Cara Mengusir Cicak dari Rumah Secara Alami dengan Bumbu Dapur, Dijamin Ampuh dan Efektif

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 24 Agustus 2020 09:53
Cara Mengusir Cicak dari Rumah Secara Alami dengan Bumbu Dapur, Dijamin Ampuh dan Efektif
Inilah cara mengusir cicak di rumah yang dijamin ampuh dan mudah.

Bagi sebagian orang, kehadiran cicak di rumah dianggap sangat mengganggu. Pasalnya, cicak seringkali mengeluarkan kotoran yang bisa jatuh di mana saja, termasuk funitur rumah hingga di atas makanan.

Dengan begitu, kamu pun mencoba berbagai cara mengusir cicak dari alami hingga cara yang tidak biasa seperti menggunakan jebakan dari gelas kaca.

Tapi nggak usah khawatir, sebab Diadonda.id akan memberikan cara mengusir cicak secara alami dan efektif, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Mengusir Cicak dari Rumah

Cara Mengusir CicakCara Mengusir Cicak © shutterstock.com/dkroy

Seperti yang diketahui, cicak merupakan hewan melatah yang terlihat begitu menjijikan. Meski begitu, cicak juga bermanfaat karena bisa mengurangi jumlah nyamuk dan serangga di dalam rumah.

Namun sayangnya kehadiran cicak kerap membuat sebagian besar orang merasa jengkel. Lalu, bagaimana cara mengusir cicak dari rumah?

1. Tutup Ventilasi Rumah

Cara mengusir cicak pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan menutup akses masuknya cicak. Cara ini bisa dilakukan dengan memasang kawat nyamuk pada ventilasi rumah, dengan begitu cicak akan kesulitan untuk masuk.

Selain itu, kamu juga bisa memasang alat perekat seperti double tape pada celah kecil di pintu agar cicak akan kesulitan saat ingin masuk ke dalam hunianmu.

2. Bersihkan Kolong Meja dan Celah-Celah Kecil

Selain itu, cara mengusir cicak di rumah selanjutnya ialah dengan memberishkan kolong meja serta celah-celah kecil di rumah karena biasanya area tersebut kotor dan banyak dihinggapi nyamuk.

Sehingga untuk melakukan cara mengusir cicak ini, silahkan bersihkan kolong meja dan setiap celah pada rumahmu agar bebas dari kotoran, debu, ataupun sarang laba-laba. Dengan begitu, area tersebut tidak dihinggapi nyamuk dan tidak menjadi area untuk cicak bersembunyi.

2 dari 4 halaman

3. Menggunakan Pendingin Ruangan

Cara Mengusir CicakCara Mengusir Cicak © pexels.com/@athena

Cicak adalah binatang berdarah panas. Dengan begitu, tentu saja cicak tidak menyukai tempat yang bersuhu dingin. Sehingga cara mengusir cicak di rumah yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengguakan pendingin ruangan seperti AC atau air cooler.

4. Pelihara Kucing

Untuk kamu yang menyukai kucing, tak ada salahnya memelihara kucing untuk mengusir cicak di rumah. Sebab, kucing sangat senang dengan hewan kecil yang bergerak lincah seperti cicak dan kecoa.

Oleh karena itu, cara mengusir cicak yang satu ini dianggap paling efektif untuk mengurangi jumlah populasi cicak di dalam rumah.

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Cicak Secara Alami

Cara Mengusir CicakCara Mengusir Cicak © shutterstock.com/casanisa

Rasa jengkel seringkali muncul kalau menemukan cicak tergelintir saat kamu sedang memasak di dapur atau bahkan saat sedang mandi di kamar mandi. Sehingga, untuk menangkapnya pun terasa mustahil karena pergerakannya yang begitu lincah.

Tapi kamu nggak usah bingung, sebab ada cara mengusir cicak secara alami dan efektif, yang dijamin cicak nggak akan kembali lagi. Berikut diantaranya.

1. Bawang Putih

Salah satu tahap mengusir cicak secara alami di rumah ialah dengan menggunakan bawang putih. Caranya, kamu cukup meletakkan beberapa butir bawang putih di beberapa area rumah atau membuat jus bawang putih yang di masukkan ke dalam botol semprot.

Setelah itu, semprotkan ke area dinding rumah yang sering dihinggapi cicak. Aroma bawang putih yang kuat akan membuat cicak enggan berkeliaran lagi.

2. Bawang Bombay

Selain bawang putih, bawang bombay juga bisa digunakan sebagai cara mengusir cicak di rumah secara alami. Langkahnya pun sama seperti dengan di atas, yakni kamu bisa meletakkan beberapa potongan bawang bombay di beberapa area rumah atau menyemprot dinding dengan jus bawang bombay.

4 dari 4 halaman

3. Cabai Kering

Cara Mengusir CicakCara Mengusir Cicak © unsplash.com/@priscilladupreez

Tahapan mengusir cicak di rumah selanjutnya ialah menggunakan cabai kering. Ya, selain menggunakan cabai bubuk, kamu juga bisa menaruh beberapa buah cabai kering di beberapa area rumah. Dengan begitu, dijamin cicak tidak tertarik berkeliaran lagi di dalam rumahmu.

4. Cangkang Telur

Bau telur yang amis ternyata bisa membuat cicak menjauh. Tapi, kamu tidak perlu menaruh telur mentah yang sudah pecah sebagai cara mengusir cicak, sebab kamu cukup manfaatkan saja kulit atau cangkangnya.

Caranya, gunakan isi telur untuk dimasak, tetapi jangan membuang kulitnya. Lalu, letakkan di beberapa area rumah yang sering didatangi cicak.

Itulah cara mengusir cicak di rumah secara alami dengan bumbu dapur yang dijamin efektif. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar