Kenali Jenis Kucing Anggora dan Himalaya yang Siap Kamu Adopsi, Pecinta Anabul Merapat!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 31 Mei 2021 14:53
Kenali Jenis Kucing Anggora dan Himalaya yang Siap Kamu Adopsi, Pecinta Anabul Merapat!
Kamu ingin adopt kucing anggora? Wah, perlu banget nih buat kenali jenis kucing anggora di bawah ini.

Jenis kucing anggora menjadi salah satu primadona bagi pecinta hewan berbulu yang wajib banget buat dipelihara. Soalnya kucing ras yang satu ini terlihat anggun dan memiliki bulu panjang yang halus.

Ras Angora atau Ankara sendiri merupakan ras kucing murni yang jarang di Indonesia. Hal ini disebabkan adanya pembatasan dari Turki sebagai negara asal ras tersebut. Nah, buat kamu yang tertarik sama kucing anggora, kenali beberapa jenisnya dulu yuk!

1 dari 5 halaman

Jenis Kucing Anggora x Anggora

Jenis Kucing Anggora x AnggoraJenis Kucing Anggora x Anggora © catmagic.club

Ada beberapa jenis kucing anggora yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memeliharanya nih! Pertama, ada anggora x anggora yang mana merupakan ras asli. Biasanya warnanya nggak akan berubah dari warna putih bersihnya.

Bentuk wajah kucing ini panjang dengan ciri-ciri hidung mancung dan tulangnya yang besar. Salah satu keunikan yang khas dari anggora adalah matanya yang mirip almond. Biasanya berwarna kuning tapi ada juga yang berwarna biru atau bahkan ode eye loh!

Oh iya, buat kucing anggora jantan ukuran badannya lebih besar loh daripada yang betina. Selain itu juga ekornya lebih tebal dan lebat dibanding bagian tubuh lainnya. Tentu saja, harganya dari ras yang asli tergolong mahal ya, Diazens. Apalagi kalau kamu memutuskan untuk adopt kucing yang belum divaksin.

2 dari 5 halaman

Jenis Kucing Anggora x Persia

Jenis Kucing Anggora x PersiaJenis Kucing Anggora x Persia © Unsplash/ jdk4lyfe

Selain ras asli dari anggora, ada juga kucing anggora yang dikawinkan dengan persia. Tampilan dari hasil kawin silang ini unik banget loh! Biasanya bulu dan matanya cenderung seperti anggora yang asli.

Tapi buat bentuk wajah dan hidungnya mengikuti ras persia yang bulat dan kecil. Kucing campuran anggora persia ini juga terlihat menggemaskan karena bulat dan terlihat fluffy. Jangan salah soal harganya, lebih murah loh dibanding anggora yang asli.

3 dari 5 halaman

Jenis Kucing Anggora x Domestik

Jenis Kucing Anggora x DomestikJenis Kucing Anggora x Domestik © Unsplash/ arianassphotography

Kalau kucing anggora yang dikawinkan dengan domestik ini paling sering dijumpai ya, Diazens. Tentu saja wujud dari percampuran ras yang satu ini nggak kalah lucu. Biasanya bulu dan teksturnya lebih condong ke jenis domestik yang pendek dan tebal.

Tulangnya pun menyerupai domestik sehingga lebih panjang daripada anggora. Namun, buat wajahnya lebih mirip anggora yang asli. Harga dari percampuran anggora dan domestik ini juga lebih murah loh jadi cocok buat kamu yang low budget.

4 dari 5 halaman

Jenis Kucing Himalaya

Jenis Kucing HimalayaJenis Kucing Himalaya © mondou

Selain anggora, kucing himalaya juga menjadi incaran para cat lovers loh! Soalnya warna bulu yang dimiliki sangat indah dan lebat. Tahu nggak sih, ternyata awal mula kucing himalaya itu merupakan hasil persilangan persia dengan siam loh!

Sebenarnya ada penelitian dari Cat Fanciers Association tahun 1957 yang mengatakan kalau kucing himalaya dan persia berbeda. Tapi, hal ini dibantah oleh The International Cat Assosiation di tahun yang sama bahwa himalaya menjadi bagian dari kelompok persia.

Buat ciri-ciri dari himalaya sendiri memang mirip dengan persia, Diazens. Buat ukuran tubuhnya himalaya ini tergolong jenis kucing besar loh dan tulangnya pun kuat. Rata-rata bobot mereka mencapai 4 hingga 6 kg. Tapi buat kakinya terbilang pendek. Hal inilah yang membuat sosok himalaya begitu menggemaskan.

5 dari 5 halaman

Buat bentuk kepalanya sendiri bulat yang meruncing seperti berlian. Hidungnya ini mirip sama persia yang pesek tapi digolongkan menjadi dua jenis, yaitu himallayan doll face dan himallayan ultra face.

Nah, kalau buat bulunya himalaya khas banget loh! Soalnya terdapat color point di wajahnya yang bergradasi dengan cantik. Jadi corak gelap hanya berpusat di beberapa bagian tubuhnya saja. Lucu ya?

Gimana nih buat kamu yang cat lovers, sudah tahu kan perbedaan jenis kucing anggora dan himalaya? Mau pilih yang mana buat jadi teman mainmu di rumah?

Beri Komentar