Elliot Page Usul Academy Awards Sediakan Kategori Aktor Gender Netral

Reporter : Nasa
Kamis, 14 September 2023 15:23
Elliot Page Usul Academy Awards Sediakan Kategori Aktor Gender Netral
Page mendukung penghapusan klasifikasi kategori penghargaan berdasarkan jenis kelamin...

Aktor Transgender Hollywood, Elliot Page, ungkapkan keinginannya soal Academy Award yang bisa sediakan ruang bagi aktor bergender netral. Hal ini disampaikan Page saat interview dengan Entertainment Weekly.

Transgender berusia 36 tahun ini sangat mendukung gagasan jika nantinya ajang penghargaan bergengsi itu menghapus kategori penghargaan berdasarkan jenis kelamin yang sudah jadi pakem selama puluhan tahun terakhir.

"Ya, itu sepertinya ide yang bagus," ujar Elliot Page kepada EW pada Selasa (12/9).

"Lagi pula, ini adalah aspek yang tidak biasa, saat kategori itulah yang menjadi seperti itu, bukan? Jadi semoga kita mulai berpikir di luar pola pikir biner tersebut," sambungnya.

1 dari 4 halaman

Dalam pembicaraan tersebut, Page juga berbicara soal comeback layar lebarnya melalui film Close to You. Film itu debut di Toronto International Film Festival 2023 pada pekan lalu.

Close to You menjadi film penuh pertama dari Page semenjak dirinya melela sebagai transgender pada 2020 lalu.

Film ini dibuka dengan adegan kuat yang menampilkan Page berdiri tanpa kemeja di depan kamera. Momen tersebut diakui Page sebagai adegan yang sangat berdampak bagi dirinya.

" Ketika saya sedang bersiap pada hari itu, saya bangun dari tempat tidur dan berpakaian, rasanya agak canggung, seperti, 'Oh, akan bagus jika dia tidur tanpa kemeja'," katanya menggambarkan adegan tersebut.

2 dari 4 halaman

Page yang juga mendapatkan peran seorang pria transgender dalam film ini mengatakan bahwa ide tersebut muncul begitu saja, murni dari insting yang alami dari benaknya.

" Itu menunjukkan bahwa pria ini nyaman dan hadir dalam tubuhnya, itu sangat berarti bagi saya. Saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan merasakannya, jadi sangat senang bisa memerankan karakter ini," sambungnya.

Meski pihak Academy belum memberikan keterangan resmi soal gagasan terkait, EW melaporkan bahwa narasi soal representasi dan inklusivitas kini tengah didiskusikan oleh para anggotanya.

Elliot Page © Diadona

3 dari 4 halaman

Para anggota kunci tersebut diyakini akan segera membentuk keputusan terkait nasib para pemeran non-biner untuk mendapatkan ruang apresiasi.

Menurut laporan EW, ajang penghargaan besar lain telah mengklaim bahwa kategori pemeran berdasarkan jenis kelamin sudah dihilangkan, termasuk Gotham Awards dan Independent Spirit Awards.

4 dari 4 halaman

Namun, Golden Globe Awards, Screen Actors Guild Awards, Critics Choice Awards, dan Academy Awards belum menghapus perbedaan jenis kelamin untuk kategori aktor dan aktris.

Sementara itu, momen Elliot Page melela alias coming out sebagai transgender terjadi pada 2020 lalu. Saat itu, ia mengaku senang dapat menjadi contoh agar kaum transgender tak lagi dianggap " monster."

Awalnya, Page juga merasa berat ketika harus mengungkap bahwa ia transgender. Hingga akhirnya, ia mengumumkan fakta itu pada akhir 2020.

Beri Komentar