Kerok Punggung Bayi Pakai Bawang Merah sampai Nangis Kesakitan, Ibu Ini Banjir Kecaman

Reporter : Anif Fathul Amin
Minggu, 31 Januari 2021 15:03
Kerok Punggung Bayi Pakai Bawang Merah sampai Nangis Kesakitan, Ibu Ini Banjir Kecaman
Bawang merah kan panas ya, apalagi buat bayi yang kulitnya masih sensitif :(

Merawat bayi butuh ilmu dan tak boleh sembarangan. Banyak praktik-praktik yang sebenarnya tak dianjurkan secara medis, tapi masih terus dilakukan turun temurun. Sejumlah kecaman pun muncul saat video seorang bayi dikerok bawang merah viral di media sosial.

1 dari 3 halaman

Video ini diunggah akun TikTok @lily_andriyana11. Dalam video tersebut, terekam seorang bayi yang tengah ditelungkupkan dalam gendongan seorang wanita yang mengerok punggungnya hingga memerah.

 

Ternyata, bayi itu dikerok menggunakan bawang merah. Ia sampai menangis kesakitan saat bawang merah tersebut digosok-gosok ke sekujur punggungnya.

2 dari 3 halaman

Video ini langsung mendapat tanggapan seorang dokter yang tengah menempuh pendidikan spesialis anak. Menurutnya keterangannya, mengerok bayi dengan bawang merah berisiko membuat kulitnya iritasi.

@dr_iogh

#stitch with @Liliy_andriyana11 kok sanggup yah hiks #berbagiilmu

? original sound - dr Iogh Bono

 

" Sampai sekarang emang enggak ada penelitian tentang bagusnya dikerok untuk anak. Setahu saya enggak ada dan enggak disarankan, dan bawang juga bisa bikin iritasi," komentarnya.

3 dari 3 halaman

Postingan tersebut pun ramai dikomentar netizen yang menyayangkan tindakan tersebut.

" Padahal anak cukup disusuin kalo pilek yg ga sampe demam. Kalo udah mpasi ditambah makan aja sm air putih. bamer tuh panas banget" Ujar salah satu netizen.

" Kalo gue lebih kasin sama bayi ya.. klo udh nangis brrti sakit bgt. Anak gue ga dikerokin cuma dibalur telon jgg sembuh koq. Kulit bayi senditiv" Tambah yang lain.

" astagaa... bayi dikerok. ilmu darimana sih.. itu bayi nangis kesakitan gitu" Tulis netizen lainnya.

Orang dewasa yang nyentuh bawang merah aja suka kepedesan, gimana kala bayi yang ngerasain ya? Duh :( gimana nih menurut kamu?

Beri Komentar