duduk di pinggir jalan. Kakek ini tampak menjajakan jualannya seharga 30.000 rupiah.

" Berapaan kek?" tanyanya.

" 30 ribu," jawab kakek.

" Udah laku berapa hari ini?" tanyanya lagi.

" Belum, dari kemarin kosong. Gimana rejeki aja dari Allah," jawab kakek sambil menggelengkan kepalanya dan tersenyum.

2 dari 5 halaman

Obrolan antara keduanya pun berlanjut. Dari cerita kakek tersebut, driver ojol ini akhrinya mengetahui kalau sang kakek belum makan. Bahkan, ia hanya membawa minum saja dari rumah. Yang lebih mencengangkan, ternyata kakek Leman punya 11 anak yang harus ia beri nafkaah setiap harinya.

" Emang anak berapa beh?" tanyanya.

" Anak belum pada kerja. Anak ada banyak, sebelas," jawab kakek.

3 dari 5 halaman

Tak jarang, kakek Leman harus menunggu hingga berhari-hari sampai ada yang membeli dagangannya. Hal ini tentu karena mainan buatannya sudah kalah dengan mainan zaman sekarang yang lebih canggih.

" Ya gimana ya namanya rejeki. Ya makannya ya kalau ada yang ngasih," ucapnya saat ditanya bagaimana jika dagangannya tidak laku sampai berhari-hari seperti sebelumnya.

4 dari 5 halaman

@maszi88 Membalas @PLoveID Ya Allah sebelum dateng pak leman sempat engga laku 4 hari dagangannya 😭 #fyp #fypシ #maszii ♬ Komang - Raim Laode

Di lain kesempatan, driver ojol ini akhirnya mengunjungi rumah kakek Leman. Rupanya, driver ojol ini datang dengan maksud untuk menyampaikan donasi dari warganet yang iba pada kakek Leman. Kakek Leman juga tampak bersyukur menerima bantuan tersebut dan mengucapkan terimakasih.

" Mas, ini Pak Leman banyak-banyak terimakasih nih dari anak-anak dikumpulin ke Maszi buat Pak Leman nih, alhamdulillah terima kasih banyak," ucap Kakek Leman sambil tersenyum.

Beri Komentar