10 Faktor Penyebab Pemanasan Global Beserta Gambar Penjelasannya

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 4 Mei 2020 16:58
10 Faktor Penyebab Pemanasan Global Beserta Gambar Penjelasannya
Jangan dianggap sepele, iniloh faktor penyebab pemanasan global!

Sebelum mengenal hal-hal yang menjadi penyebab pemanasan global, kita ketahui dulu apa itu pemanasan global. Pemanasan global atau yang populer disebut global warming adalah sinar matahari yang memancarkan cahayanya sampai menembus lapisan atmosfer. Sehingga terjadi radiasi gelombang.

Menurut Natural Resources Defence Council, pemanasan global bisa juga diartikan suatu kondisi peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi akibat konsentrasi gas rumah kaca yang berlebih. Penyebab pemanasan global ini ada beberapa faktor. Tapi yang jelas bisa menurunkan kualitas hidup manusia.

1 dari 8 halaman

Faktor Penyebab Pemanasan Global

Penyebab Pemanasan GlobalPenyebab Pemanasan Global © independent
Pemanasan global ini tidak lepas dari fenomena pencemaran udara di belahan bumi manapun. Menyebabkan volume karbon diaksida dan gas rumah kaca meningkat. Berikut beberapa faktor penyebab pemanasan global yang perlu kita ketahui.

Emisi Gas Rumah Kaca dan Bahan Bakar Fosil


Pengoboran minyak bumi seperti, batu bara, minyak, gas inilah yang menjadi faktor utama penyebab pemanasan global. Revolusi industri dimulai tahu 1700-an, dan sejak itu manusia mulai mencemari udara bahkan tanah tanpa terkendali menggunakan bahan bakar fosil.

Tapi efek rumah kaca nggak selalu berdampak negatif kok. Tanpa gas rumah kaca, suhu di bumi menjadi terlalu dingin dan mustahil jadi tempat tinggal makhluk hidup. Tapi berlebihan juga nggak baik guys!

Gas Metana


Gas metana ini bisa dihasilkan dari peternakan dan pertanian. Tapi peternakan adalah penghasil gas metana terbanyak. Bahkan umumnya, peternakan sapi menghasilkan lebih banyak dari industri minyak loh! Gas metana ini menjadi faktor terbesar kedua penyebab pemasan global. Ada 20 persen emisi gas metana AS yang berasal dari sendawa dan kentut ternak.

2 dari 8 halaman

Karbon Dioksida

Penyebab Pemanasan GlobalPenyebab Pemanasan Global © dodtec
Di Bumi kandungan karbon dioksida terus meningkat bahkan sejak 800.000 tahun terakhir. Bisa bayangkan nggak, kalau CO2 lebih banyak?

Perubahan Iklim


Faktor selanjutnya yang menjadi penyebab pemanasan global adalah adanya perubahan iklim. Hal ini mengakibatkan gletser mencair, es di sungai serta danau lebih cepat mencair. Nggak hanya itu, penyebaran tanaman dan hewan jadi berubah juga.

3 dari 8 halaman

Meningkatnya Karbon Monoksida

Penyebab Pemanasan GlobalPenyebab Pemanasan Global © carfromjapan
Penyebab pemanasan global itu berasal dari kita guys, manusia. Misalnya saja seperti sekarang kepadatan lalu lintas dengan kendaraan bermotor yang menghasilkan gas monoksida berlebih.

Penggunaan CFC


CFC atau Cloro Four Carbon adalah penyebab pemanasan global yang bersifat masih bisa ditangani. CFC ini digabungkan menjadi sebuah bahan lalu digunakan sebagai produksi alat rumah tangga. Biasanya terdapat di kulkas dan AC.

4 dari 8 halaman

Boros Listrik

Penyebab Pemanasan GlobalPenyebab Pemanasan Global © ourhouseplants
Siapa nih yang suka nggak matikan lampu saat siang hari? Gunakan listrik secara efisien ya guys, karena kalau berlebih bisa bahaya bagi bumi dan isinya.

Rusaknya Hutan


Hutan yang rusak bahkan gundul tentu menjadi faktor penyebab pemanasan global juga. Sebab, pepohonan bisa menyerap gas karbon dioksida yang ada di bumi. Kalau pohonnya ditebang terus gimana bisa menyerap gas CO2? Apalagi hutan bisa membantu menyerap air hujan yang mengguyur bumi.

Selain itu pohon juga bisa menjadikan lingkungan jadi sejuk. Sekarang sering terasa panas ya di manapun berada? Coba tengok hutan-hutan di sekitarmu, bisa jadi itulah jawabannya.

5 dari 8 halaman

Konsep Rumah Modern

Penyebab Pemanasan GlobalPenyebab Pemanasan Global © elledecor
Bukan menjadi modern masalahnya, tapi konsep rumah modern yang mengusung banyak kaca inilah penyebab pemanasan global. Hal ini menyebabkan cahaya matahari akan memantul kembali ke udara sehingga menimbulkan efek rumah kaca. Sebab bangunan rumah tersebut tidak menyerap cahaya matahari.

Pembakaran Sampah Secara Berlebih


Pembakaran sampah sehari-hari yang menghasilkan gas metana ini tentu saja jadi faktor penyebab pemanasan global selanjutnya.

 

6 dari 8 halaman

Gambar Penyebab Pemanasan Global

Kayak gini loh guys, beberapa ilustrasi yang bisa menggambarkan keadaan bumi kita yang kena pemanasan global.

Penyebab Pemanasan GlobalPenyebab Pemanasan Global © Biology 

Penyebab Pemanasan GlobalPenyebab Pemanasan Global © lingkunganhidup

7 dari 8 halaman

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Penyebab Pemanasan GlobalPenyebab Pemanasan Global © Freepik
Terus gimana ya cara mengatasinya? Kalau sudah mengenal faktor-faktor yang jadi penyebab pemasan global, saatnya kita mengatasinya untuk menjaga bumi dan kelangsungan hidup manusia.

1. Mengurangi penggunaan energi fosil, kayak minyak bumi yang dijadikan bahan bakar utama.

2. Beralih menggunakan energi ramah lingkungan.

3. Jika memungkinkan pergi jalan kaki saja. Kalau harus pakai kendaraan lebih baik gunakan fasilitas umum.

4. Menghemat penggunaan listrik. Kalau siang memanfaatkan cahaya matahari saja, guys!

 

8 dari 8 halaman

5. Kurangi menebang pohon, jangan ilegal dan melakukan reboisasi.

6. Membeli dan menggunakan produk lokal. Dengan begini nggak perlu pakai bahan bakar berlebih untuk impor barang dari negara lain kan?

7. Mengurangi konsumi daging dan perbanyak sayur-sayuran. Sebab, peternakan adalah penghasil gas metana terbesar nomer dua bagi bumi.

Ada beragam penyebab pemanasan global, tapi juga ada banyak cara untuk mengatasinya. Yuk, merawat dan menjaga bumi bersama-bersama!

Beri Komentar