Akibat Doyan Banget Pakai Earphone, Telinga Bocah 10 Tahun Ini Ditumbuhi Jamur Hitam

Reporter : Yoyok
Minggu, 17 Mei 2020 19:51
Akibat Doyan Banget Pakai Earphone, Telinga Bocah 10 Tahun Ini Ditumbuhi Jamur Hitam
Kejadian ini terjadi di Cina

Media di Cina sedang dihebohkan sebuah pemberitaan yang aneh. Telinga seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun diduga tumbuh jamur hitam karena keseringan menggunakan earphone.

Dikutip dari Odditycentral, sebuah Rumah Sakit Wanita dan Anak-anak Shunyi di Kota Beijing baru-baru ini melaporkan sebuah kasus yang tidak biasa. Ada seorang bocah laki-laki yang mengeluh sakit di telinganya.

Setelah diperiksa, dokter pun terkejut dengan apa yang ditemukannya. Setelah diperiksa, bocah tersebut didiagnosis menderita mikosis saluran telinga, atau yang dalam bahasa sederhananya berarti tumbuh jamur di saluran telinga.

1 dari 4 halaman

Penyebab Tumbuhnya Jamur

Fakor tumbuhnya jamur di dalam telinga bocah ini dikarenakan ia terlalu sering menggunakan earphone. Earphone tersebut ternyata mengakibatkan tersumbatnya saluran telinga dan membuatnya menjadi lembap. Kelembaban memungkinkan tumbuhnya jamur di dalam telinga.

Jamur HItam Dalam Telinga © Diadona

Dr. Wu Yuhua dari RS Wanita dan Anak Shunyi mengatakan earphone menyebabkan telinga menjadi lembab serta shunya juga ikut naik. Hal inilah yang menyebabkan jamur dapat berkembang di dalam telinga.

2 dari 4 halaman

Kondisi Terkini Bocah Tersebut

Kini bocah tersebut sedang menjalani perawatan intensif dan seharusnya dapat sembuh sepenuhnya dalam hitungan minggu. Mungkin jika tidak diobati, jamur tersebut dpat merusak indra pendengaran bocah tersebut.

3 dari 4 halaman

Bahaya Terlalu Sering Pakai Earphone

Ilustrasi Earphone © Diadona

Selain dapat membuat berkembangnya jamur, banayk lho akibat dari terlalu lama menggunakan earphone. Contohnya seperti menyebabkan infeksi, mengurangi fungsi pendengaran, hingga kerusakan permanen pada telinga.

Tidak hanya fungsi pendengaran, terlalu lama menggunakan earphone juga dapat merusak otak. Musik atau suara yang dikeluaran oleh earphone ke telinga merupakan hantaran elektromagnetik dan gelombang elektromagnetik. Semakin sering digunakan, hantaran dan gelombang elektromagnetik tersebut dapat merusak otak.

Beri Komentar