Berbasis Espresso, Ini Macam-Macam Jenis Kopi yang Cocok Menemani Momen Santai di Rumah

Reporter : Zaki
Sabtu, 17 Oktober 2020 16:31
Berbasis Espresso, Ini Macam-Macam Jenis Kopi yang Cocok Menemani Momen Santai di Rumah
Apa aja jenis macam-macam jenis kopi?

Punya coffee maker hasil shopping online dadakan? Tak perlu menyesali keputusan dadakan saat mengeluarkan dana besar untuk memiliki mesin kopi ala kafe di rumah. Ada macam-macam jenis kopi berbasis espresso yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Selain cocok buat dinikmati di pagi hari sebagai teman sarapan, kapan pun mau menikmati minuman favorit pun bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Yuk, intip variasi minuman berkafein ini!

1 dari 10 halaman

Espresso

© shutterstock

Espresso adalah awal macam-macam jenis kopi favoritmu dibuat. Tanpanya, nggak ada minuman lain dalam daftar ini yang bisa dibuat. Espresso dibuat dengan menambahkan air panas bertekanan pada suhu sekitar 88-93° C melalui gilingan halus biji kopi. Hasilnya, kopi yang kental, kaya dan intens dengan buih berwarna keemasan di atasnya.

Membuat espresso pun butuh keahlian tersendiri karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk tekstur biji kopi, jumlah kopi, waktu, suhu dan tekanan. Walau tak punya kemampuan barista, kamu tetap bisa meraciknya di rumah dengan bantuan coffee maker dan tentunya sedikit latihan.

2 dari 10 halaman

Americano

© shutterstock

Konon, Americano diciptakan selama Perang Dunia II ketika tentara Amerika dikirim untuk berperang di Eropa. Ketika berada di Italia dan memesan kopi, mereka nggak menginginkan espresso sehingga barista lokal menambahkan air panas untuk mengurangi rasa kopi yang intens.

Dikenal juga dengan long black, membuat Americano hanya perlu menambahkan air panas ke single atau double shot espresso. Umumnya, dibuat dengan rasio espresso dan air 2: 1, bisa juga menyajikan Americano dalam keadaan dingin yang nikmat diseruput saat cuaca lagi panas-panasnya.

3 dari 10 halaman

Cappucino

© shutterstock

Ini dia salah satu dari macam-macam jenis kopi berbasis espresso yang jadi favorit. Berasal dari Italia, cappuccino biasanya dinikmati saat sarapan. Nggak heran kalau warga di negeri kelahirannya itu bakal memandang aneh orang-orang yang memesannya setelah pukul 11 siang.

Cappucino dibuat dengan memasukkan single atau double shot espresso ke dalam cangkir. Barista café biasanya akan menggunakan tongkat uap pada mesin espresso untuk memanaskan susu yang akan menghasilkan buih tebal. Rasio antara espresso dan susu dengan buih harus 1:1:1 untuk menghasilkan racikan kopi yang nikmat. Penyajiannya pun makin paripurna dengan pola rumit di atas buih yang dikenal sebagai latte art.

4 dari 10 halaman

Latte

© shutterstock

Selain cappuccino, latte juga menjadi satu dari macam-macam jenis kopi paling populer di seluruh dunia. Caffè latte dalam bahasa Italia berarti kopi susu. Tapi jika memesan latte di sebuah bar di Italia, kamu mungkin akan disuguhi segelas susu panas.

Tak sedikit yang dibuat bingung dengan perbedaan cappuccino dan latte karena dibuat dengan cara yang lumayan mirip. Sama-sama dibuat dengan menambahkan susu yang berbuih ke dalam espresso, bedanya ada pada rasionya.

Dalam membuat latte, ada lebih banyak susu dibandingkan dengan espresso, dan lapisan busa di atasnya jauh lebih tipis dibandingkan dengan cappucino. Latte sering disajikan dalam gelas tinggi dan dihias dengan latte art yang seringkali bikin penikmatnya sayang untuk meminumnya.

5 dari 10 halaman

Flat White

© shutterstock

Di antara macam-macam jenis kopi, flat white ini ngetop di Australia dan Selandia Baru. Kalau kamu masih kesulitan memahami perbedaan antara cappuccino dan latte, flat white hanya akan semakin membuatmu bingung. Beberapa menganggapnya sebagai campuran keduanya, padahal minuman yang jadi favorit di kalangan para hipster ini merupakan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Seperti cappucino dan latte, flat white dibuat dengan menambahkan susu ke dalam minuman espresso. Bedanya, seluruh volume susu yang dituangkan ke dalam espresso akan tercampur sempurna dengan kopi, tanpa meninggalkan lapisan busa di atasnya. Biasanya, flat white dibuat dengan double shot espresso dan volume susu yang lebih rendah daripada latte atau cappuccino, sehingga akan memberikan rasa kopi yang lebih nendang.

6 dari 10 halaman

Mocha

© shutterstock

Salah satu dari macam-macam jenis kopi ini bisa jadi minuman tepat untuk memanjakan diri sendiri. Bahkan, moka dianggap jadi favorit mereka yang nggak terlalu suka kopi. Umumnya, moka nggak lebih dari cokelat panas dengan segelas espresso yang dicampurkan ke dalamnya.

Namun, sebagian besar kedai kopi akan memberimu racikan yang jauh lebih rumit seperti latte dengan cokelat di dalamnya dan mungkin krim di atasnya. Cokelatnya sendiri bisa dalam bentuk bubuk cokelat atau cokelat leleh asli. Cokelat yang digunakan biasanya milk chocolate dengan rasa cenderung manis dan milky, tapi ada juga yang lebih menyukai dark chocolate untuk rasa yang lebih rich.

7 dari 10 halaman

Macchiato

© shutterstock

Macchiato dalam bahasa Italia berarti ditandai atau bernoda. Istilah ini merujuk salah satu macam-macam jenis kopi yang diracik dari espresso dengan sedikit susu. Punya nama keren, cara membuatnya ternyata cukup sederhana yaitu dengan menambahkan sedikit susu berbuih ke secangkir single espresso. Punya cita rasa yang cenderung lembut racikan kopi ini populer di Prancis dan dikenal dengan sebutan noisettes.

8 dari 10 halaman

Cafe Romano

© shutterstock

Selain menambahkan susu atau cokelat, ada macam-macam jenis kopi unik yang dibuat dari espresso. Seperti café romano berupa single espresso yang disajikan dengan irisan lemon. Asam dari lemon dipercaya mampu menambahkan rasa manis alami yang lembut dan mengurangi rasa pahit alami pada espresso. Cara menikmatinya pun ada beberapa trik, mulai dari memerasnya langsung ke dalam cangkir atau oleskan lemon di sekitar tepi cangkir espresso.

Selain café romano, ada juga café Guillermo yang mengganti irisan jeruk lemon dengan jeruk nipis. Bedanya ada pada sensasi sedikit pahit dan biasa dinikmati dingin yang cocok dinikmati saat cuaca benar-benar panas.

9 dari 10 halaman

Cortado

© shutterstock

Bukan hanya dari Italia, salah satu dari macam-macam jenis kopi ini berasal dari kata Spanyol yang menggambarkan cara populer menikmati espresso dengan susu dalam jumlah yang sama. Umumnya, cortado disajikan dalam gelas kecil tanpa busa di atasnya. Dikenal juga sebagai Gibraltar atau lebih populer dengan sebutan Piccolo, minuman ini mencampurkan espresso dan susu hangat dengan rasio 2:1. Hasilnya, racikan kopi yang cukup kental namun dengan cita rasa halus dan nggak terlalu pahit.

10 dari 10 halaman

Affogato

© shutterstock

Buat coffee lover, tentunya sudah nggak asing dengan dessert yang satu ini. Melengkapi macam-macam jenis kopi yang populer di kedai-kedai kopi kekinian, affogato dibuat dengan menambahkan single shot espresso ke atas es krim atau gelato. Kombinasi cita rasa manis dan aroma vanilla dari es krim dan pahit yang bikin mata melek bakal jadi favorit di tengah momen bersantai di rumah.

Dari macam-macam jenis kopi berbasis espresso, mana yang jadi favoritmu di rumah? (eth)

Beri Komentar