Cara Merawat Burung Kenari Biar Gacor Itu Ada Tips Khususnya loh!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 18 Agustus 2020 15:09
Cara Merawat Burung Kenari Biar Gacor Itu Ada Tips Khususnya loh!
Ikutin tips cara merawat burung kenari ini yuk!

Ada cara merawat burung kenari yang bisa kamu ikutin nih guys. Pasti kalau memelihara burung ingin dengar suaranya yang nyaring dan merdu kan? Apalagi di pagi hari dihiasi dengan suara burung kenarimu.

Nah, burung kenari sendiri punya beragam jenis dan tipe. Tapi ternyata, cara merawat burung kenari ini nggak jauh beda kok. Kamu bisa melakukan beberapa hal dengan penuh kasih sayang sehingga burung kenari akan terjaga dan memiliki bunyi yang bertambah nyaring.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan melansir dari beberapa sumber, cara merawat burung kenari. Nggak hanya suaranya yang semakin indah, warna bulunya juga akan memukau.

1 dari 6 halaman

Cara Merawat Burung Kenari Biar Gacor

Cara Merawat Burung KenariCara Merawat Burung Kenari © bbc


Cara merawat burung kenari yang dikenal memiliki banyak kelebihan ini bisa dibilang mudah kok, guys.

Memberi Pakan Burung yang Berkualitas


Tahu nggak sih, burung kenari ini termasuk jenis burung pemakan biji-bijian atau granivora, kayak lovebird, finch dan parkit. Itu kenapa, kamu harus menyediakan biji-bijian sebagai makanan burung kenari.

Kamu bisa memberinya campuran biji-bijian, telur puyuh yang direbus, sayuran segar, asinan telur sotong dan kroto. Eits.. tapi takarannya harus diperhatikan juga ya. Jangan sampai berlebihan. Kalau kelebihan berat badan, burung kenari jadi jarang berkicau.

Sediakan Pakan Tambahan


Selain makanan yang sudah disebutkan di atas, cara merawat burung kenari juga dengan memberi pakan tambahan. Diantaranya kamu bisa siapkan sayuran dan buah-buahan segar. Selain itu, berikan dedaunan yang kaya manfaat, seperti:

- Daun mengkudu atau cangkudu

- Daun dewa

- Daun krokot

- Daun ginseng jawa

- Daun binahong

2 dari 6 halaman

Memandikan Burung Kenari


Bulu burung kenari yang indah ini juga perlu kamu rawat guys. Kamu perlu memandikannya dan menjemur secara rutin. Caranya dengan disemprot sampai bulunya basah merata. Kemudian, jemur sekitar 2 jam di pagi hari setelah dimandikan.

Kamu bisa menjemurnya saat sore hari selama 1-2 jam. Nah, buat mandikannya ini bisa 2 atau 3 kali seminggu. Nggak hanya bagus untuk bulu-bulunya, proses menjemur ini juga membuat suara burung makin kencang loh!

Selain burung kenari yang dimandikan, jangan lupa juga rajin membersihkan sangkarnya ya. Soalnya kalau sangkar kotor bisa jadi tempat bakteri, kamu sampai parasit bersarang. Rumah yang bersih bagi burung kenari ini, membuatnya terlihat segar dan gacor.

Siapkan Asinan/ Tulang Sotong


Menyediakan asinan, seperti tulang sotong juga penting dalam cara merawat burung kenari loh! Soalnya tulang sotong ini jadi sumber kalsium dan fosfor serta menjaga kondisi burung. Kalau nggak ada asinan, kamu bisa memberi sumber miltimineral dari luar, seperti BirdMineral.

3 dari 6 halaman

Pemasteran


Proses pemasteran adalah memberikan suara pada burung kenari. Jadi kamu bisa pakai suara burung dari rekaman musik yang diletakkan di kandang bersama burung kenarimu.

Nah, cara merawat burung kenari ini akan membuatnya berlatih berkicau. Oh iya, berikan pelatihan ini selama 2 jam berturut secara rutin ya. Volumenya juga jangan kencang-kencang, kecil saja agar burung kenari tidak takut.

Siapkan Multivitamin untuk Burung Kenari


Cara merawat burung kenari biar gacor juga bisa dengan memberikannya multivitamin. Kamu perlu memastikan asupan dari luar dan memberinya rutin 23 kali seminggu agar burung rajin bersuara.

Hindari Gangguan


Maksud dari cara merawat burung kenari menghindari gangguan adalah jangan sampai membuat burung stres. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang suka ikut perlombaan. Nah, biarkan burung istirahat yang cukup dan tidak terganggu. Soalnya kalau kamu tidak memerhatikan hal ini, burung bisa jadi stres bahkan mati.

4 dari 6 halaman

Cara Merawat Burung Kenari Mabung

Cara Merawat Burung KenariCara Merawat Burung Kenari © straitstimes


Kalau tadi cara merawat burung kenari biar gacor, nah kali ini kita bahas burung kenari mabung ya. Kondisi ini bisa dibilang tradisi tahunan yang akan dialami burung kenari. Tentu saja cara merawat burung kenari mabung berbeda dari burung kenari biasa.

Ciri-ciri burung kenari mabung bisa dikenali dengan bulunya yang rontok, jarang berkicau, dan saat dijemur ia akan menggigit bulu-bulunya. Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam cara merawat burung kenari mabung.

1. Meningkatkan prosi makannnya menjadi salah satu langkah awal yang perlu kamu lakukan. Pastinya dengan gizi yang tercukupi ya. Meski kenari mabung ini nggak begitu suka makan, tapi tetap harus diberi makan dengan porsi lebih banyak.

2. Memberikan biji-bijian yang berkualitas, misalnya Ebod Canary.

5 dari 6 halaman

3. Jangan dimandikan kalau bulu burung kenarinya belum tumbuh. Ada masa bulunya yang lama akan lepas, nah kalau belum tumbuh lagi jangan dimandikan ya.

4. Mandikan burung kenari pakai shampo khusus, yaitu Jati Jajar. Soalnya shampo ini ampuh membasi kutu dan merawat bulu-bulu kenari.

5. Menjemur burung kenari di pagi hari. Lakukan setelah memandikan burung. Biasanya waktu paling efektif adalah jam 6.30 sampai 8.00 karena cahaya matahari belum terlalu panas.

6. Meletakkan sangkar burung di tempat yang sepi dan tenang. Agar burung kenari bisa beristirahat dan melewati masa mabungnya.

6 dari 6 halaman

7. Sangkar burung kenari haris dikerodong juga agar masa mabungnya lebih cepat selesai.

8. Memberikan pakan tambahan juga penting sebagai metode perawatan burung kenari mabung. Kamu bisa memberinya sawi putih, sawi hijau, selada, pear, atau anggur. Selain itu beri multivitamin yang sesuai dosisnya.

9. Lakukan pemasteran saat bulu jarum sudah tumbuh. Jangan saat masih rontok. Caranya dengan menempelkan di burung hidup atau paki suara MP3 dari HP dengan volume rendah.

Nah, jadi itu tadi cara merawat burung kenari yang biasa secara umum dan saat di masa mabung. Semoga membantu ya guys!

Beri Komentar