MUA Ini Rias Pengantin dengan Ritual Jawa Tak Boleh Keramas 7 Hari, Hasilnya Super Manglingin!

Reporter : Riza Umami
Jumat, 27 Agustus 2021 11:40
MUA Ini Rias Pengantin dengan Ritual Jawa Tak Boleh Keramas 7 Hari, Hasilnya Super Manglingin!
Di daerahmu ada ritual untuk pengantin seperti ini juga gak?

Beberapa perempuan ada yang masih menggunakan ritual tertentu menjelang acara pernikahannya. Tujuannya tentu agar hasil riasan pernikahannya nanti manglingin dan auranya keluar.

Hal inilah yang juga dilakukan oleh seorang pengantin perempuan berikut ini. Seorang MUA menceritakan pengalamannya merias seorang klien di mana pengantin perempuan dan keluarganya ini melakukan ritual Jawa sebelum acara pernikahannya.

1 dari 5 halaman

Beberapa ritual yang dilakukan yaitu si pengantin dan keluarganya tidak boleh keramas selama 7 hari sebelum acara pernikahan berlangsung, pengantin memakai gelang tertentu dan tidak boleh dilepaskan selama acara.

Lalu, ada pula penyalaan dupa selama acara yang tidak boleh sampai mati, terdapat sajen di sekeliling dupa yang dinyalakan tadi, dan juga keris bukan dari perias tetapi sudah disiapkan sendiri dari keluarga.

2 dari 5 halaman

Rias Pengantin Pakai RitualRias Pengantin Pakai Ritual © tiktok.com/@makeupbyiirma

Sang MUA mengatakan bahwa pengalamannya merias pengantin yang melakukan ritual Jawa ini ketika ia datang ke Blitar, Jawa Timur. Videonya ini dia bagikan melalui akun TikTok-nya yaitu @makeupbyiirma.

3 dari 5 halaman

Sang klien sengaja meminta riasan pengantin ala Jawa Tengah. Dia tampak memakai paes dan menggunakan kebaya pengantin berwarna putih lengkap dengan berbagai aksesori lainnya.

Gak sia-sia melakukan berbagai ritual di atas, hasil make up pengantin ini pun benar-benar menakjubkan. Terlihat wajahnya yang manglingin abis dan juga auranya yang keluar banget.

4 dari 5 halaman

@makeupbyiirma

Ritual Jawa yang pernah kami tau di Lokasi Wedding

? Sounds like a mystery music box - Yohei

Video ini pun berhasil menyita perhatian netizen dan mendapatkan berbagai komentar. Berikut ini beberapa balasan yang dituliskan warganet dalam video pengantin yang melakukan ritual sebelum pernikahan tersebut.

5 dari 5 halaman

@Riin: Kalo di Jawa tampatku, pas acara ada yang namanya damar panggung. biasanya ada sesaji, dan di tungguin sama Mbah Mbah biar ngga mati apinya.

@Putriii: Asli ngaruh banget apa ya ritual" begitu, cantik parah pengantinnya.

@july: Puasa baik perias dan calon manten, pas hari H penganten ga boleh mandi.

Memang ada beberapa masyarakat yang masih menggunakan ritual tertentu seperti ini sebelum acara pernikahannya yang mungkin berbeda tiap daerahnya. Kalau di tempat kamu ada ritual yang harus dilakukan pengantin seperti ini gak?

Beri Komentar