Gak Lolos Masuk Kuliah, Pemuda Ini Kini Raup Omzet Belasan Juta dari Jualan Gorengan

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 9 September 2020 16:27
Gak Lolos Masuk Kuliah, Pemuda Ini Kini Raup Omzet Belasan Juta dari Jualan Gorengan
Ada banyak jalan untuk mencapai kesukses

Kesuksesan tak hanya berpaut pada satu hal, kuliah misalnya. Masih ada jalan lain yang bisa dipilih jika memang berniat dan berusaha. Bahkan melansir dari Kompas.com, ada seorang pria asal Sulawesi Selatan yang tak putus asa meski gak lulus untuk masuk kuliah. Kini dia sukses banget!

1 dari 5 halaman

Eril, Jualan Gorengan

Namanya adalah Eril. Pada tahun 2019, ia gagal masuk universitas yang ia minati, yaitu Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan.

Tak lulus, ia pun jualan gorengan di Makassar. Namun tak lama kemudian, ia pun berhenti dan pulang ke kampung halaman di Bulukumba, dan buka usaha warkop.

Namun, usaha warkopnya tak cukup memberi untung. Akhirnya, ia mencoba kembali berjualan gorengan.

2 dari 5 halaman

Ia bahkan bertekad untuk meminjam uang dahulu dari orangtuanya sebesar Rp 5 juta. Warung gorengannya ia buka di Jalan Muh Hatta, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Usaha jualan gorengannya pun menjadi sukses. Sehari, ia bisa mendapatkan Rp 4 juta. Dalam sebulan bisa mencapai Rp 120 juta.

" Sebelum corona pendapatan Rp 4 juta perhari. Jika dihitung perbulan capai Rp 120 juta. Ini masih kotor dan keuntungan bersoh Rp 20 juta," jelas Eril.

3 dari 5 halaman

Saat pandemi corona mulai menyerang Sulawesi Selatan, usaha gorengan milik Eril juga sempat ikut terdampak. Untuk beli bahan baku pun ia sempat kehabisan. Namun, ia tetap bangkit dengan meminjam uang orang tua sebesar Rp 250.000.

Meski tak mencapai ratusan juta seperti dulu, selama pandemi ini kini ia masih bisa berpenghasilan sesebar Rp 15 juta. Bahkan, ia sudah bisa memperkerjaan orang pengangguran di kampungnya.

" Alhamdulillah sekarang sudah lumayan pendapatan dan bisa merekrut pemuda pengangguran di kampung untuk bekerja."

4 dari 5 halaman

Karena usaha gorengan sukses, ia ingin membuka cabang, di Bantaeng. Dari hasil jerih payahnya itu, ia juga ingin membeli mobil dan memberangkatkan orangtuanya umroh.

Eril mengaku, bahwa warung gorengannya menjadi banyak sekali didatengi pembeli saat video parodinya viral di media sosial.

" Video durasi empat menit ini viral dari akun instagram sosmed Makassar, viral malaysia, hingga artis Nikita Mirzani Mawardi mengunggah di akun Instagramnya."

Beri Komentar