Bingung Saat Kehamilan Pertama? Ini Tips Agar Ibu dan Bayi dalam Kandungan Selalu Sehat

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 22 November 2023 13:10
Bingung Saat Kehamilan Pertama? Ini Tips Agar Ibu dan Bayi dalam Kandungan Selalu Sehat
Pokoknya, tetap jaga dan monitor kondisi tubuh ya biar kesehatan nggak luput dari perhatian.

Kehamilan pertama menjadi sesuatu yang spesial bagi setiap perempuan atau calon ibu. Momen berbahagia ini tentunya sangat dinantikan dan pasti menginginkan buah hatinya dapat tumbuh sehat hingga waktunya persalinan tiba.

Kesehatan selama kehamilan tentunya menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Tidak hanya kesehatan buah hati, tetapi juga ibu yang tengah mengandung.

Nah, melalui artikel ini, kami akan membagikan sejumlah tips untuk membantu kamu menjaga kesehatan saat menjalani kehamilan yang pertama. Yuk simak beberapa tipsnya, Diazens.

1 dari 4 halaman

Mengonsumsi Makanan Sehat dan Kaya Nutrisi

Dilansir dari Patient, menjalani gaya hidup sehat selama kehamilan dapat dimulai dengan memilih makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi tidak hanya mempengaruhi kesehatan ibu, tetapi juga berdampak pada janin yang ada di dalam kandungan.

Saat mengandung, ibu hamil sangat direkomendasikan untuk bisa mengkonsumsi makanan seimbang yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan makanan berprotein yang telah dimasak dengan baik, dan produk susu rendah lemak.

Selama masa kehamilan, disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman berkafein karena dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam tubuh.

2 dari 4 halaman

Pastikan Minum Air yang Cukup

Baik dalam kondisi hamil atau tidak, selalu disarankan untuk mengonsumsi cukup air. Dengan mengonsumsi air yang cukup, tubuh akan terhindar dari dehidrasi.

Asupan air minum juga sangat penting diperhatikan oleh ibu hamil. Pastikan untuk selalu minum air putih secara rutin demi menjaga kesehatan buah hati yang ada di dalam kandungan.

Garmin Venu 3 © Diadona

Nah, untuk memudahkan kamu mengingat kapan waktunya untuk minum, kamu bisa memanfaatkan fitur yang dimiliki jam tangan pintar. Jadi, kamu dapat membuat pengingat yang akan membantu kamu agar selalu terhidrasi dengan baik.

3 dari 4 halaman

Rutin Memantau Kehamilan

Kesehatan kehamilan kamu harus dipantau secara rutin loh, Diazens. Tentunya ini tidak hanya sekadar dilakukan secara kasat mata saja. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, jam tangan pintar sudah bisa menyimpan catatan kehamilan mulai dari morning sickness, usia kehamilan dan prediksi melahirkan, hingga variabel detak jantung yang terhubung dengan banyak indikator kesehatan lainnya.

Baiknya, catatan kehamilan pada jam tangan pintar tersimpan baik di cloud storage, melalui aplikasi. Ini bermanfaat ketika ingin konsultasi ke dokter, kamu tinggal membuka catatan digital. Beberapa jam tangan pintar menawarkan fitur ini, namun ada satu jam tangan yang menawarkan lebih.

Garmin Venu 3 © Diadona

Garmin Venu 3 menawarkan fitur Women's Health yang dapat memantau kehamilan sekaligus kesehatan dan kebugaran. Selain menyimpan catatan kehamilan, jam tangan ini juga bisa memberikan saran nutrisi serta ilustrasi ukuran janin bayi dalam kandungan kamu loh, Diazens. Menarik rasanya melihat perkembangan janin yang diumpamakan seperti buah atau sayur.

Setelah 4 minggu, aplikasi Garmin Connect yang terhubung dengan Garmin Venu 3 akan memberikan ringkasan dari catatan yang kamu buat dan berguna untuk sesi pemeriksaan rutin dengan dokter kandungan.

4 dari 4 halaman

Hindari Olahraga yang Terlalu Berat

Selama masa kehamilan, olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan membantu kamu saat memasuki masa persalinan. Jadi, kamu bisa melakukan olahraga yang biasa dilakukan, seperti jalan kaki, yoga, meditasi dan lainnya.

Garmin Venu 3 © Diadona

Namun perlu dicatat, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat atau bahkan ekstrem. Hindari olahraga yang berisiko membahayakan diri dan juga bayi dalam kandungan. Agar lebih aman, kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter ahli kandungan.

Demikian sejumlah tips bagi kamu yang tengah menjalani kehamilan untuk pertama kalinya. Semoga tips ini dapat membantu kamu dan buah hati agar selalu sehat ya, Diazens.

Beri Komentar