Kena Isu Copyright, MV Lagu 'HATE RODRIGO' Miliki Yena Di-Take Down!

Reporter : Diba
Jumat, 30 Juni 2023 12:00
Kena Isu Copyright, MV Lagu 'HATE RODRIGO' Miliki Yena Di-Take Down!
MV lagu Yena 'HATE RODRIGO' harus di-take down atas permintaan dari tim Olivia Rodrigo.

MV 'HATE RODRIGO' yang baru saja dirilis pada 27 Juni 2023 kemarin harus di-take down akibat adanya issue copyright. Meski lagu tersebut berisi rasa kagum terhadap Olivia Rodrigo tetapi scene dalam MV tersebut memiliki masalah hak cipta sehingga harus dihapus dari YouTube.

Penghapusan ini pun dikabarkan merupakan permintaan tim Olivia Rodrigo sendiri karena terindikasi adanya masalah hak cipta dari isi MV tersebut. Memang, dari MV yang masih tersebar di media sosial yang Diadona dapatkan, terdapat beberapa scene yang terlihat sama dengan beberapa MV lagu Olivia Rodrigo.

1 dari 3 halaman

Kena Isu Copyright, MV Lagu 'HATE RODRIGO' Miliki Yena di Take Down! © Diadona

Salah satunya dari konsep MV Olivia Rodrigo untuk lagu 'BRUTAL' yang telah dirilis 24 Agustus 2021 lalu. Meski tidak persis tetapi konsep yang digunakan hampir sama seperti gaya berpakaian, warna dan gaya rambut, hingga beberapa scene seperti dalam kamar dan di sekolah. Karena ini agensi Yena, Yuehua Entertainment menerima kritik karena tidak berhati-hati dalam melakukan research.

2 dari 3 halaman

Kena Isu Copyright, MV Lagu 'HATE RODRIGO' Miliki Yena di Take Down! © Diadona

Masalah MV yang dihapus ini pun langsung menjadi trending di media sosia. Meski telah dijelaskan sebelumnya bahwa lagunya sendiri pun berisi rasa kagum terhadap sosok Olivia Rodrigo, tetapi isu hak cipta membuat Yena harus menerima kritik dari beberapa orang. Menurut beberapa orang judul lagunya cukup kontroversial dengan membawa nama penyanyi lain. Banyak yang mengingatkan bahwa Yena dan agensi harusnya berpikir berkali-kali dalam membuat konsep dan judul lagu. 

3 dari 3 halaman

Kena Isu Copyright, MV Lagu 'HATE RODRIGO' Miliki Yena di Take Down! © Diadona

Meski begitu fans tetap memberi support pada Yena dan mengkritik Yuehua Entertainment karena tidak berhati-hati dalam melakukan produksi music video. Yang jelas masalah music video yang dihapus dari YouTube ini tidak berkaitan dengan judul lagu ataupun dengan lirik lagu 'HATE RODRIGO' tersebut, melainkan karena scene music video yang diduga terdapat adanya indikasi masalah hak cipta. 

 

 

Beri Komentar