7 Jenis Ikan Cupang yang Mahal, Harganya Bisa Sampai Rp 25,2 Juta loh!

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 10 Juni 2021 16:17
7 Jenis Ikan Cupang yang Mahal, Harganya Bisa Sampai Rp 25,2 Juta loh!
Kolektor cupang, siapin budgetmu buat tujuh jenis ikan cupang mahal di bawah ini ya!

Ada beberapa jenis ikan cupang yang bisa jadi koleksi terbarumu, Diazens. Ikan cupang sendiri bukan hanya sekedar ikan biasa. Mereka menawarkan warna cantik yang menawan. Nggak heran kalau ikan berukuran kecil ini memiliki harga yang fantastis jika dijual.

Ikan cupang merupakan golongan ikan yang hidup di air tawar. Habitat aslinya berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam dan Vietnam. Bentuk, karakter dan warnanya yang unik membuat ikan cupang menjadi incaran banyak orang.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli atau menambah koleksi ikan cupang di rumah, kenalan dulu dong sama jenis ikan cupang yang mahal kayak di bawah ini!

1 dari 7 halaman

Ikan Cupang Halfmoon

Jenis Ikan Cupang HalfmoonJenis Ikan Cupang Halfmoon © Pinterest

Pertama, ada jenis ikan cupang Halfmoon yang memiliki keunikan nama dan bentuk. Sirip ekor ikan ini berbentuk simetris menyerupai setengah bulan, makanya diberi nama Halfmoon.

Ikan cupang ini memiliki variasi warna dan ukuran yang juga berdampak pada harganya. Ia dijual mulai harga Rp 40 rubu sampai Rp 500 ribu.

2 dari 7 halaman

Ikan Cupang Giant

Jenis Ikan Cupang GiantJenis Ikan Cupang Giant © Pinterest

Selanjutnya, ada ikan cupang Giant yang bisa kamu temukan di sungai atau danau Thailand. Ukurannya sesuai dengan namanya, Diazens. Yap, ia berukuran lebih besar hingga dua atau tiga kali lipat dari ikan cupang lainnya,

Buat harganya sendiri kamu bisa mendapatkan ikan cupang Giant di harga Rp 200-Rp 400 ribu. Oh iya, keunggulan ikan ini bisa diwakinkan silang dengan cupang lainnya untuk mendapatkan jenis ikan cupang yang unik.

3 dari 7 halaman

Ikan Cupang Crown Tail

Jenis Ikan Cupang Crown TailJenis Ikan Cupang Crown Tail © YouTube/ MoMo Bettas USA

Nah, kalau jenis ikan cupang Crown Tail ini berasal dari Indonesia, Diazens. Mereka bahkan menjadi salah satu ciri khas dari negeri kita ini loh!

Ikan yang dikembangbiakkan oleh petani lokal ini memiliki sirip ekor yang mirip seperti sisir. Bahkan terlihat seperti sobek-sobek yang membuatnya tampak indah saat berenang. Makanya, harga ikan cupang Crown Tail bisa dijual Rp 15 ribu sampai Rp 300 ribu.

4 dari 7 halaman

Ikan Cupang Double Tail

Jenis Ikan Cupang Double TailJenis Ikan Cupang Double Tail © Twitter/ BettaBuddy

Kalau ikan cupang Double Tail ini sesuai dengan namanya ia memiliki ekor yang terbelah menjadi dua. Hal ini membuat ekor dan siripnya terlihat seperti selendang sedang menari di dalam air saat mereka berenang.

Apalagi warna yang disuguhkan ikan cupang ini beragam, membuatnya terlihat anggun dan cantik. Mereka juga salah satu ikan cupang yang agak susah didapatkan. Makanya harganya bisa mencapai Rp 120 ribu sampai Rp 2 juta.

5 dari 7 halaman

Ikan Cupang Fancy

Jenis Ikan Cupang FancyJenis Ikan Cupang Fancy © Pinterest

Selanjutnya, ada ikan cupang Fancy yang sudah terlihat berapa harganya dari namanya. Ikan ini berasal dari Thailand loh! Ikan cupang fancy memiliki sirip yang pendek dengan menyuguhkan warna beragam.

Banyaknya warna yang ada membuatnya terlihat sanat cantik. Harganya untuk yang anakan hingga dewasa antara Rp 100-Rp 350 ribu. Sedangkan jenis ikan cupang Fancy Juara harganya ada di angka Rp 2 juta.

6 dari 7 halaman

Ikan Cupang Plakat

Jenis Ikan Cupang PlakatJenis Ikan Cupang Plakat © Pinterest

Masih dari negara seribu pagoda nih, nama Plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang artinya tarung. Yap, ikan cupang kan memang terkenal dengan sifatnya yang petarung.

Ciri khas dari ikan cupang Plakat ini memiliki tubuh yang besar dan gagah. Ekornya pendek dan tumpul. Harganya bisa dibanderol mulai dari Rp 60 ribu sampai Rp 2 juta loh!

7 dari 7 halaman

Ikan Cupang Kachen Worachai

Jenis Ikan Cupang Kachen WorachaiJenis Ikan Cupang Kachen Worachai © infoikan

Kachen Worachai digadang-gadang menjadi jenis ikan cupang yang mahal. Soalnya, ikan yang berasal dari Kachen Worachai, Thailand ini harga jualnya bisa mencapai 53.500 bath atau setara dengan Rp 25,2 juta.

Bentuk dan warna dari ikan cupang ini menyerupai bendera nasional Thailand. Perpaduan warna merah, biru tua dan putih yang berjajar rapi menjadikannya unik dan memiliki harga yang fantastis.

Itulah tujuh jenis ikan cupang yang mahal di dunia. Gimana Diazens, tertarik buat memelihara mereka?

Beri Komentar