Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik dan Mudah, Agar Tumbuh Besar dan Bulunya Makin Menawan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 21 Agustus 2020 10:15
Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik dan Mudah, Agar Tumbuh Besar dan Bulunya Makin Menawan
Ternyata cara merawat kucing anggora ada perawatan khususnya lho, guys. Jadi jangan disepelehkan ya.

Secara umum, cara merawat kucing anggora terhitung susah susah gampang. Sebab hewan peliharaan yang memiliki bulu lembut dan indah ini perlu perhatian yang lebih dibanding pada kucing biasa lainnya.

Bahkan, memberi makanan mahal pada cara merawat kucing anggora pun juga tak menjamin si kucing akan tumbug sehat sesuai yang kamu inginkan.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana cara merawat kucing anggora dengan baik dan benar, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Cara Merawat Anak Kucing Anggora

Cara Merawat Kucing Anggora © Diadona

Sebelum memelihara kucing khususnya kucing anggora di rumah, alangkah baiknya kamu harus mempersiapkan peralatan-peralatan yang diperlukan untuk cara merawat anak kucing anggora. Adapun diantaranya:

- Makanan
- Kandang
- Sisir bulu
- Handuk
- Litter box dan serokan
- Tempat makan dan tempat minum
- Pasir kucing untuk buang air besar
- Shampoo khusus kucing
- Lint rolling untuk membersihkan bulu kucing dari baju
- Pet carier untuk membawa kucing ke mana-mana atau ketika hendak kontrol kesehatan

Setelah melengkapi peralatan-peralatan yang dibutuhkan seperti di atas, barulah kamu bisa memahami bagaimana cara merawat kucing anggora ini.

1. Sediakan Kandang yang Luas

Langkah pertama cara merawat kucing anggora adalah kamu harus persiapkan kandang yang luas, sebab kucing anggora termasuk kucing yang senang bermain. Sehingga, kamu juga harus mempersiapkan pula berbagai macam mainan untuknya.

2. Pilih Makanan yang Tepat

Setelah mempersiapkan kandang, langkah cara merawat kucing anggora yang berikutnya ialah memperhatikan masalah makanan dan minuman.

Makanan yang baik untuk jenis kucing anggora adalah makanan yang memiliki kandungan sedikit garam dan kering supaya bulunya tidak rontok. Tapi kalau rontok, coba lebih perhatikan kandungan makanannya. Jadi, lebih cermat dalam memilih, ya.

3. Memandikan Secara Rutin

Meski pada umumnya kucing bisa membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati tubuhnya, namun alangkah baiknya cara merawat kucing anggora yang baik dan benar ialah rutin memandikan kucing setidaknya setiap dua bulan sekali.

2 dari 2 halaman

Cara Merawat Kucing Anggora © Diadona

4. Rajin Memantau Bobotnya

Anggora memang dikenal dengan memiliki tubuh yang lebih berotot, namun sayang tulangnya lebih rapuh. Hal inilah yang menyebabkan lemak bisa membebani tulangnya.

Namun selain masalah tulang, obesitas juga makin memperbesar risiko si kucing terserang penyakit lain seperti hepatic lipidosis bahkan hati berlemak. Jadi, cara merawat kucing amggora yang benar ialah harus rajin-rajin menimbang bobotnya sebulan sekali.

Bobot ideal kucing anggora jantan maksimal ialah sekitar 5,5 kilogram. Sedangkan untuk anggora betina bobot idealnya sekitar 3-5 kilogram.

5. Menyikat Bulunya

Cara merawat kucing anggora selanjutnya ialah tentang bagaimana merawat bulunya. Sehingga supaya tetap menarik, sikatlah bulunya minimal dua hari sekali dengan menggunakan sisir metal bergigi panjang.

Ohya, hindari menyisir bagian dada dan perut secara keras sebab bulu-bulu di kedua daerah tersebut sangat lembut sehingga mudah patah.

6. Memotong Kuku

Meski dikenal sebagai kucing yang lucu, namun anggora juga suka sekali dengan memanjat. Sehingga, supaya kukunya tidak bisa merusak perabotan rumah, maka cara merawat kucing anggora ialah dengan memotong kukunya setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali.

7. Rutin Berkunjung ke Dokter Hewan

Cara merawat kucing anggora yang terakhir ialah dengan pemeriksaan medis ke dokter hewan secara rutin, sebab hal ini bertujuan agar usia anggora bisa lebih lama.

Biasanya, kucing anggora bisa hidup sekitar 10 – 18 tahun. Tentunya dengan segala perawatan yang dibutuhkan. Sehingga, dengan cara merawat kucing anggora yang sudah kamu ketahui, kamu pun bisa menjaga keimutan dan kecantikannya untuk menemani kamu dalam waktu yang lama.

Itulah cara merawat kucing anggora yang baik dan benar agar memiliki umur yang panjang. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar