12 Manfaat Edamame bagi Kesehatan, si Hijau yang Kaya Protein

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 25 Maret 2021 12:10
12 Manfaat Edamame bagi Kesehatan, si Hijau yang Kaya Protein
Meski bentuknya kecil, namun manfaat edamame cukup banyak untuk kesehatan tubuh lho, guys.

Siapa nih yang suka ke restoran Jepang? Kalau kamu salah satunya, tentu kamu pernah menemukan semangkuk kacang berwarna hijau. Yaps, kacang tersebut bernama edamame.

Yaps, kedelai khas Jepang ini menjadi daya tarik sendiri bagi pemerhati gizi. Pasalnya, makanan yang mirip dengan kacang polong tersebut memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, salah satu manfaat edamame yang cukup terkenla ialah baik untuk jantung.

Lantas, apa saja manfaat edamame lainnya bagi kesehatan yang belum kamu ketahui? Yuk, Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah Diadona.id lansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Edamame

Manfaat Edamame © Diadona

Sebelum membahas mengenai manfaat edamame, alangkah sebaiknya kita mengenal apa itu kacang edamame. Kacang edamame adalah kacang kedelai utuh yang masih muda saat dipanen. Rasanya yang nikmat membuat edamame jadi favorit para masyarakat untuk camilan sehat.

Sebab, kacang edamame kaya akan nutrisi, mengandung lemak sehat, karbohidrat, protein, vitamin A, B, C, K, mineral, dan folat. Adapun manfaat edamame bagi tubuh adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Hipertensi dan Penyakit Jantung

Manfaat kacang edamame yang paling dasar ialah menghindarkan kamu dari tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung. Hal ini karena kandungan antioksidan pada edamame secara aktif bisa menghancurkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Sehingga, kalau dibiarkan lemak tersebut bisa menjadi pemicu darat tinggi dan jantung koroner. Selain khasiat di atas, kacang edamame ternyata juga punya manfaat sebagai anti-inflamasi supaya rasa perih, nyeri, serta pegal dari peradangan pada tubuh bisa pulih dengan cepat.

2. Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Tampaknya manfaat edamame untuk ibu hamil ini juga tak kalah menakjubkan. Pasalnya, selain protein, kacang edamame pun mengandung asam folat yang tinggi. Seperti diketahui, asam folat ialah nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil sebab bisa mendukung proses tumbuh kembang janin.

Bahkan, melansir dari NHS UK, tak ada efek buruk dari kacang edamame untuk ibu hamil. Apalagi, edamame juga mengandung senyawa fitoestrogen yang dapat menurunkan risiko osteoporosis, penyakit jantung, serta gejala menopause pada wanita.

Meski manfaat edamame baik untuk ibu hamil, namun konsumsinya juga perlu diperhatikan, ya. Sebab, kalau asupan berlebih hal ini bisa mengganggu kadar nutrisi lainnya yang ada di dalam tubuh.

2 dari 4 halaman

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Penyebab Kolesterol Tinggi © Diadona

Menurut pakar kesehatan di Research Center on Aging at Tufts University, Boston, Amerika Serikat, bahwa manfaat edamame yang dikonsumsi sebanyak 47 gram kedelai dapat menurunkan hingga 9.3% kadar kolesterol total serta 12.9% kolesterol jahat (LDL).

Sedangkan menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyatakan kalau kacang edamame yaitu sumber terbaik dari protein, antioksidan, vitamin K, dan serat yang tinggi.

Sehingga, dengan adanya zat gizi tersebut tubuh terhindar dari berbagai penyakit, termasuk komplikasi yang dihasilkan dari kadar kolesterol tinggi.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat edamame berikutnya yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kedelai khas Jepang ini mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi.

Menurut studi yang dipublikasikan oleh jurnal Aging and Disease menyatakan bahwa nutrisi punya peran penting bagi menjaga kekebalan tubuh, khususnya pada orang lanjut usia.

Jadi, kalau rajin mengkonsumsi kacang edamame, mungkin kamu bisa menurunkan risiko berbagai penyakit serta infeksi.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Selain memiliki kandung antioksidan yang tinggi, kacang edamame juga mengandung isoflavon yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker payudara maupun kanker prostat.

Sebagai informasi, isoflavon adalah senyawa yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai pencegah sel kanker.

Ohiya, melansir artikel di situs MD Anderson Cancer Center menyebutkan bahwa manfaat edamame juga bisa menurunkan risiko kanker kolorektoral karena mengandung serat.

3 dari 4 halaman

6. Menyehatkan Tulang

Gejala Osteoporosis © Diadona

Seperti yang diketahui, kacang-kacangan memang memiliki kandungan yang tinggi akan kalium serta magnesium. Nah, kedua kandungan tersebut tentu sangat mendukung kesehatan tulang.

Oleh karena itu, maka manfaat edamame yaitu akan memberikan tubuh kandungan isoflavon yang bisa mengurangi risiko osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang bagi wanita pasca menopause.

7. Menghindarkan Stress Berat

Manfaat edamame ini disebabkan adanya kandungan folat yang berkhasiat untuk mengasilkan DNA dan pembelahan sel yang tepat dalam tubuh. Sehingga, dengan asupan folat yang cukup, maka hal ini bisa membantu mencegah timbulnya depresi.

Tak hanya itu, mengkonsumsi folat yang cukup pun dapat menghentikan terjadinya produksi homocysteine berlebih pada tubuh yang bisa menghambat kinerja otak dan hormon.

8. Bantu Turunkan Berat Badan

Ini dia manfaat edamame yang sayang dilewatkan bagi pejuang diet. Kok bisa? Sebab, kacang kedelai khas Jepang ini mengandung serat yang tinggi. Bahkan, kalau dibanding sayur hijau, kacang edamame justru lebih memiliki kadar serat yang lebih banyak, lho.

Dengan kata lain, edamame bisa membantumu untuk menurunkan nafsu makan. Wah, perlu dicoba nih DiaZens.

9. Tingkatkan Kesuburan

Ternyata mengonsumsi lebih banyak zat besi serta protein dari sumber tanaman seperti edamame, bayam, labu, kacang-kacangan, tomat, dan bit bisa meningkatkan kesuburan maupun menurunkan risiko gangguan ovulasi, lho! Oleh sebab itu, kacang edamame merupakan sumber zat besi, folat, serta protein nabati yang baik untuk kesuburan.

4 dari 4 halaman

10. Menyehatkan Otak

Ilustrasi Otak © Diadona

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi isoflavon kedelai bisa menurunkan risiko penurunan kognitif. Sehingga, manfaat edamame yang selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan aspek berpikir serta kognisi, seperti memori nonverbal dan kefasihan verbal.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

DiaZens, kalian tahu nggak kalau kacang edamame juga berperan menjaga kesehatan kulit? Yaps, ternyata hal ini disebabkan edamame mengandung antioksidan yang tinggi.

Jadi, manfaat edamame yang satu ini dipercaya bisa membantu merawat kesehatan kulit, terutama mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

12. Aman untuk Penderita Diabetes

Seperti kacang pada umumnya, edamame ialah camilan yang tidak akan meningkatkan kadar gula berlebihan pada tubuh. Sehingga, dengan adanya kandungan karbohidrat rendah yang teridiri dari lemak serta protein tersebut, manfaat edamame sangat cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Tips Makan Edamame

Nah, untuk mendapatkan manfaat edamame di atas, kamu bisa membeli kedelai khas Jepang tersebut di supermarket, baik yang masih dalam kulit ataupun sudah dikupas. Setelah itu, kacang edamame bisa dimasak dalam waktu singkat,

Namun, umumnya edamame diolah dengan cara direbus lalu langsung dimakan. Tapi, disarankan untuk merebus kacang edamame bersama dengan kulitnya supaya semua kandungan nutrisi di dalamnya masih terjaga dengan baik.

Itulah beberapa manfaat edamame untuk kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga informasi di atas menambah wawasan mu dalam dunia kesehatan, ya!

Beri Komentar