Cara Merawat Hamster dengan Baik dan Benar, Agar Tumbuh Sehat Serta Tidak Cepat Mati

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 31 Agustus 2020 08:50
Cara Merawat Hamster dengan Baik dan Benar, Agar Tumbuh Sehat Serta Tidak Cepat Mati
Inilah cara merawat hamster yang harus diperhatikan bagi pemula.

Seperti yang diketahui, hamster merupakan hewan pengerat yang banyak digemari oleh pecinta bintang. Biasanya alasan kebanyakan orang-orang merawat binatang ini ialah karena bentuknya yang imut, lucu, serta menggemaskan.

Namun sayangnya tidak sedikit diantara kalian yang paham bagaimana cara merawat hamster dengan baik. Sehingga, kamu pun hanya asal-asalan merawatnya tanpa mengedukasi diri terlebih dahulu sebelum membelinya.

Nah, kalau kamu ingin memelihara hewan yang satu ini, alangkah baiknya mempelajari cara merawat hamster, yang telah kami sajikan dalam ulasan berikut ini. Yuk, ikuti tipsnya.

1 dari 3 halaman

Cara Merawat Bayi Hamster

Cara Merawat HamsterCara Merawat Hamster © unsplash.com/@bonniekdesign

Pada umumnya, cara merawat bayi hamster memerlukan kesabaran dan perlu kehati-hatian penuih. Sebab, kalau kamu salah sedikit dalam merawat hewan satu ini maka risiko mati akan lebih cepat.

Untuk itu, berikut cara merawat anak bayi hamster yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

1. Buat Ibu Hamster Merasa Nyaman

Langkah pertama cara merawat bayi hamster ialah kamu bisa meletakkan potongan kertas tisu di dalam kandang sehingga ada bahan lembut dan bersih untuk sarang. Selain itu, jangan sering mengeluarkan ibu hamster keluar dari kandang karena akan menyebabkan setres.

Pasalnya, idealnya cara merawat hamster ini perlu dilakukan saat kamu menyadari bahwa hamster hamil, namun tidak masalah kalau kamu tidak mengetahui kehamilannya.

2. Jangan Membuat Suara Keras

Cara merawat hamster yang baru saja melahirkan dan bayi-bayinya ialah jangan membuat suara keras yang berada di dekat kandangnya. Sebab, suara-suara keras bisa membuatnya panik, yang bisa menyebabkan dia membunuh dan memakan bayi-bayinya sendiri.

3. Jangan Bersihkan Kandang Sesaat Setelah Melahirkan

Kandang hamster seharusnya dibersihkan setidaknya sekali seminggu, namun setelah hamster memiliki bayi, membersihkan kandang sangat tidak disarankan.

Sehingga, sebaiknya jangan bersihkan kandang selama 14 hari setelah kelahiran hamster sebagai langka cara merawat hamster setelah melahirkan.

2 dari 3 halaman

Cara Merawat Hamster dengan Baik

Cara Merawat HamsterCara Merawat Hamster © unsplash.com/@itworkonline

Pada dasarnya, hamster merupakan salah satu binatang dengan umur yang pendek. Bahkan, kebanyakan hamster hidup 4 sampai 8 tahun saja.

Tapi, kenyataannya kamu bisa kok memperpanjang hidup mereka kalau kamu mengerti bagaimana cara merawat hamster dengan baik dan benar. Untuk itu, langsung saja simak tipsnya berikut ini.

1. Pilih Kandang yang Tepat

Cara merawat hamster dengan baik dan benar bagi pemula yang pertama ialah pastikan kamu memiliki kandang hamster yang sesuai dengan ukurannya. Untuk itu, pilihlah kandang hamster yang berukuran 0.23 meter persegi atau 61 x 38 sentimeter.

2. Berikan Camilan

Langkah cara merawat hamster dengan baik dan benar berikutnya adalah jangan lupa untuk untuk rutin memberikan camilan pada hamster peliharaanmu. Sebab, selain makanan pokok, hamster juga perlu diberi makanan tambahan berupa camilan sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu secara teratur.

Adapun camilan yang direkomendasikan untuk makanan hamster ialah wortel, pisang, mentimun, selada, daun kubis, paprika, seledri, dan beberapa jenis sayuran serta buah-buahan lainnya.

3 dari 3 halaman

Cara Merawat HamsterCara Merawat Hamster © pexels.com/@ellie-burgin-1661546

3. Beri Waktu Menjelajah

Selain memberikan camilan, cara merawat hamster yang selanjutnya adalah dengan memberikan kesempatan kepada hamster peliharaanmu untuk menjelajah kandang atau tempat barunya dengan sejenak.

4. Dekati Secara Bertahap

Cara merawat hamster yang terakhir ialah dengan mendekatinya secara bertahap. Artinya, setelah hamster diberi waktu supaya merasa familiar dengan kondisi lingkungannya, maka kamu bisa mulai mendekatinya dengan perlahan-lahan.

Biasanya, waktu yang dibutuhkan hmaster supaya familiar dengan kandangnya adalah 3 hari.

Itulah cara merawat hamster dengan baik dan benar supaya tidak cepat mati. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar