Bukan soal Kewajiban, Ini 6 Manfaat Memberi Kabar pada Pasangan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 19 Februari 2024 14:00
Bukan soal Kewajiban, Ini 6 Manfaat Memberi Kabar pada Pasangan
Darius Sinathrya ungkap makna mendalam di balik berbagi kabar. Seberapa penting untuk menjaga hubungan?

Darius Sinathrya dan Donna Agnesia bisa dibilang merupakan pasangan selebriti yang jauh dari berita negatif. Pernikahan yang sudah dijalani kira-kira 1t tahun tersebut, terlihat selalu harmonis dan adem ayem.

Namun siapa sangka, keduanya pun sempat mengalami berbagai tantangan dan rintangan. Terlihat sepele, Darius dan Donna ternyata sempat mengalami masalah pelik soal komunikasi.

Melalui akun instagramnya Darius bercerita bahwa tahun-tahun awal hubungannya disertai banyak kesalahpahaman. Donna merupakan tipikal orang yang selalu meminta untuk diberi kabar, sedangkan Darius hanya akan memberi kabar jika memang diperlukan.

Bagi Donna, memberi kabar adalah sesuatu yang harus jadi kebiasaan. Namun di sisi lain, Darius justru tak mau hal ini jadi rutinitas yang terpaksa. Perbedaan persepsi ini membuat Donna sering jadi sebal dan Darius merasa nggak dipercaya.

1 dari 5 halaman

Potret Mesra Darius Sinathrya dan Donna Agnesia yang Masih Kayak Pacaran © Diadona

Berulang kali hal ini terjadi dan membuat mereka berdiam dalam waktu yang lama. Namun pada akhirnya, mereka bisa sama-sama memahami dan menemukan titik tengah yang nyaman untuk mereka berdua.

" Ngasih kabar ternyata bukan sekedar 'harus/wajib' tapi maknanya lebih dari itu. Selain bikin pasangan tau dan terinformasikan dengan baik, ngasih kabar juga bisa jadi makna tersirat bahwa kita care dengan pasangan, menunjukan perasaan kita dengan menjalin komunikasi berupa kabar,"  tulis Darius dalam unggahannya.

Menanyakan kabar atau minta dikabari juga nggak selalu menunjukkan sikap posesif kok, asalkan dilakukan seperlunya dan nggak berlebihan ya. Hal ini merupakan suatu kewajaran, supaya nggak timbul rasa khawatir.

" Dalam hubungan kami, ngasih kabar adalah salah satu bagian penting membangun komunikasi aktif, membangun kepercayaan klo kami saling care dan mau berbuat lebih supaya bisa lebih nyaman dan saling mengerti,"  pungkasnya.

2 dari 5 halaman

Manfaat Memberi Kabar pada Pasangan © Diadona

Manfaat Memberi Kabar pada Pasangan

Memberi kabar itu bisa dibilang penting banget loh, Diazens. Memberi kabar pada pasangan memiliki beberapa manfaat penting dalam menjaga hubungan agar tetap sehat dan harmonis. Berikut adalah uraian selengkapnya.

1. Meningkatkan Keterbukaan dan Kepercayaan

Memberi kabar secara teratur pada pasangan bisa meningkatkan keterbukaan dalam hubungan, membantu membangun kepercayaan satu sama lain, sekaligus menunjukkan bahwa kamu bisa diandalkan dan transparan dalam komunikasi.

Memberi kabar itu penting karena bisa membantu menciptakan lingkungan di mana kalian bisa berbagi perasaan, pemikiran, dan kekhawatiran tanpa takut dihakimi atau diabaikan.

2. Membangun Koneksi Emosional

Berbagi kabar dengan pasangan memungkinkan kalian untuk terhubung secara emosional sekaligus memperkuat ikatan emosional di antara kalian berdua.

Saat kamu berbagi pengalaman, perasaan, dan peristiwa tentang apa yang kamu alami, hal ini membantu kalian merasa lebih dekat dan terhubung satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari.

 

3 dari 5 halaman

MAnfaat Memberi Kabar kepada Pasangan © Diadona

3. Mengurangi Kecemasan dan Ketidakpastian

Ketika kamu memberi kabar pada pasangan secara teratur, kamu secara tidak langsung ikut membantu mengurangi ketidakpastian tentang keberadaan, perasaan, dan kebutuhan satu sama lain.

Pasangan akan merasa lebih aman dan tahu apa yang terjadi dalam kehidupan satu sama lain, sehingga meminimalisir kekhawatiran yang tidak perlu. Memberi kabar itu sepele tapi penting, karena bisa membantu membangun kepercayaan dan stabilitas dalam hubungan.

4. Meningkatkan Kepuasan dalam Hubungan

Menurut penelitian, komunikasi yang efektif merupakan salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap kepuasan dalam hubungan. Memberi kabar secara teratur bisa membantu mendorong komunikasi yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan dalam hubungan.

Pasalnya, kedua belah pihak akan merasa lebih didengar, dipahami, dan dihargai.

4 dari 5 halaman

Manfaat Memberi Kabar kepada Pasangan © Diadona

5. Membantu Mengatasi Konflik

Ketika kamu terbiasa memberi kabar pada pasangan, lebih mudah untuk mengatasi konflik atau masalah dalam hubungan. Memberi kabar itu penting, karena komunikasi yang terbuka akan memungkinkan kalian untuk menyelesaikan perbedaan pendapat atau kesalahpahaman dengan cara yang sehat.

6. Membantu dalam Pengambilan Keputusan Bersama

Dengan memberi kabar secara teratur, kamu dan pasangan bisa terlibat dalam proses pengambilan keputusan bersama. Ini penting untuk menghargai pendapat dan kebutuhan masing-masing dalam hubungan.

5 dari 5 halaman

Memberi kabar pada pasangan secara teratur merupakan praktik yang penting dalam menjaga hubungan agar sehat dan bahagia. Komunikasi yang terbuka dan teratur, keterbukaan diri, dan saling mendukung akan membantu meningkatkan kepuasan dalam hubungan.

Beri Komentar