9 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut yang Sayang untuk Dilewatkan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 24 Maret 2021 14:39
9 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut yang Sayang untuk Dilewatkan
Manfaat minyak kelapa untuk rambut ternyata banyak yang bisa di dapat, mulai dari mencegah rambut kusut hingga melembapkan rambut serta kulit kepala.

DiaZens, apa kamu sudah tahu manfaat minyak kelapa untuk rambut? Seperti yang diketahui, minyak kelapa sebelumnya memang lebih umum digunakan untuk kesehatan, melembapkan kulit, membersihkan kulit, serta sebagai campuran pasta gigi sebab efek anti-bakterinya.

Lantas, apa manfaat minyak kelapa untuk rambut? Ternyata banyak sekali khasiat yang dihasilkan oleh minyak kelapa ini, lho. Bahkan, menurut hasil penelitian membuktikan bahwa minyak kelapa merupakan minyak mineral paling baik untuk rambut.

Nah, biar gak makin penasaran mengenai manfaat minyak kelapa untuk rambut, berikut Diadona.id telah melansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut © Diadona

Memiliki rambut indah dan sehat tentu menjadi idaman banyak orang. Maka dari itu, tak sedikit orang, terutama kaum wanita memakai segala macam cara untuk membuat rambut indah dan sehat. Salah satunya yaitu dengan minyak kelapa.

Adapun manfaat minyak kelapa untuk rambut ialah sebagai berikut:

1. Melembapkan Rambut Kering

Dengan kandungan asam lemak yang tinggi, maka manfaat minyak kelapa untuk rambut yang paling dasar adalah sebagai conditioner. Artinya, minyak kelapa ini bisa berfungsi sebagai leave-in conditioner ketika rambutmu susah diatur.

Caranya, cuci rambutmu seperti biasa, lalu gunakan minyak kelapa sebagai conditioner lalu dibilas. Kalau sudah dibilas, biarkan rambut kering secara alami.

2. Mencegah Rambut Beruban Lebih Cepat

Faktor lingkungan, perubahan hormonal, stres dan lainnya bisa membuat uban tumbuh lebih cepat. Jadi, manfaat minyak kelapa untuk rambut yang tak boleh terlewatkan yaitu mencegah rambut beruban.

Pasalnya, minyak kelapa akan masuk jauh ke dalam folikel rambut serta melindunginya dari kerusakan. Sehingga rambut beruban jadi lebih cepat bisa dicegah, deh.

2 dari 4 halaman

3. Mencegah Kerusakan Rambut

Ilustrasi Rambut Rusak © Diadona

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang ketiga adalah mencegah kerusakan pada rambut. Menurut sebuah hasil studi yang dipublikasikan pada tahun 2015 menyatakan bahwa penggunaan minyak kelapa bisa melindungi rambut dari kerusakan karena paparan sinar matahari, polusi, hingga penggunaan produk tatanan rambut tertentu.

Sehingga, tak heran kalau sebagian besar orang yang memiliki jenis rambut kering dan rusak lantaran penggunaan produk tatanan rambut tertentu mendapati rambutnya lebih sehat setelah menggunakan minyak kelapa tersebut.

4. Mencegah Rambut jadi Kusut

Pernahkah gak sih kamu tiba-tiba merasa rambut jadi kusut dan sulit diatur, apalagi saat cuaca sedang lembap? Nah, untuk solusinya, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada rambut nih, guys.

Yaps, manfaat minyak kepala untuk rambut dipercaya dapat mencegah rambut jadi kusut. Dengan begitu, rambut mu akan jauh terasa lebih sehat dan lembut. Caranya, cukup oleskan 1-2 tetes minyak kelapa pada rambut sebelum bepergian ke luar rumah ketika cuaca sedang lembap.

3 dari 4 halaman

5. Mengatasi Ketombe

Ilustrasi Ketombean © Diadona

Siapa nih yang suka kesel ngurusin rambut karena ketombe? Tenang, ternyata untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan minyak kelapa, guys. Kok bisa? ya, manfaat minyak kelapa untuk rambut dipercaya mengatasi ketombe karena asam laurat serta anti-oksidan yang bisa menghalau jamur penyebab ketombe.

Caranya, kamu bisa mencampurkan minyak kelapa dengan shampoo anti-ketombe. Ohiya, jangan lupa memijatnya dengan rata pada seluruh kulit kepala

6. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Sama seperti kebanyakan jenis minyak pada umumnya, manfaat minyak kelapa untuk rambut juga bisa membuat rambut kamu jadi lebih berkilau dan terlihat lembut.

Maka dari itu, beberapa orang yang memiliki jenis rambut kering biasa menggunakan minyak kelapa sebagai serum supaya rambutnya tampak lebih sehat dan berkilau.

7. Mengontrol Rambut Bercabang

Mungkin beberapa kaum hawa mengalami masalah rambut, salah satunya adalah rambut bercabang. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena sering mewarnai rambut dan lupa pakai conditioner.

Tapi, dengan menggunakan minyak kelapa, kamu akan terbebas dari rambut kering dan ujung bercabang. Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa tersebut, kamu cukup menggosokannya secara rutin minyak kelapa ke seluruh kepala terutama di bagian ujung rambut, lalu diamkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu bilas dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

8. Mencegah Kutu Rambut

Ilustrasi Kutu Rambut © Diadona

Ternyata manfaat minyak kelapa untuk rambut juga dapat mencegah kutu rambut, lho. Caranya, buat campuran adas manis serta 40% minyak kelapa, kemudian masukkan ke semprotan bersih. Setelah itu, semprotkan pada rambut setiap hari secara rutin.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengoleskan minyak kelapa ke seluruh kulit kepala serta rambut dari akar ke ujung, lalu lanjutkan dengan bilasan pakai cuka sari apel.

9. Merawat Rambut yang Mengalami Proses Kimiawi

Girls, apakah kamu sering gonta-ganti warna rambut? Atau baru saja diluruskan dengan smoothing atau rebonding? Kalau iya, rambutmu sedang dalam kondisi paling rentan, nih.

Namun, dengan mengoleskan minyak kelapa pada rambut hal ini dapat mempertahankan kelembapan dalam batang rambut. Selain itu, minyak kelapa mampu mengurangi hilangnya susunan protein pada batang rambut, lho.

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut yang perlu diketahui para perempuan. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Share di kolom komentar ya, DiaZens!

Beri Komentar