7 Manfaat Pohon Kelapa bagi Manusia, Mulai dari Akar hingga Buahnya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 31 Maret 2021 12:45
7 Manfaat Pohon Kelapa bagi Manusia, Mulai dari Akar hingga Buahnya
Kira-kira apa saja ya manfaat pohon kelapa bagi manusia selain mencegah banjir? Yuk, cari tahu manfaatnya berikut ini.

Semua orang tentu sudah tidak asing dengan jenis tanaman yang satu ini. Yaps, pohon sejenis palem dengan nama ilmiah Cocos nucifera ini biasa ditemui  di hampir semua pantai tropis di seluruh dunia.

Bicara soal pohon kelapa, mungkin banyak orang mengira kalau buah kelapa saja yang bermanfaat bagi manusia. Padahal manfaat pohon kelapa bagi kehidupan manusia cukup banyak, mulai dari bagian akar hingga bagian bunga kelapa pun bisa dimanfaatkan.

Lantas, apa saja manfaat pohon kelapa untuk kehidupan manusia? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Apa Manfaat Pohon Kelapa?

Manfaat Pohon Kelapa © Diadona

Seperti diketahui, kelapa dikenal dengan kesegaran air dan daging kelapanya. Apalagi kalau disantap saat panas matahari menyengat. Namun, tak sedikit dari kalian yang masih bertanya-tanya apa manfaat pohon kepala untuk kehidupan manusia. Nah, biar gak makin penasaran, yuk, baca terus informasinya di bawah ini.

1. Air Kelapa yang Menyehatkan

Kalau sebelumnya meminum air kelapa hanya karena alasan rasa yang segar dan enak, kini kamu perlu tahu jika minuman itu memiliki manfaat untuk kesehatan. Yaps, manfaat pohon kelapa terutama pada air kelapanya dipercaya mampu menetralisir racun dan menghidrasi tubuh.

2. Minyaknya Bisa Menyehatkan Rambut

Bukan hanya itu, manfaat pohon kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk memasak, kesehatan, kecantikan hingga perawatan tubuh. Ternyata, khasiat ini berasal dari minyak kelapa, di mana dalam satu sendok makan minyak kelapa mengandung 120 kalori, 14 gram lemak, 0 gram protein serta 0 miligram kolesterol.

Sehingga, apabila digunakan rutin, minyak kelapa tersebut dapat membuat rambut lembut serta ternutrisi. Selain itu, minyak kelapa saat ini banyak dipakai untuk perawatan luka bakar, melembapkan kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari, lho.

2 dari 3 halaman

3. Daging Buahnya Kaya Nutrisi dan Serat

Ilustrasi Es Kelapa Muda © Diadona

Ngomongin soal manfaat pohon kelapa, pikiran kita pasti langsung tertuju dengan daging buahnya yang putih, tebal serta manis. Melansir dari laman Health Line, bahwa di dalam satu cangkir (80 gram) daging kelapa segar, memiliki total 283 kalori, 7 gram serat, 27 gram lemak, 3 gram protein, 10 gram karbohidrat, 5 gram gula, dan mencukupi 60 persen kebutuhan zat mangan harian, lho.

Menariknya lagi, serat dalam daging buah kelapa pun dapat menyehatkan usus serta melancarkan sistem pencernaan. Sehingga, mengkonsumsi daging buah kelapa secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Kulitnya Bisa Dipakai Sebagai Wadah Makanan dan Kerajinan Tangan

Selain air dan minyaknya yang bermanfaat untuk manusia, manfaat pohon kelapa terutama pada kulit atau batok kelapa juga bisa digunakan untuk banyak keperluan, seperti jadi tempat makan, kerajinan tangan hingga aksesori.

Bahkan, kalau batok kelapa tersebut dibentuk dengan baik, hal ini bisa menjadi komoditas bernilai jual tinggi lho, guys.

Ohiya, arang dari pembakaran batok kelapa pun tak kalah bermanfaat. Sebab, arang kelapa dapat menghasilkan karbon aktif dan dipakai sebagai bahan pembuatan obat-obatan, sabun serta pasta gigi.

3 dari 3 halaman

5. Kayunya Digunakan Sebagai Bahan Bangunan

Ilustrasi Perabotan Rumah Tangga © Diadona

Menurut laman Wall Street International Magazine (Wismag), manfaat pohon kelapa bagi manusia yang nggak kalah menarik yaitu digunakan sebagai konstruksi rumah. Hal ini disebabkan, kayu pada pohon kelapa termasuk kayu keras (hard wood) yang memiliki kepadatan tinggi.

Kekerasannya pun bervariasi antara 600-900 kg/m³. Sehingga, kayu ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti ubin lantai, pagar, kusen pintu, pilar bangunan, bingkai jendela, perabotan dan lain sebagainya.

6. Daunnya Dimanfaatkan untuk Membuat Atap dan Bahan Bangunan

Daun kelapa bukan hanya meneduhkan kita dari sengatan matahari. Namun, daun kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Yaps, manfaat pohon kelapa yang satu ini bisa digunakan untuk membuat atap serta dinding pada bangunan tradisional. Menariknya, daun kelapa dapat dianyam dan dipakai untuk kerajinan tangan. Multifungsi, bukan?

Nah, hasil kerajinan dari daun kelapa ini bisa berupa tas, topi, keranjang, kipas, aksesoris dan lain sebagainya. Biasanya, penduduk pesisir mencari penghasilan tambahan dengan membuat kerajinan dari daun kelapa ini, guys.

7. Bunganya untuk Obat dan Batang Pada Daunnya Bisa Dipakai untuk Sapu Lidi

Ternyata masih banyak manfaat pohon kelapa bagi manusia, salah satunya pada bunganya yang dipakai untuk pengobatan. Selain itu, sabut kelapa juga bisa digunakan untuk menyalakan api dan batang dari daunnya pun dimanfaatkan menjadi sapu lidi. Maka, tak heran kalau pohon kelapa disebut sebagai " the most versatile plant" .

Itulah beberapa manfaat pohon kelapa bagi manusia dari akar hingga buahnya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Beri Komentar