Cara Membuat Aquascape Murah untuk Pemula, Ada Air Terjunnya Juga Loh!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 7 September 2020 16:29
Cara Membuat Aquascape Murah untuk Pemula, Ada Air Terjunnya Juga Loh!
Biar rumahmu terlihat makin cantik, cobain cara membuat aquascape murah ini guys.

Belakangan ini, cara membuat aquascape yang menjadi penghias ruangan di gandrungi banyak orang. Aquascape sendiri merupakan seni mendekorasi pemandangan dalam akuarium ikan. Secara umum, aquascape adalah membuat kebun di dalam akuarium.

Tapi yang bikin unik, aquascape ini butuh kesebaran dan ketelatenan untuk menghias akuarium. Jadi kebun dalam akuarium itu diisi dengan tanaman air, kayu, batu dan ikan. Tapi nggak asal-asalan ya. Gimana caranya semua komponen itu alami tanpa bantuan dan ekosistemnya bisa benaran hidup seperti di alam.

Itu kenapa, hasil dari cara membuat aquascape ini nantinya akan indah dengan tumbuhan hidup dan ikan-ikan kecil di dalam kaca. Kalau nggak mau merusak biota laut, kamu bisa cobain cara membuat aquascape dari air tawar juga loh!

Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber cara membuat aquascape yang murah untuk pemula.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Aquascape Murah untuk pemula

Cara Membuat AquascapeCara Membuat Aquascape © YouTube/ Maulana Tea


Sebelum memulai cara membuat aquascape murah untuk pemula, sebaiknya kamu siapkan dulu beberapa bahan yang diperlukan ya. Ada aquarium, filter, lampu, pupuk dasar atau pupuk cair, tanaman, pasir silica, ikan, CO2 dan bebatuan.

1. Pertama, tentukan dulu ukuran aquariumscape yang akan kamu buat. Kemudian, taburkan pasir halus di bagian dasarnya dengan ketinggian 2-3 cm.

2. Tambahkan karbon aktif fi bagian tengahnya agar bisa menyerap zat berbahaya yang ada di air saat membuat aquascape. Jadi buat pasirnya menjorok di bagian tengah gitu ya guys dan agak tinggi di sampingnya.

3. Setelah pasir tertata, cara membuat aquascape selanjutnya adalah dengan memasukkan pupuk di atas basir pada bagian lekukan. Jadi, nantinya pupuk nggak akan kelihatan kalau dilihat dari samping.

2 dari 4 halaman

4. Setelah memasukkan pupuk, tutup kembali bagian lekukan dengan pasir silica. Oh iya, pemberian pupuk ini hanya digunakan untuk jenis tanaman yang berakar ya. Tapi kalau kamu pakai tanaman air yang menyerap nutrisi dari duan, sebaiknya nggak usah pakai pupuk.

5. Langkah selanjutnya cara membuat aquascape adalah membuat hardscape, yaitu menambahkan hiasan berupa bebatuan dan kayu agar tampilan lebih menarik.

6. Ingat ya guys, penataan hardscape ini nggak boleh sembarangan loh! Kalau pengen membuat efek kedalaman, buat pasir di bagian belakang lebih tinggi daripada yang di depan.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat AquascapeCara Membuat Aquascape © blog.ijugaad

7. Lalu, kamu masukkan tanaman ke dalam aquarium dan disusul dengan mengisi air. Ada tips dalam membuat aquascape untuk pemula nih!

Masukkan air seperempat bagian aquarium terlebih dulu secara perlahan agar tidak merusak dekorasi pasir dan pupuk.

8. Cara membuat aquascape untuk pemula ini bisa kamu lanjutkan dengan memasang peralatan, mulai dari outlet filter, diffuser CO2, pemasangan lampu dan lain sebagainya.

9. Jika semua sudah siap, tahan dulu untuk memasukkan ikan dan hewan air lainnya ya. Takutnya, nanti malah mati karena ada kandungan amonia yang tinggi dalam air.

10. Tunggu selama kurang lebih 2 mingguan, agar kandungan amonia hilang. Setelah itu, baru kamu bisa masukkan ikan ke dalam aquascape buatanmu.

4 dari 4 halaman

Nah kalau buat kamu yang ingin tahu bagaimana membuat aquascape air tawar, pastikan nggak memasukkan tangan kotor ke dalam aquarium, nggak perlu menambah oksigen dan letakkan di tempat yang sejuk.

Selain itu, juga perhatikan untuk nggak menguras sampai kering juga ya. Oh iya, jangan lupa buat rajin memberi pupuk ya sebagai salah satu langkah cara membuat aquascape yang indah.

Selamat mencoba guys!

Beri Komentar