Kenali Jenis-Jenis Anjing Berbahaya di Dunia Ini, Biar Nggak Salah Pilih

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 31 Mei 2021 17:56
Kenali Jenis-Jenis Anjing Berbahaya di Dunia Ini, Biar Nggak Salah Pilih
Nggak semua bisa dipelihari, ini loh jenis-jenis anjing berbahaya di dunia.

Buat kamu yang ngaku pecinta buddy, wajib banget nih kenal sama jenis-jenis anjing berbahaya sebelum memutuskan untuk memeliharanya. Meskipun dikenal sebagai hewan lucu yang setia sama majikannya, tapi ada juga yang berbahaya loh!

Yap, anjing dikenal sebagai hewan yang loyal banget sama pemiliknya. Bahkan nggak cuma jadi hewan peliharaan, anjing bisa layaknya teman bagi manusia. Kesetiaan dan pengabdian anjing itu naluri alamiah mereka sendiri.

Total dari semua ras anjing ada 138 yang sudah diakui secara resmi. Tentu saja, penampilan, ukuran, fungsi sampai temperamennya menjadi pembeda dari tiap jenis anjing. Nah, dari sekian banyaknya, ada pengelompokan jenis-jenis anjing berbahaya yang kamu perlu tahu sebelum memutuskan untuk memiliharanya.

1 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Anjing Berbahaya yang Rahangnya Kuat

Jenis-jenis anjing yang berbahaya ini bisa dibedakan dari ciri-ciri yang dimilikinya, Diazens. Kalau deretan jenis anjing di bawah ini yang rahangnya kuat. Itu kenapa biasanya mereka dijadikan penjaga, diajak berburu sampai jadi pelacak.

Boxer

Jenis-Jenis Anjing Berbahaya BoxerJenis-Jenis Anjing Berbahaya Boxer © Rover

Ini nih salah satu jenis anjing yang biasanya dijadikan kawan berburu. Mereka juga digunakan sebagai anjing penyerang dan penjaga sejak dikembangbiakkan loh! Soalnya jenis boxer ini memiliki rahang gigi yang kuat. Makanya, gak heran deh kalau termasuk jenis-jenis anjing berbahaya.

Kalau kamu mau melatihnya dengan benar, dia bisa jadi penyerang yang agresif dan membahayakan. Bahkan dalam klasifikasi ras anjing mereka golongan pelacak yang bisa lari di ruang terbuka dalam waktu panjang. Eits.. tapi kalau melatih jangan pakai kekerasan dan hukuman ya!

2 dari 6 halaman

Great Danes

Jenis-Jenis Anjing Berbahaya Great DanesJenis-Jenis Anjing Berbahaya Great Danes © Unsplash/ eyefish73

Meski sosoknya yang besar dan berwarna hitam, anjing Great Danes ini kalau dilatih dengan benar juga bisa lembut kok. Tapi kalau nggak dilatih sejak dini memang mereka bisa berbahaya dan agresif.

Apalagi postur tubuhnya yang besar dan tinggi bisa menyerang manusia sampai menyebabkan kematian. Tingginya bisa mencapai 76-91 cm untuk jantan sedangkan betina 71-86 cm.

Jenis anjing Great Danes ini merupakan ras penjaga atau peliharaan yang berasal dari Jerman. Meski mereka bisa galak, tapi juga sangat emosional dan sensitif loh!

3 dari 6 halaman

Pit Bull

Jenis-Jenis Anjing Berbahaya Pit BullJenis-Jenis Anjing Berbahaya Pit Bull © Unsplash/ fontesvitor

Jenis anjing Pit Bull sih sudah nggak asing lagi ya buat masuk golongan jenis-jenis anjing berbahaya. Mereka ini dikenal sebagaii anjing petarung yang ambisius. Soalnya mereka bakalan mengerjakan tugas sampai selesai.

Pit Bull memiliki rahang yang kuat dan nggak akan mudah melepaskan gigitannya. Bahkan jenis ini dikenal yang paling agresift loh! Sudah tersebar luas kalau penyerangan Pit Bull bisa menyebabkan luka sampai kematian.

Wolfdog

Dari namanya saja sudah ketebak ya gimana wujud dari anjing ini. Yap, mereka merupakan hasil kawin silang dari anjing dan serigala. Mereka termasuk hewan buas yang memiliki naluri pelindung tapi juga bisa sangat liar.

Gigitan dari Wolfdog dibilang kuat banget loh, bisa mencapai 406 PSi. Bahkan ada beberapa negara yang melarang untuk memelihara anjing Wolfdog ini karena perilakunya yang kadang nggak bisa dikontrol.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jening Anjing Berbahaya yang Dijadikan Penjaga

Selain dikenal karena gigitannya yang kuat, jenis-jenis anjing juga dinilai cocok sebagai penjaga. Mereka gesit dan juga agresif sehingga bisa mendapat tugas khusus sebagai penjaga. Ada siapa aja ya?

Doberman Pinschers

Jenis-Jenis Anjing Berbahaya Doberman PinschersJenis-Jenis Anjing Berbahaya Doberman Pinschers © Unsplash/ jwwhitt

Kalau nonton film yang ada anjing penjaganya, pasti sudah nggak asing dong sama sosok Doberman Pinshers. Yap, mereka diandalkan sebagai hewan penjaga karena cerdas, kuat dan juga sensitif sama suara. Mereka juga agresif secara alami sama orang asing.

Tapi, kalau kamu berkenan melatihnya sejak dini jenis anjing ini bakalan setia banget loh sama majikannya. Gimana, tertarik butuh penjagaan dari Doberman Pinschers nggak?

5 dari 6 halaman

Bullmastiff

Jenis-Jenis Anjing Berbahaya BullmastiffJenis-Jenis Anjing Berbahaya Bullmastiff © thesprucepets

Bullmastiff juga tergolong jenis-jenis anjing berbahaya di dunia, Diazens. Mereka tempramen dan kalau nggak dipelihara dengan benar bisa berakibat fatal. Itu kenapa perlu adanya pelatihan membuat mereka patih untuk menghindar keagresifan mereka yang nggak terduga.

Sebenarnya, bullmastiff ini golongan anjing dosmetik loh! Tubuhnya besar dan tegak serta wajahnya yang khas dengan moncong pendek. Nah, garis keturunannya diambil dari Mastiff Inggris dan Bulldog Inggris Kuno yang sekarang sudah punah.

Rottweller

Jenis-Jenis Anjing Berbahaya RottwellerJenis-Jenis Anjing Berbahaya Rottweller © Shutterstock

Dari bentuk fisiknya saja sudah terlihat kalau Rottweller ini berotot dan gahar. Sebenarnya, jenis anjing ini dikembangbiakkan untuk jadi anjing pekerja mengangkat gerobak dan menjaga rumah.

Sifat mereka sangat cerdas, aktif dan cukup temperamental. Makanya mereka kurang cocok kalau dijadikan hewan keluarga. Apalagi kekuatan gigitan mereka mencapai 236 PSI loh!

6 dari 6 halaman

German Sheperd

Jenis-Jenis Anjing Berbahaya German SherperdJenis-Jenis Anjing Berbahaya German Sherperd © Unsplash/ d_kamp

Sesuai sama namanya ya, anjing German Sheperd ini merupakan anjing gembala Jerman yang rasnya murni. Mereka bisa dipelihara sebagai anjing pelacak. Dulunya, digunakan untuk menggembala domba. Namun, mereka juga masuk dalam jenis-jenis anjing berbahaya.

Mereka ini cepat dan fokusnya sangat baik saat mengadapi ancaman. Itu kenapa anjing ini bisa dilatih sebagai penjaga. Tapi harus hati-hati soalnya punya sifat agrsif SGD.

Mereka perlu dilatih dengan halus dan penuh kasih sayang serta sosialisasi. Makanya, nggak heran deh kalau German Sheperd jadi anjing pertama yang digunakan di personel milter dan jadi penegak hukum. Mereka bakalan setia banget loh sama pemiliknya.

Nah, sekarang sudah tahu kan Diazens jenis-jenis anjing berbahaya jadi jangan sampai pilih untuk memiliharanya jadi teman di rumah ya!

Beri Komentar