Difoto Pacar Diam-Diam, Ternyata untuk Mengisi Data Pinjaman Online

Reporter : Riza Umami
Senin, 10 Februari 2020 10:40
Difoto Pacar Diam-Diam, Ternyata untuk Mengisi Data Pinjaman Online
Hati-hati kalau ada yang pinjam KTP dan mengambil fotomu.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan pinjaman online. Biasanya saat mengisi data pinjaman online ini, perlu mengambil foto dirinya yang akan dipastikan dengan data di kartu identitasnya. Namun, ternyata hal ini masih bisa disalahgunakan seperti yang terjadi pada pria berikut ini.

Pria ini difoto diam-diam oleh sang pacar, tetapi ternyata foto ini malah disalahgunakan oleh pacarnya tersebut. Kisah ini dibagikan oleh seorang pengguna Twitter dengan nama akun @OfficialMaulvi. Dia menceritakan kisah temannya yang mengalami hal tidak biasa ini.

1 dari 6 halaman

Berawal saat kumpul-kumpul bersama, lalu temannya ini ditelepon oleh bapaknya karena ada orang yang mencarinya. Dia pun langsung pulang ke rumahnya. Satu jam kemudian, dia kembali lagi kumpul bersama teman-temannya. Namun, dia mengatakan bahwa sedang ada masalah, tetapi belum mau cerita. Setelah agak lama pun akhirnya temannya ini mau cerita.

Dimulai dengan cerita pertemuan dia dan pacarnya. Sebut saja temannya ini dengan cilor. Cilor bertemu dengan seorang gadis bernama Cimin di sebuah coffee shop. Lalu, Cimin menyapa Cilor dan mengatakan bahwa dia dulu sering melihatnya saat masih sekolah. Mereka pun berkenalan.

2 dari 6 halaman

Cimin nampaknya menaruh hati pada Cilor, sehingga dia sering mendekatinya saat sama-sama berada di coffee shop tersebut. Pernah Cimin minta antar pulang pada Cilor karena pada saat itu sudah dini hari. Cilor pun mengantarkan Cimin pulang dan mereka saling bertukar Whatsapp.

Mereka pun mulai chattingan dan Cimin mengajak Cilor untuk main ke rumahnya. Beberapa kali Cilor main ke rumah Cimin. Lalu suatu hari, Cimin mengungkapkan perasaannya pada Cilor. Cilor sebenarnya belum terlalu baper, tetapi coba dijalanin dulu. Dari sinilah sifat asli Cimin mulai kelihatan.

3 dari 6 halaman

Cimin sebenarnya memiliki kehidupan yang biasa saja, tetapi gaya hidupnya terlalu mewah. Cimin bekerja sendiri sampai akhirnya bisa membeli mobil. Selain itu, dia juga membuka bisnis kuliner seperti berjualan es dan makanan. Mobilnya pun digunakan oleh sepupunya untuk digunakan ngojol. Seharusnya penghasilannya ini sudah mencukupi untuk Cimin. Namun, dia masih merasa kurang saja karena gaya hidupnya yang mewah.

Karena Cimin tak bisa mengelola uang dengan baik, akhirnya usahanya pun kehabisan modal. Cimin pun menceritakan hal ini pada Cilor dan mengatakan dia ingin membuka usahanya lagi. Akhirnya, Cilor memberikan bantuan modal pada Cimin meski tak seberapa. Namun, karena lagi-lagi Cimin tak bisa mengelola keuangan dengan baik, dia pun bangkrut lagi.

4 dari 6 halaman

Cimin sering mengajak Cilor jalann ke mall dan biasanya dia minta dibelikan skincare. Cimin pun selalu mengajak makan di restoran fast food. Suatu saat, Cimin mengetahui slip gaji pacarnya dan dia pun makin minta banyak hal karena tahu bahwa gaji Cilor lumayan banyak.

Cilor pun mulai merasa lelah dengan sifat Cimin ini, tetapi dia masih ingin mengubahnya menjadi lebih baik lagi. Sampai suatu hari saat Cilor main ke rumah pacarnya, Cimin mengatakan bahwa dia ingin melihat KTP Cilor. Tanpa merasa curiga, Cilor pun memberikan KTP-nya. Lalu tiba-tiba, Cimin duduk di depan pacarnya dan memfoto Cilor, sambil mengatakan bahwa dia tak punya foto Cilor.

5 dari 6 halaman

Cilor tak pernah curiga dengan yang dilakukan oleh Cimin tersebut. Mereka kemudian putus karena Cilor sudah tak bisa lagi menuruti segala keinginan Cimin. Namun, betapa terkejutnya Cilor saat ada debt collector yang datang ke rumahnya untuk menagih pinjaman online atas nama dirinya.

Cilor tak merasa telah melakukan peminjaman online sampai dia menyadari bahwa Cimin-lah yang telah menyalahgunakan KTP Cilor yang pernah dia pinjam dan saat tiba-tiba dia memfoto dirinya. Ternyata foto KTP dan wajah Cilor digunakan untuk mengisi data saat melakukan pinjaman online oleh Cimin.

6 dari 6 halaman

Akhirnya, karena tidak mau ribet, Cilor pun membayar setengah dulu dari pinjaman tersebut. Cilor pun masih menyelesaikan masalah ini dengan cara kekeluargaan karena dia tak tega jika harus pakai jalur hukum meski Cimin sudah jelas-jelas telah memanfaatkannya.

Berkaca dari peristiwa yang dialami oleh Cilor ini, kita memang perlu berhati-hati kalau sudah menyangkut masalah kartu identitas. Biasanya malah orang terdekatlah yang akan menyalahgunakan identitas kita ini. Berhati-hatilah saat ada yang mau meminjam kartu identitasmu dan dalam waktu bersamaan dia mengambil fotomu. Bisa jadi itu digunakan untuk mengisi data pinjaman online.

Jika debt collector sudah datang ke rumah, maka nasi pun sudah menjadi bubur. Oleh sebab itu, lebih baik kita mencegah identitas kita disalahgunakan oleh orang lain. Sebarkan pada teman-temanmu ya agar tidak mengalami hal seperti yang terjadi pada Cilor.

Beri Komentar