Cara Membuat Gelang dari Tali Kur dan Benang Wol sebagai Tanda Persahabatan yang Unik

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 7 Agustus 2020 08:39
Cara Membuat Gelang dari Tali Kur dan Benang Wol sebagai Tanda Persahabatan yang Unik
Inilah cara membuat gelang yang bisa dijadikan untuk menambah daya tarik dalam berpenampilan.

Seperti yang diketahui, gelang ialah salah satu aksesoris pelengkap sederhana yang biasa digunakan oleh perempuan  atau laki-laki untuk tampil menawan di hadapan lawan jenis.

Namun, saat ini gelang yang paling mudah dan gampang dibuat ialah gelang yang terbuat dari tali kur atau benang wol. Selain itu, cara membuat gelang di rumah juga menguji tingkat kreativitasmu bahkan hasilnya pun bisa kamu jadikan sebagai tanda persahabatan mu lho, guys.

Nah, daripada semakin penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara membuat gelang yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Gelang dari Tali Kur

Cara Membuat Gelang © Diadona

Selain jam tangan, gelang memang menjadi salah satu aksesoris wajib digunakan oleh sebagian orang. Entah itu gelang dari bahan emas, berlian, ataupun perak, tetap saja hal itu akan membuat penampilanmu semakin menarik di berbagai momen.

Bicara soal gelang, ada salah satu cara membuat gelang yang bisa kamu coba di rumah lho, salah satunya ialah gelang dari tali kur. Selain cantik, gelang tali kur juga bisa membuatmu unik dan menarik.

Adapun alat dan bahan-bahan yang harus kamu persiapkan pada cara membuat gelang adalah seperti 2 tali ukur dengan warna yang berbeda, selotip, gunting, dan korek api.

Setelah menyiapkan alat dan bahan diatas, kamu bisa simak cara membuat gelang dari tali kur dengan langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Potong kedua tali tersebut dengan ukuran yang sama panjang, lalu buat simpul di 1/3 bagian tali merah. Kemudian, masukkan tali biru pada simpul merah dan buatlah simpul mati.

2. Cara membuat gelang selanjutnya adalah pegang masing-masing tali dengan kedua tanganmu, kemudian arahkan tali kanan ke kiri melewati sisi depan tali yang sejajar. Lalu masukkan tali kiri ke dalam lubang kanan melewati belakang tali yang sejajar.

3. Lakukan hal tersebut berulang kali hingga talinya habis sampai ke ujung, kalau ada sisa tali pada bagian tepi potonglah menggunakan gunting, dan bakar ujung tai simpul tersebut biar rapi.

4. Selanjutnya, gabungkan dua tali dengan memasukkannya ke dalam tali sejajar pada lubang kecil yang berada di ujung simpul, lalu bakar dan rapikan kembali supaya simpul tali tidak lepas. Tara! Gelang kur buatanmu siap dipakai.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Gelang dari Tali Sepatu

Cara Membuat Gelang © Diadona

Masih ingat kan, artikel sebelumnya pernah membahas cara membuat gelang dari tali sepatu? Yaps, kali ini kami akan mengulasnya kembali supaya kamu ingat dan langsung mencobanya di rumah.

1. Langkah pertama cara membuat gelang dari tali sepatu ialah siapkan tali sepatu sesuai warna yang kamu suka, gunting, lem, dan korek api.

2. kemudian, ukurlah tali sepatu sesuai dengan pergelangan tanganmu dan potonglah menggunakan gunting. Agar terlihat lebih rapi, bekas guntingan bisa kamu rapikan dengan korek api.

3. Terakhir, buatlah tali tersebut melingkari pengerlangan tangan kamu dan beri lem, lalu tunggu sampa kering. Taraaa! gelang dari tali sepatu buatanmu siap dipakai. Gampang kan?

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Gelang dari Benang

Cara Membuat Gelang © Diadona

Selain dari tali kur, ternyata cara membuat gelang dari benang bisa kamu jadikan sebagai hobi yang menguntungkan lho. Pasalnya, selain jadi aksesoris untuk penampilanmu, kamu juga menjadikannya bisnis kecil-kecilan, dengan menjualnya kepada teman ataupun ke orang lain.

Cara membuat gelang dari benang yang pertama ialah dengan menggunakan benang wol dan bantuan ring aluminium. Menggunakan ring aluminium ini bisa membuatmu semakin mudah dalam membuat gelang sesuai keinginan.

Apalagi, kalau kamu kurang mahir dan nggak mau ribet saat mengepang benang wol yang membutuhkan waktu. Oleh karena itu, berikut cara membuat gelang dari benang wol yang simple dengan bantuan ring aluminium:

1. Langkah pertama siapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu, seperti benang wol, gunting, lem, pernak-pernik, serta ring aluminium.

2. Setelah semua bahan terkumpul, oleskan permukaan ring sekitar 1 cm dengan lem, lalu tempelkan ujung benang wol pada bagian yang sudah diolesi lem tersebut dan lilitkan benang wol ke seluruh permukaan ring.

3. Usahakan untuk lilitannya rapi melingkari ring tanpa ada yang saling bertumpukan, ya. Kalau sudah, kamu bisa memberikan lem kembali bagian ujung dari ring tersebut.

4. Terakhir, berikan berbagai pernak-pernik atau aksesoris lainnya supaya gelangmu semakin cantik dan stylish. Selesai.

Itulah cara membuat gelang dari berbagai bahan yang bisa kamu coba di rumah. Tentunya cara ini sangat sederhana dan bisa dilakukan siapa saja. Semoga berhasil!

Beri Komentar