Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas yang Mudah dan Simple untuk Hiasan Rumah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 11 September 2020 08:37
Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas yang Mudah dan Simple untuk Hiasan Rumah
Inilah cara membuat pot bunga dari botol bekas, selalu kreatif di rumah.

Ditengah pandemi Covid-19 saat ini, menanam bunga memang menjadi aktivitas yang cukup menyenangkan. Selain menenangkan dan merelaksasikan, menanam bunga juga semakin asyik apabila ditambah dengan mempraktikan cara membuat pot bunga dari botol bekas.

Selain bisa mengurangi limbah botol plastik, cara membuat pot bunga dari botol bekas juga bisa membuatmu lebih hemat dalam pengeluaran untuk desain rumah yang menyesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, kalau kamu ingin mencoba cara membuat pot bunga dari botol bekas, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas yang Digantung

Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas © Diadona

Ingin membuat desain rumah dengan tema “ go green” dan hanya memiliki lahan sempit? Tenang saja, cara membuat pot bunga dari botol bekas yang digantung bisa bisa dijadikan solusinya sebab cara ini bisa jadikan lahan sempit tetap terlihat lebih menarik dan unik.

Bahkan saat ini pun sudah banyak sekali yang menjual pot bunga gantung. Namun, alangkah baiknya kalau kamu membuatnya sendiri disaat mengisi waktu luang serta bisa mengedukasi anak yang ikut untuk mempraktikkannya. Untuk itu, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pot Bunga Vertikal Warna Gantung

Buat kamu yang suka dengan pot bunga yang berwarna-warni, kali ini kamu bisa mempraktikkan cara membuat pot bunga dari botol bekas yang digantung vertikal dengan berbagai warna, lho!

Alat dan Bahan:

- Tali
- Tanah
- Pupuk
- Gunting
- Tanaman
- Cat warna
- Botol bekas
- Paku dan palu

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas yang Digantung Vertikal:

Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas © Diadona

1. Langkah pertama, potonglah bagian tengah botol dan sesuaikan dengan ukuran yang kamu butuhkan untuk menanam. Setelah itu, siapkan tanah yang sudah dicampuri dengan pupuk kompos dan tanah gembur.

2. Kemudian, lepaskan plastik yang masih menempel pada botol plastik lalu bersihkan dan beri cat warna yang sudah disediakan.

3. Langkah ketiga cara membuat pot bunga dari botol bekas yang digantung vertikal adalah diamkan cat hingga mengering, lalu masukkan campuran pupuk kompos dan tanah gembur yang sudah disiapkan ke dalam botol.

4. Selanjutnya, tambahkan tanaman ke dalam pot bunga botol yang sudah disiapkan beserta tanahnya. Jangan lupa pasang tali pada bagian ujung botol untuk digantung, ya.

5. Langakah terakhir cara membuat pot bunga dari botol bekas yang digantung vertikal ialah buat gantungan di tembok lalu gantung botol yang sudah dibuat dan berisi tanaman di tembok secara vertikal. Selesai.

3 dari 4 halaman

2. Pot Bunga Polkadot

Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas © Diadona

Selain pot bunga warna-warni, kamu juga bisa mencoba mempraktikan cara membuat pot bunga dari botol bekas dengan motif polkadot sebagai opsi yang kedua.

Namun sebelum membuatnya, siapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti tali, spidol, cat, benang pancing, paku, gunting atau cutter, serta botol plastik bekas.

Setelah semua bahan dan alat telah disiapkan, berikut cara membuat pot bunga dari botol plastik dengan motif polkadot.

1. Pertama, siapkan 1 botol bekas yang sudah dipotong pada bagian tengah dan sampingnya. Lalu, buat lubang di sekitar potongan botol plastik itu dengan menggunakan paku.

2. Buat juga lubang pada bagian samping kanan dan kiri secara seimbang dan pastikan lubangnya cukup untuk dimasuki tali. Kemudian beri cat dengan banyak titik-titik besar hingga seperti polkadot.

3. Langakah berikutnya cara membuat pot bunga dari botol plastik ialah pasang tali pada setiap lubang untuk digantung. Ohya, pastikan catnya sudah kering sebelum memasang tali, ya.

4. Kalau sudah, isi pot dengan tanah gembur dan pupuk kompos yang sudah dicampur kemudian tambahkan tanaman dan pasang pada paku tembok yang sudah disiapkan sebagai langkah terakhir cara membuat pot bunga dari botol bekas.

4 dari 4 halaman

3. Pot Bunga Kaleng Susu

Cara Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas © Diadona

Kamu punya botol kaleng susu yang tidak terpakai dirumah? Eits, jangan keburu di buang ya. Sebab, kamu bisa memanfaatknya untuk dijadikan sebagai pot bunga yang unik dan cantik. Lalu, bagaimana cara membuat pot bunga dari botol bekas kaleng susu? Langsung saja simak rangkaiannya berikut ini.

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

- Tali
- Paku
- Kuas
- Cat warna-warni
- Kaleng susu bekas

Cara membuatnya:

1. Langkah pertama cara membuat pot bunga dari botol bekas kaleng susu adalah bersihkan kaleng tersebut hingga bersih, lalu lubangi bagian bawah kaleng menggunakan paku sebagai tempat pembuangan kelebihan air saat tanaman kamu disiram.

2. Selanjutnya, lubangi juga bagian samping kanan dan kiri untuk wadah tali supaya bisa digantung. Jangan lupa beri car dengan warna favoritmu menggunakan kuas.

3. Kalau sudah, tunggu cat pot kaleng susu kering lalu pasang tali untuk menggantung tanaman yang sudah kamu siapkan.

4. Jangan lupa tambahkan tanah gembur dan pupuk kompos yang sudah dicampur sebagai langakah terakhir cara membuat pot bunga dari botol bekas kaleng susu.

5. Taraaa! pot bunga buatanmu siap digantung di pekarangan rumah. Gampang, kan?

Itulah cara membuat pot bunga dari botol bekas yang unik dan simple untuk menghiasi halaman rumahmu yang sempit. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar