Ini loh 10 Penyebab Pencemaran Udara dan Contoh Gambarnya

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 29 Mei 2020 11:08
Ini loh 10 Penyebab Pencemaran Udara dan Contoh Gambarnya
Kayak gini loh guys, penyebab pencemaran udara selama ini.

Buat kalian yang tinggal di daerah perkotaan pasti sudah nggak asing dengan nuansa udara yang tercemar, ya kan? Penyebab pencemaran udara ini ada beberapa faktor. Pastinya dampaknya mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi yang tinggal di kota atau dekat pabrik dan industri. Eits.. tapi pedesaan juga bisa terkena loh!

Pencemaran udara terjadi akibat masuknya polutan ke dalam atmosfer yang membuat kualitas dan fungsi udara terganggu. Polutan sendiri merupakan zat yang melebihi ambang batas dan tidak tepat tempatnya sehingga membahayakan lingkungan di lapisan atmosfer, yaitu bumi.

1 dari 7 halaman

Faktor Penyebab Pencemaran Udara

Ada beberapa faktor penyebab pencemaran udara yang bisa terjadi di mana saja, antara lain:

Letusan Gunung Berapi

Penyebab Pencemaran UdaraPenyebab Pencemaran Udara © volcanodiscovery
Nggak hanya karena perbuatan manusia, ada juga faktor alami yang mencemari udara seperti gunung api meletus. Abu vulkanik dari peristiwa gunung meletus inilah penyebab pencemaran udara, misalnya seperti Gunung Kelud di Indonesia yang meletus beberapa waktu lalu. Sebab dalam abu vulkanik terdapat logam seperti timah, tembaga, seng, krom besi dan silika.

2 dari 7 halaman

Kebakaran Hutan

Penyebab Pencemaran UdaraPenyebab Pencemaran Udara © foresttech
Ada dua penyebab kebekaran hutan, alami dan disengaja. Keduanya membawa dampak pencemaran udara. Sebab adanya kandungan gas karbon dioksida dan karbon monoksida hasil kebakaran hutan tersebut.

Penebangan Liar


Tahu nggak guys, penebangan liar yang semakin meningkat di Indonesia ini nggak hanya berdampak bikin hutan gundul. Tapi juga bisa menyebabkan kebakaran karena adanya penumpukan ranting maupun daun kering sisa penebangan liar. Selain itu, tanaman yang berkurang membuat resapan polutan pun berkurang.

3 dari 7 halaman

Lalu Lintas

Penyebab Pencemaran UdaraPenyebab Pencemaran Udara © globalfueleconomy
Seiring dengan perkembangan zaman, maka kendaraan pun mengalami kemajuan dan semakin banyak. Alat transportasi yang berdampingan dengan kehidupan manusia. Namun kandungan asap yang dihasilkan tidak cukup baik untuk sistem pernapasan kita.

Minyak bumi yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan tersebut secara teori mengandung senyawa hidrokarbon yang jika dibakar menghasilkan karbon dioksida dan air. Namun faktanya, mesin tidak dapat membakar hidrokarbon sampai bersih sehingga knalpot kendaraan mengeluarkan zat-zat berbahaya.

Hasil pembakaran yang nggak sempurna membentuk karbon monoksida, nitrogen oksida dan senyawa organik volatil (VOC) yang jadi penyebab pencemaran udara. Akibatnya udara menjadi berkabut cokelat, biru bahkan sampai hitam. Dari warnanya aja sudah seram ya guys?

4 dari 7 halaman

Industri dan Pabrik

Penyebab Pemanasan GlobalPenyebab Pemanasan Global © independent
Ini nih yang sempat diungkit tadi. Di perkotaan banyak industri dan pabrik uang memiliki cerobong asap mengeluarkan sisa pembakaran setiap hari. Ada kandungan berbahaya di dalamnya, seperti karbon monoksida, hidrokarbon dan senyawa organik berupa polutan. Selain sebagai penyebab pencemaran udara, hal ini juga mempercapat proses terjadinya efek rumah kaca.

Pembangkit Listrik


Pembangkit listrik yang konvensional dengan bahan batu bara, gas dan minyak. Proses pembakarannya tidak sempurna sehingga menghasilkan gas berbahaya seperti nitron oksida, sulfur dioksida, karbon dioksida dan partikulat yang mencemari udara dan penyebab terjadinya pemanasan global.

5 dari 7 halaman

Pertambangan

Penyebab Pencemaran UdaraPenyebab Pencemaran Udara © Unsplash/ dominik_photography
Mengambil mineral dari dalam bumi nggak jarang mengeluarkan bahan kimia dan debu. Inilah penyebab pencemaran udara yang bisa mengganggu sistem pernapasan pekerjanya dan warga sekitar pertambangan.

Ativitas Rumah Tangga


Jangan bingung dulu bacanya. Bukan berarti kegiatan di rumah semuanya berbahaya ya guys. Tapi kegiatan kayak memasak yang masih pakai kayu bakar, pengecatan rumah atau alat rumah tangga dan pembakaran sampah inilah yang jadi penyebab pencemaran udara.

6 dari 7 halaman

Timbunan Sampah

Penyebab Pencemaran UdaraPenyebab Pencemaran Udara © experiencelife

Kok bisa? Ya bisa dong, baunya aja mengganggu. Sampah yang menumpuk bahkan di TPA menghasilkan aroma yang busuk kan? Nah hasil pembuangan sampah-sampah organik ini kalau menumpuk menciptakan bau yang nggak sedap karena ada kandungan gas metanannya guys!

Pertanian


Ini nih kenapa nggak hanya wilayah perkotaan yang bisa terkena pencemaran udara, tapi pedesaan juga bisa. Penggunaan pupuk, pestisid atau insektisida mengandung amonia yang bisa jadi penyebab pencemaran udara dan polusi air loh! Salah satu penyakit yang dikarenakan amonia ini adalah bronkitis. Bahaya banget kan?

Asap Rokok


Merokok nggak hanya dilakukan orang-orang kota saja kan? Itu kenapa polusi udara bisa terjadi di mana saja. Selain membahayakan kesehatan perokok dan orang-orang di sekitarnya yang ikut menghirup, merokok juga berdampak negatif buat bumi kita. Asap rokok ini berkontribusi jadi penyebab pencemaran udara, guys!

7 dari 7 halaman

Gambar Penyebab Pencemaran Udara

Inilah contoh-contoh penjelasan dari gambar polusi udara yang selama ini terjadi. 

Penyebab Pencemaran UdaraPenyebab Pencemaran Udara © nps.gov 

Penyebab Pencemaran UdaraPenyebab Pencemaran Udara © slideshare

Jadi itu tadi faktor-faktor yang jadi penyebab pencemaran udara. Nggak hanya di perkotaan, tapi juga bisa terjadi di pedesaan. Maka dari itu, pentingnya kesadaran yang ditanamkan di masing-masing individu untuk menjaga dan merawat bumi ini.

Beri Komentar