Kenali 10 Penyebab Tanah Longsor dan Cara Penanggulangannya

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 2 Juni 2020 19:17
Kenali 10 Penyebab Tanah Longsor dan Cara Penanggulangannya
Bencana tanah longsor bisa disebabkan secara alami maupun faktor buatan, guys. Kenali penyebab tanah longsor yuk, biar bisa antisipasi.

Tahu nggak guys, kita ini hidup di Indonesia yang mana terletak di pertemuan tiga lempeng dunia, yaitu lempeng Eurasia, Pasifik dan Autralia. Ketiganya ini bergerak dan saling menumbuk. Itu kenapa Indonesia sering beberapa kali terkena bencana alam, seperti banjir, tsunami, gunung meletus, gempa bahkan jadi penyebab tanah longsor.

Tumbukan ketiga lempeng tadi juga membentuk daerah penunjaman yang memanjang di sebelah Barat Pulau Sumatera, Selatan Pulau Jawa dan sebelah Utara Papua. Nggak hanya itu saja guys, ada juga palung yang terbentuk, gunung api sebanyak 129 dan sumber gempa bumi.

Gempa bumi bisa membuat tanah bergetar dan berisiko mengalami tanah longsor. Peristiwa perpindahan material pembentuk lereng berupa batu, tanah, material campuran dan bahan rombakan yang bergerak ke bawah atau keluar lereng inilah yang disebut tanah longsor. 

1 dari 7 halaman

Penyebab Terjadinya Tanah Longsor

Penyebab Tanah Longsor © Diadona

Selain peristiwa alami tersebut, ada beberapa penyebab tanah longsor, seperti:

Erosi Tanah


Erosi atau pengkisan tanah menjadi hal lumrah sebagai penyebab tanah longsor. Faktor akibatnya bisa karena aliran air yang deras sehingga menghujam tanah dan menjadi curam, hujan, banjir dan sebagainya. Selain itu tebing yang kekurangan pohon juga tidak memiliki penahan tanah sehingga mudah terkikis.

Penebangan Liar


Nggak hanya jadi penyebab banjir, hutan gundul akibat penebangan liar juga penyebab tanah longsor. Sebab pepohonan merupakan salah satu pencegah banjir sehingga ada penahan di tanah.

Nah kalau daerah utama berupa lereng atau tebing hutannya gundul, struktur tanah akan melonggar. Nggak ada penahan, air tidak meresap sehingga terjadilah tanah longsor.

2 dari 7 halaman

Hujan Deras

Penyebab Tanah Longsor © Diadona
Curah hujan yang tinggi juga menjadi penyebab tanah longsor, apalagi di musim hujan. Saat kemarau tanah menjadi kering dan membentuk rongga dan pecah-pecah. Sehingga saat hujan tanah yang bergeser tadi menjadi erosi dan longsor.

Lereng Tebing yang Terjal


Proses pembentukan lereng yang terjal adalah jalur lewatnya angin dan air di sekitar dan berdampak pada pengikisan. Kalau kamu tinggal di wilayah rumah seperti ini, hati-hati dan waspada ya guys!

3 dari 7 halaman

Ada Lahan Pertanian di Lereng

Penyebab Tanah Longsor © Diadona
Selain lereng yang yang terjal, adanya lahan pertanian di lereng juga berbahaya. Soalnya bisa menjadi penyebab tanah longsor. Sebab tanaman pertanian atau perkebunan memiliki akar yang kecil, sehingga nggak cukup kuat menjaga stuktur tanah.

Adanya Getaran


Indonesia ini rawan gempa seperti yang dijelaskan sebelumnya sehingga tanahnya sering bergetaar dan jadi penyebab tanah longsor guys. Nggak hanya getaran dari gempa bumi, tapo juga dari lalu lintas bisa memicu.

4 dari 7 halaman

 

Sampah yang Menumpuk

Ilustrasi Sampah Plastik © Diadona
Kata siapa sampah yang dibuang sembarangan dan menumpuk jadi penyebab banjir saja? Big no guys! Sampah yang nggak diolah dan menumpuk membuat tekanan dan air hujan memiliki intensitas yang tinggi. Oleh sebab itu berpotensi jadi penyebab tanah longsor. Duh, jangan buang sampah sembarangan ya!

Bendungan Menyusut


Kalau ada danau atau bendungan yang menyusut bisa menghilangkan gaya penahan lereng. Selain itu permukaan tanah juga menurun sehingga berpotensi terjadi longsor.

5 dari 7 halaman

Tanah Nggak Padat

Penyebab Tanah Longsor © Diadona
Tanah yang nggak padat seperti tanah liat ini jadi penyebab tanah longsor. Sebab, teksturnya yang mudah pecah saat kemarau dan lembek saat musim hujan. Itu kenapa tanah nggak kuat berada di posisinya dan longsor.

Bebatuan Hancur


Pernah melihat lereng bebatuan kan? Nah batu endapan yang berasal dari gunung berapi dan batu jenis sedimen kecil memiliki sifat lapuk atau mudah hancur menjadi tanah. Inilah penyebab tanah laongsor akibat bebatuan guys.

6 dari 7 halaman

Penyebab Tanah Longsor dan Cara Penanggulangannya

Penyebab Tanah Longsor © Diadona
Kalau sudah tahu apa saja penyebab tanah longsor, sekarang kita bahas bagaimana cara menanganinya ya!

1. Membuar sengkedan atau terasering di sekitar lereng yang terjal. Penting banget nih buat yang mau punya lahan pertanian atau perkebunan di lereng. Begitu pula buat kamu yang memiliki rumah di lereng.

2. Lebih amannya lagi, menghindari membangun rumah di bawah atau dekat tebing ya guys!

3. Tidak membangun kolam atau fasilitas umum di lereng.

4. Jangan menebang pohon sembarangan, apalagi sampai membuat hutan menjadi gundul. Nggak hanya banjir, tapi juga menyebabkan tanah longsor guys!

5. Nggak membuang sampah sembarangan. Yuk, jaga bumi dan kebersihannya.

6. Jangan memotong tebing sehingga menjadi tegak lurus. Soalnya kalau lurus rentan erosi dan jadi penyebab tanah longsor.

7 dari 7 halaman

7. Kalau ada retakan di tanah segara tutup dan padatakan kembali. Sehingga air hujan nggak bisa menerobos.

8. Jangan membuat rumah apalagi pemukiman di sekitar sungai. Rentan banget kena erosi, banjir juga.

9. Membuat salurangan pembuangan air (SPA) yang otomatis bisa menjadi saluran penampungan air tanah (SPAT). Jadi kalau curah hujan tinggi, saluran menjadi SPA, kalau rendah jadi SPAT.

10. Kalau mau bertanam atau bertani yang ramah longsor lahan ya, kayak menanam makanan ternak dan cara panennya dengan dipangkas.

11. Menanam tanaman yang keras dan ringan, akarnya pun yang bisa menancap di tanah, apalagi wilayah yang curam.

12. Lakukan sosialisasi kepada sesama dan penduduk di sekitar lereng. Jadi kalau ada musibah tanah longsor, bisa evakuasi yang tepat dan cepat.

Yap, itu tadi guys penyebab tanah longsor dan cara menanggulanginya yang perlu banget kita ketahui. Selain disebabkan faktor alam, manusia turut berperan dalam menjaga bumi, termasuk untuk menghindari bencana tanah longsor.

Beri Komentar