Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Membandel Secara Alami, Dijamin Ampuh dan Aman

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 7 September 2020 09:10
Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Membandel Secara Alami, Dijamin Ampuh dan Aman
Inilah cara menghilangkan kutu kucing yang membandel, dijamin ampuh!

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing merupakan hal yang sangat menyenangkan. Sebab, kamu bisa mengajaknya bermain kesana-kemari dengan tingkahnya yang begitu lucu.

Namun, apa jadinya kalau kucing kesayanganmy ternyata memiliki kutu. Tentu saja hal ini akan membuatmu jengkel dan mencari tahu bagaimana cara menghilangkan kutu kucing dengan ampuh dan cepat.

Untuk itu, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara menghilangkan kutu kucing dengan ampuh yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah

Cara Menghilangkan Kutu Kucing © Diadona

Kucing yang kutuan biasanya ditandai dengan menggigit kulit, menjilat, menggaruk dan tampak gelisah. Kutu pada kucing memiliki nama ilmiah Ctenocephalides felis ini biasanya disebabkan oleh lingkungan yang kotor, kontak dengan kucing lain yang kutuan, atau ketidakmampuan kucing dalam membersihkan dirinya. Maka dari itu penting mengetahui bagaimana cara menghilangkan kutu kucing.

1. Rutin Menyisir

Langkah pertama cara menghilangkan kutu kucing adalah dengan menyisir bulu kucing secara rutin. Namun, pastikan untuk membeli sisir kutu bergigi halus sebagai cara aman dan bebas bahan kimia dalam membersihkan infeksi kutu ringan pada kucing peliharaanmu.

2. Beri Shampo Khusus

Cara menghilangkan kutu kucing yang paling ampuh berikutnya adalah dengan membeirkan shampo khusus pada saat memandikannya. Sampo khusus kucing ini bisa kamu temukan dengan mudah di pet shop atau dokter hewan.

2 dari 4 halaman

3. Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Kutu Kucing © Diadona

Selain bermanfaat untuk perawatan kecantikan pada manusia, namun ternyata minyak zaitun juga dipercaya sebagai langkah menghilangkan kutu kucing secara alami, lho!

Caranya, tempatkan anak kucing kamu di bak mandi atau wastafel lalu tutupi bulu kucing dengan minyak zaitun secara berhati-hati saat menggosok dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas kucing dengan air dan oleskan sampo alami ke bulunya.

4. Pakai Obat Kutu

Seperti halnya manusia, saat kucing kutuan maka mereka pun butuh obat kutu khusus untuk menyembuhkannya. Sehingga, cara menghilangkan kutu kucing dengan obat kutu khusus ini bisa dilakukan di rumah dengan ampuh dan tak perlu dibawa ke dokter hewan.

Salah satu obat kutu kucing yang cukup direkomendasikan banyak orang adalah Fluffy Cat.

5. Olesi Minyak Telon

Punya minyak telon di rumah? Langkah ini juga bisa jadi cara menghilangkan kutu kucing yang ampuh, lho! Untuk penggunaannya, tinggal oleskan langsung minyak telon ke area tubuh kucing yang banyak didiami kutu, tapi jangan sampai kebanyakan ya supaya tidak dijilat kucing!

3 dari 4 halaman

6. Semprot Air Lemon

Cara Menghilangkan Kutu Kucing © Diadona

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami berikutnya adalah dengan memberikan air perasan lemon pada bulu kucing. Caranya, siapkan lemon berukuran sedang yang dipotong jadi empat bagian lalu campurkan ke air mendidih.

Setelah itu, diamkan semalaman lalu keesokan harinya bisa disaring dan bisa digunakan sebagai bahan semprotan untuk menghilangkan kutu kucing.

7. Bilas dengan Air Garam

Masih dengan bahan-bahan rumah tangga, garam untuk penyedap makanan ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan kutu kucing secara alami, lho!

Caranya cukup buat larutan air garam dengan air hangat, lalu gunakan untuk merendam atau membilas kucing dengan air tersebut. Ohya, pastikan jangan sampai air terlalu panas dan terlalu banyak ya, supaya tak membuat kucing tersiksa.

4 dari 4 halaman

8. Cuka Apel

Cara Menghilangkan Kutu Kucing © Diadona

Salah satu solusi cara menghilangkan kutu kucing dengan ampuh ialah memberikan cuka apel pada bulu kucing. Untuk membuat ramuan semprotan ini, kamu bisa mencampur kedua bahan dengan komposisi 2:1 agar hasilnya optimal.

9. Jus Lidah Buaya

Mungkin selama ini kamu beranggapan bahwa jus lidah buaya hanya bisa dirasakan oleh manusia. Namun, siapa sangka kalau ternyata banyak orang sudah membuktikan jus lidah buaya bisa membantu menghilangkan kutu kucing yang alami dan manjur, lho!

Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni lidah buaya dijadikan jus dengan sedikit campuran cabe rawit lalu saring dan airnya dimasukkan ke dalam botol. Air saringan jus lidah buaya tersebut kemudian dijadikan sebagai semprotan pembasmi kutu kucing.

Itulah cara menghilangkan kutu kucing secara alami yang dijamin manjur dan aman. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar