Cara Membuat Kata Pengantar Makalah dan Laporan yang Baik dan Benar

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 17 April 2021 12:00
Cara Membuat Kata Pengantar Makalah dan Laporan yang Baik dan Benar
Beberapa bagian penting yang harus diperhatikan dalam cara membuat kata pengantar pada makalah atau laporan adalah paragraf pembuka, kemudian penjelasan pada bagian isi dan kata penutup yang singkat.

Cara membuat kata pengatar pada makalah ataupun laporan sebenarnya sangat mudah. namun masih belum banyak yang mengetahui detail cara pembuatannya. Soalnya bagian kata pengantar ini sering dianggep sepele hehe.

Ada beberapa bagian penting yang harus diperhatikan dalam cara membuat kata pengantar pada makalah ataupun laporan. Bagian-bagian tersebut adalah paragraf pembuka. Kemudian penjelasan paa bagian isi,  dan kata penutup yang singkat.

Nah, biar lebih jelas beberapa bagian tersebut akan dibahas di bawah ini hehe.

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah dan LaporanCara Membuat Kata Pengantar Makalah dan Laporan © Unsplash.com

Untuk menulis sebuah kata pengantar makalah, ada beberapa bagian yang harus kamu tulis. Tujuannya tidak bukan dan tidak lain adalah supaya kata pengantar untuk makalah tersebut ideal.

1. Paragraf Pembuka

Langkah pertama yang harus dipelajari saat membuat kata pengantar makalah ialah paragraf pembuka. Pada paragraf pembuka ini berisi ucapan syukur penulis atas selesainya membuat sebuah karya ilmiah.

Setelah ucapan syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang yang terlibat dan membantu selama proses penulisan karya tulis tersebut. Untuk urutan penulisan pihak-pihak yang terlibat ini biasanya diurutkan sesuai seberapa besar pihak tersebut terlibat pada penulisan.

2. Berikan Penjelasan Pada Bagian Isi

Selain paragraf pembuka, ada pula bagian terpenting dalam kata pengantar makalah yakni memberikan penjelasan singkat mengenai karya tulismu tersebut. Pada tahap ini biasanya dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis, kemudian alasan penulisan karya tulis, lalu penjelasan mengenai isi atau pembahasan dari karya tulis tersebut.

Meski menjadi langkah terpenting dalam pembuatan kata pengantar untuk makalah, namun kamu juga harus menuliskannya secara singkat, padat dan jelas agar para pembaca bisa mendapatkan pandangan mengenai karya tulis yang kamu buat.
Langkah terakhir dalam pembuatan kata pengantar makalah yaitu menulis bagian penutup dengan singkat, padat dan jelas. Biasanya berisi mengenai harapan penulis atas manfaat dari karya tulis yang telah dibuat.

3. Tulis Penutup dengan Singkat

Langkah terakhir dalam pembuatan kata pengantar makalah yaitu menulis bagian penutup dengan singkat, padat dan jelas. Biasanya berisi mengenai harapan penulis atas manfaat dari karya tulis yang telah dibuat.

Selain itu bagian penutup juga berisi permohonan maaf kepada pembaca kalau nantinya pembaca menemukan kesalahan atau kekeliruan yang dibuat oleh penulis yang berupa kesalahan dalam penulisan gelar, istilah, ataupun nama.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kata Pengantar Laporan yang Baik dan Benar

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah dan LaporanCara Membuat Kata Pengantar Makalah dan Laporan © Unsplash.com

Untuk cara membuat kata pengantar kurang lebih tidak jauh berbeda dengan cara membuat kata pengantar makalah. Namun tetap ada beberapa bagian yang tidak ada di dalam pengantar makalah yang harus dimasukkan di dalam pengantar laporan. Apa saja? Yuk kita simak bareng-bareng.

Unsur-unsur Kata Pengantar Laporan

1. Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Menjelaskan mengenai adanya tugas penulisan laporan/karya ilmiah.

3. Menjelaskan tentang pelaksanaan penulisan laporan/karya ilmiah.

4. Menjelaskan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari pihak-pihak yang berjasa dan dianggap telah membantu dalam proses penulisan laporan/karya ilmiah tersebut. Seperti seseorang, sekelompok, atau organisasi/lembaga.

5. Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu,

6. Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis (tidak perlu ditanda tangani).

7. Harapan penulis atas penulisan laporan/karya ilmiah tersebut kepada masyarakat luas/pembaca.

8. Kesediaan penulis dalam menerima kritik dan saran.

3 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah dan Laporan

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah dan LaporanCara Membuat Kata Pengantar Makalah dan Laporan © Unsplash.com

Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan anugrah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang “ Adab Menghormati Orang Tua” ini. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita semua jalan yang lurus berupa ajaran agama islam yang sempurna dan menjadi anugrah terbesar bagi seluruh alam semesta.

Penulis sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan makalah yang menjadi tugas pendidikan agama dengan judul “ Adab Menghormati Orang Tua”. Disamping itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu selama pembuatan makalan ini berlangsung sehingga dapat terealisasikan dengan baik.

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kami mengharapkan kritik dan saran terhadap makalah ini untuk kedepannya bisa kami perbaiki. Karena kami sadar, makalah yang kami buat ini masih banyak terdapat kekurangannya.

Malang, Maret 2021

Penulis

4 dari 5 halaman

Kata Pengantar Laporan

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas limpahan rahmat, ridha, dan karuniaNya laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dapat diselesaikan tepat waktu. Shalawat serta salam tak lupa kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu menjadi teladan bagi umatnya.

Laporan kegiatan PKL ini merupakan bentuk pertanggungjawaban tertulis atas terlaksananya kegiatan PKL. Durasi kegiatan kurang lebih 9 minggu mulai hari Jumat, 22 September 2019 sampai dengan hari Sabtu, 21 November 2019. Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan tahapan yang harus dijalani mahasiswa program pendidikan sebelum benar-benar menjadi pendidik.

Praktik kegiatan yang dilaksanakan di SMA meliputi kegiatan persekolahan dan kegiatan mengajar di kelas. Kegiatan PKL diharapkan mampu membuat mahasiswa terjun ke dunia pendidikan secara nyata dan memperoleh pengalaman, sehingga jangka panjangnya mampu terjun dalam dunia pendidikan dengan profesional.

Kelancaran kegiatan PKL tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak. Oleh karena itu, kami mengucapkan teruma kasih kepada segenap pihak yang telah membantu:

1. Panitia Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Ilmu Pendidikan.

2. Ibu Sakinah selaku ketua program studi Pendidikan Kimia.

3. Bapak Dr. Mahfud, M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah memberikan bimbingan dan bantuan.

4. Bapak Drs. Ali Gibran, M.M. selaku Kepala SMA Negeri 5 Serang yang telah memberikan kesempatan, kepercayaan, dan fasilitas kepada kami untuk melaksanakan PKL

5. Bapak Drs. H. Kurniawan, S.Pd. selaku koordinator guru persekolahan yang senantiasa membimbing dan memberikan nasihat, bantuan, serta arahan kepada kami

6. Ibu Mutmainah, S.Pd selaku guru pamong yang telah berkenan memberikan kesempatan untuk melaksanakan observasi situasi pembelajaran. Juga praktik mengajar di kelas X, serta meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan dan arahan.

8. Segenap jajaran struktur organisasi SMA Negeri 5 Serang yang telah banyak bekerja sama dengan kami, baik guru dan karyawan.

9. Siswa-siswi SMA Negeri 5 Serang atas dukungan dan kerjasama.

10. Teman-teman prodi Pendidikan Kimia angkatan 2017.

Laporan ini menjelaskan aktivitas PKL yang dilaksanakan praktikan. Selama berada di SMA Negeri 5 Serang. Semoga laporan PKL ini dapat memberikan manfaat berupa inspirasi dan motivasi bagi pembaca. Saya menyadari dalam proses pembuatan laporan masih terdapat banyak kesalahan, oleh karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan laporan kami selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Yogyakarta, November 2021

Arraya Fatimah

5 dari 5 halaman

Jadi itulah contoh cara membuuat kata pengantar makalah dan juga laporan. Tentu saja ini bukan contoh mutlak yang sepenuhnya harus kalian gunakan. Jika kalian mempunyai refrensi lain yang lebih bagus boleh saja untuk mengembangkannya hehe.

Oh iya semoga ini bisa membantu kamu dan bisa bermanfaat juga ya!

Sumber: Merdeka.com dan Liputan6.com

Baca Juga:

 

Beri Komentar