30 Kata Bijak Islami Singkat tentang Kehidupan dan Cinta Sebagai Penyejuk Hati

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 7 Oktober 2020 07:49
30 Kata Bijak Islami Singkat tentang Kehidupan dan Cinta Sebagai Penyejuk Hati
Inilah kumpulan kata bijak Islami yang bikin hati adem dan memotivasi diri.

Pastinya semua umat manusia yang ada di dunia ini tidak ingin merasa sedih. Akan tetapi terkadang masalah memang datang secara tiba-tiba dan membuat hari-hari menjadi sepi dan terasa suram.

Namun sebagai umat muslim, Al-Quran dan berserah  diri kepada Allah merupakan kunci utama sebagai penolong saat menghadapi suatu masalah. Selain itu, kata bijak Islami pun juga bisa menambah semangat dan motivasi diri.

Nah, kalau kamu sudah tidak sabar dengan apa saja runutan kata bijak Islami tentang kehidupan dan cinta, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Kata Bijak Islami Singkat tentang Kehidupan

Kata Bijak Islami © Diadona

Sudah seharusnya seorang muslim bijak dalam berkata-kata dan berbuat. Apalagi, sebagai umat Islam percaya bahwa semua perbuatan yang dilakukan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak.

Sehingga dengan menjadikan berbagai kata bijak Islami tentang kehidupan sebagai referensi, kamu bisa lebih tenang dalam menjalani hidup.

1. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." - Abu Hamid Al Ghazali

2. " Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

3. " Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

4. " Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi

5. " Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui." - Q.S al-Ankabut 64

6. " Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." – `Amr ibn Abdullah

7. " Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik, terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

8. “ Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan.”

9. “ Hidup itu tak mudah dan perjalanan itu keras, selalu menjalankannya dengan beribadah agar Tuhan selalu mempermudahnya.”

10. “ Janji Allah tak pernah mengecewakan, dan bila kamu masih merasa kecewa mungkin ada yang salah dengan imanmu."

11. “ Kebahagiaanmu tidak ditentukan oleh orang lain, tapi oleh dirimu sendiri. Apa yang kamu lakukan hari ini, tentukan bahagia masa depanmu.”

12. “ Sesungguhnya, hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

13. " Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu."

14. " Setiap napas baru yang Allah izinkan untuk kamu ambil bukan hanya berkah, tetapi juga tanggung jawab."

15. " Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan." - HR Tirmidzi

2 dari 2 halaman

Kata Bijak Islami untuk Wanita

Kata Bijak Islami © Diadona

Semua agama termasuk Islam mengajarkan cinta ialah suatu hal yang bisa membuat semuanya menjadi indah. Sebab, cinta itu bisa tumbuh kapan saja dan juga di mana saja tanpa terbendung.

Sehingga dengan membaca kata bijak Islami tentang cinta yang biasanya bersumber dari Al-Qur'an ataupun Hadis bisa memberikan kamu pengertian tentang arti cinta sesungguhnya.

1. " Allah telah menuliskan nama pasanganmu. Yang perlu kau lakukan adalah memperbaiki hubunganmu dengan-Nya."

2. " Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya, agar saat sedih tidak berlebihan."

3. " Jika aku jatuh cinta, cintakanlah aku pada seseorang yang melebihkan cintanya padamu, agar bertambah kekuatanku untuk lebih mencintaimu."

4.  “ Jangan terlalu berharap pada seseorang yang belum pasti menyukaimu, namun hargailah mereka yang peduli denganmu.”

5. “ Jika Tuhan telah menggariskan takdirmu bersamanya, bagaimanapun caranya kamu dan dirinya akan bersatu dalam rumah tangga pernikahan.”

6.  “ Jangan khawatir, Allah telah siapkan jodoh terbaik untuk kita yang pasti akan datang di waktu yang tepat.”

7. " Cinta sejati berarti saling membantu untuk menggapai surga, bukan saling berpegangan tangan dan berjalan menuju api neraka."

8. " Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

9. " Temukan pasangan hidup yang bisa membimbingmu, bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat."

10. " Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." - Tariq Ramadan

11. " Cintailah kekasihmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu." - Ali bin Abi Thalib

12. " Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu." - Khalil Gibran

13. " Ku titipkan cinta ini hanya pada-Mu, jagalah hatiku dan hatinya dari rasa kecewa, hingga waktu itu tiba. Persatukanlah kami dalam restu dan Ridho-Mu.”

14. " Cintailah kekasihmu (secara) sedang-sedang saja, siapa tahu suatu hari dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu suatu hari dia akan menjadi kecintaanmu." - H.R Tirmidzi

15. " Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, sebab dia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab."

Itulah kumpulan kata bijak Islami tentang kehidupan dan cinta yang bisa kamu jadikan inspirasi. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar