Heboh Bocah Banyuwangi Disunat Jin, Ini Fakta-faknya yang Berakibat Fatal Sampai Bikin Merinding

Reporter : Kurnia
Sabtu, 19 Februari 2022 09:51
Heboh Bocah Banyuwangi Disunat Jin, Ini Fakta-faknya yang Berakibat Fatal Sampai Bikin Merinding
Ternyata ada penjelasan medisnya

Bikin heboh, Warga Banyuwangi Jawa Timur sempat membuat jagad maya merinding berjamaah karena ada seorang bocah yang diduga disunat jin.

Lagi-lagi buat merinding berjamaah, bocah bernama Abdurahman Khafidz Raharjo itu padahal mengaku sama sekali belum pernah disunat.

Namun secara tiba-tiba ada kejadian yang cukup mistis membuat dirinya mengaku seperti disunat jin. A  Abdurahman Khafidz Raharjo mengaku jika tiba-tiba kulit alat itu tertarik ke belakang mirip seperti disunat.

1 dari 5 halaman

Orang tua khafiz, Budi Joyo menyebut itu merupakan peristiwa aneh yang menimpa anaknya. Peristiwa yang menimpa kelamin bocah berumur 7 tahun ini terjadi pada Selasa, 15 Februari 2022 di Dusun Krajan, Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Banyuwangi.

Kejadian yang disebut mistis itu terjadi menjelang sore saat diketahui oleh ibu Khafiz. Saat dikonfirmasi, Budi mengaku tidak tahu persis bagaimana peristiwa aneh itu bisa terjadi. Ayah bocah malang itu mengetahui kabar tersebut dari istrinya.

Sempat bikin heboh karena mengaku disunat jin, rupanya kejadian seperti yang dialami oleh Khafiz bisa dijelaskan secara medis oleh ahlinya. Bukan melulu tentang hal mistis, berikut fakta-faktanya yang bakal bikin kamu tercengang.

2 dari 5 halaman

Mitos yang Berkembang di Masyarakat

Dikutip dari laman Liputan6.com, sebagian besar masyarakat mempercayai jika fenomena yang dialami oleh bocah bernama Abdurahman Khafidz Raharjo itu adalah disunat jin.

Secara medis, fenomena itu disebut dengan parafimosis. Lagi-lagi kepercayaan itu tidak bisa dibantah begitu saja karena sudah lama berkembang di masyarakat. Namun seorang ahli Widji Lestarino membantah jika parafimonis disebut dengan disunat jin.

Menurut Rio, fenomena parafimosis yang disebut disunat jin hanya mitos yang berkembang di masayarakat. Menurut ilmu medis, kejadian tersebut adalah hal lumrah dan bahkan sudah sering terjadi.

3 dari 5 halaman

Foto Bocah yang Mengaku Disunat Jin

Bocah Banyuwangi (7) disunat jin © Diadona

4 dari 5 halaman

Penjelasan Medis

Kejadian mistis bagi orang tua Khafiz yang mengaku disebut disunat jin rupanya bukanlah yang pertama kali terjadi di dunia medis. Direktur RSUD Blambangan dr Widji Lestarino menjelaskan, kejadian seperti yang dialami Khafiz disebut parafimosis.

Parafimosis merupakan kondisi di mana kulup penis ketarik ke belakang dan tidak dapat ditarik kembali ke posisi normal. Penampakan parafimosis terlihat seperti orang yang telah disunat.

Beri Komentar