Inilah 8 Faktor Penyebab Pencemaran Air dan Contohnya

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 4 Juni 2020 06:49
Inilah 8 Faktor Penyebab Pencemaran Air dan Contohnya
Merawat bumi bersama yuk, dari pemanasan global. Kenali penyebab pencemaran air kayak gini.

Pencemaran udara, tanah bahkan sampai air tentu saja ada sebab-akibatnya. Sadar nggak guys, kalau faktor penyebab pencemaran air ini karena aktitas kita sehari-hari loh!

Pencemaran air sendiri merupakan kondisi di mana adanya perubahan di suatu tempat penampungan air, seperti sungai, danau, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Padahal mereka ini kan bagian penting dalam kehidupan kita.

Kalau terjadi pencemaran nggak hanya mengancam kehidupan di lautan tapi juga manusia itu sendiri. Iya, kita-kita ini guys! Kenali penyebabnya untuk mengatasi yuk!

1 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Pencemaran Air

Itu kenapa penting buat kita mengetahui apa saja faktor penyebab pencemaran air, yaitu:

Peternakan dan Perikanan

Penyebab Pencemaran Air © Diadona
Aktivitas yang satu ini memang bukan kegiatan yang buruk. Namun, kotoran hewan ternak dan sisa makanannya kalau dibuang tanpa diolah terlebih dulu bisa jadi penyebab pencemaran air. Baunya kotoran ternak saja mengganggu hidung dan bisa jadi pencemaran udara, apalagi buat air guys!

Pertanian


Limbah pertanian juga bisa jadi penyebab pencemaran air dengan menggunakan perstisida maupun pupuk kimia untuk merawat tanamannya. Apalagi pertanian membutuhkan air yang mengairi lahan, sehingga sumber air bisa tercemar dan ini bahaya kalau kita konsumsi.

2 dari 5 halaman

Sampah

Penyebab Pencemaran Air © Diadona
Yap, nggak hanya jadi penyebab utama banjir, sampah juga bisa menyebababkan pencemaran air. Apalagi hangat banget nih dibicarakan sampah-sampah plastik yang dibuang sembarangan di laut. Mengganggu ekosistem laut dan bahkan hewat-hewan laut banyak yang terjebak karena sampah-sampah itu.

Bahkan kalau kita-kita ini nggak bisa merubah kebiasaan membuang sampah sembarangan, ada isu beberapa tahun ke depan lautan akan dipenuhi sampah. Nggak mau kan guys itu terjadi? Makanya yuk, mulai berubah dari diri sendiri.

Soalnya nih, nggak hanya mencemari lautan dan mengganggu kehidupan di dalamnya saja. Air laut maupun sungai yang tercemar bisa meresap ke tanah dan sumber air sehingga membahayakan manusia juga.

Limbah Pabrik


Selain karena sektor pertanian dan peternakan, limbah pabrik juga berpengaruh banget jadi penyebab pencemaran air. Selain asap-asapnya bisa mencemari udara, limbah pabrik yang dibuang ke sungai atau laut tanpa diolah terlebih dulu juga membuat air tercemar.

3 dari 5 halaman

Penggunaan Bahan Peledak untuk Menangkap Ikan

Penyebab Pencemaran Air © Diadona
Proses menangkap yang satu ini tentu saja nggak benar ya guys. Hal ini bisa membuat ikan-ikan yang masih kecil ikutan mati. Selain itu juga merusak ekosistem laut.

Pertambangan


Mengelola berbagai barang tambang, misalnya batu bara secara langsung ke air dan secara nggak langsung udara yang turun ke air akan berdampak pada kualitas air. Selain itu juga kilang minyak yang ada di laut kalau tumpah atau bocor bisa jadi penyebab pencemaran air selanjutnya. Hewan dan tumbuhan di lautan akan mati karenanya.

4 dari 5 halaman

Hutan yang Rusak

Penyebab Pencemaran Udara © Diadona
Hutan gundul, penebangan liar, nggak melakukan reboisasi itu semua berdampak pada alam yang rusak. Menyebabkan banjir, tanah longsor dan juga pencemaran air. Sebab, pembuangan kayu ke sungai yang sembarang bisa mengganggu kehidupan di air. Selain itu juga nggak adanya tumbuhan bisa merusak kelestarian hutan.

Detergen


Buat yang satu ini, mungkin sebagian orang banyak yang nggak sadar. Tapi pembuangan detergen langsung ke dalam air akan mengganggu ekositem sungai guys. Ikan dan kehidupan laut lainnya di air bisa mati karena detergen ini.

5 dari 5 halaman

Contoh Penyebab Pencemaran Air

Penyebab Pencemaran Air © Diadona
Pencemaran air ini bisa kita lihat langsung dalam lingkungan sekitar. Penyabab pencemaran air di atas bisa merusak ekosistem di kehidupan air dan membahayakan bagi manusia itu sendiri. Hal yang paling dekat sebagai contoh penyebab pencemaran air adalah membuang sampah sembarangan. Itu kenapa, meski terlihat sepele tapi kebiasaan ini benar-benar harus kita hentikan guys.

Yap, itu tadi hal-hal yang bisa jadi faktor penyebab pencemaran air. Sudah tahu penyebab dan dampaknya seperti apa bagi kehidupan, jadi yuk merawat bumi kita bersama-sama!

Beri Komentar