40 Kata Mutiara Islami tentang Kehidupan, Penyejuk Hati dan Jiwa

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 5 Oktober 2020 07:31
40 Kata Mutiara Islami tentang Kehidupan, Penyejuk Hati dan Jiwa
Inilah kumpulan kata mutiara Islami yang penuh makna dan bikin hati adem.

Mungkin sebagian umat muslim kata mutiara Islami dibutuhkan sebagai penyemangat hidup. Sebab, dalam kehiduan sehari-hari ada beberapa hal yang kadang tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Akibatnya kamu pun jadi lebih sering frustasi.

Dengan itulah, sebagai umat beragama, kamu harus selalu menyiapkan diri agar memiliki kemampuan untuk menghadapi masalah kehidupan dengan ikhlas. Sehingga, untuk memperdalam ilmu kehidupan, kata-kata mutiara Islami bisa kamu jadikan sebagai bahan renungan dan motivasi.

Kata mutiara Islami ini biasanya berasal dari kutipan surat dalam Al-Qur'an, Hadis, maupun para tokoh-tokoh Islam terkenal. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Kata Mutiara Islami tentang Kehidupan yang Penuh Makna

Kata Mutiara Islami © Diadona

Banyak dari kata-kata mutiara membuat hati tenang dan semangat. Salah satunya yaitu kata mutiara Islami. Kata mutiara Islami ini bisa memberikan energi positif untuk memotivasi diri serta menjadi petunjuk dari Allah agar bisa bangkit kembali dari keterpurukan.

Berikut kata mutiara Islami tentang kehiduan yang bisa dijadikan motivasi diri dan bikin hati adem.

1. " Harta akan habis jika digunakan, tapi sebaliknya ilmu akan berkembang jika digunakan."

2. " Bersyukur atas apa yang telah kamu miliki, karena masih banyak orang di sekeliling kamu yang masih kurang beruntung."

3. " Sebelum mengeluh tentang rasa makanan, pikirkanlah tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan."

4. " Allah punya rencana untukmu. Kamu sudah tepat berada di mana Dia menginginkan kamu sekarang."

5. " Hanya karena sesuatu tidak terjadi untukmu saat ini, bukan berarti itu tidak akan pernah terjadi."

6. " Janganlah kamu kehilangan harapan dan jangan pula bersedih hati." - QS. Ali Imran: 139

7. " Jangan terlalu bergantung kepada siapa pun di dunia ini karena bahkan bayanganmu sendiri meninggalkan kamu ketika kamu berada dalam kegelapan." - Ibnu Taimiyah

8. " Ambilah nasihat baik dari orang lain yang mengucapkannya meskipun ia tidak mengamalkannya."

9. " Jika niat sudah tertanam karena Allah, tidak akan ada halangan yang bisa menghentikan."

10. " Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

11. " Hidup itu pilihan. Apapun yang membuat kamu sedih, tinggalkanlah. Tanpa rasa takut akan hilangnya rasa kebahagiaan di masa depan."

12. " Seorang yang berpikir negatif akan melihat kesulitan dalam setiap kesempatan. Tapi, seorang yang berpikir positif akan mampu melihat peluang dalam setiap kesulitan."

13. " Ketika kamu tidak mampu mengungkapkan doamu ke dalam kata-kata, ingat bahwa Allah mendengar hatimu."

14. " Jangan putus asa dan jangan pernah putus harapan karena Allah selalu berada di sisimu."

15. " Terkadang Allah membiarkan kamu merasakan kepahitan dunia ini supaya kamu dapat sepenuhnya menghargai manisnya iman." - Omar Suleiman

16. " Lakukan segala sesuatu dengan Ikhlas dan teliti, sebelum menyesal karena segalanya tak dapat diulang kembali."

17. " Jangan risaukan apa yang tidak kita miliki, tapi risaukan hati saat tak bersungguh-sungguh mensyukuri setiap pemberian-Nya."

18. " Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." - QS. Al-Baqarah 216

19. " Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." - QS. Ali Imran: 139

20. " Lebih baik kehilangan sesuatu karena Tuhan, daripada kehilangan Tuhan karena sesuatu."

2 dari 2 halaman

Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati dan Jiwa

Kata Mutiara Islami © Diadona

21. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." - Abu Hamid Al Ghazali

22. " Kunci kedamaian hidup sebenarnya sederhana ialah dengan menjalaninya, menikmatinya dan mensyukuri setiap perihal yang ada."

23. " Kekayaan yang sebenarnya bukan terukur dari banyaknya harta melainkan dari kekayaan hati yang dimiliki oleh setiap insan."

24. " Setiap situasi buruk akan memiliki sesuatu yang positif. Bahkan sebuah jam mati pun menunjukkan waktu yang tepat dua kali sehari. Tetap positif dalam menjalani hidup. Allah tahu apa yang terbaik untukmu."

25. " Aku seharusnya bersyukur atas masa-masa sulit karena Allah telah memilihku, berarti Allah menganggap aku cukup baik untuk bisa melaluinya." - Nouman Ali Khan

26. " Lihatlah kebesaran Allah di luar kepalamu, bukan di dalam rongga kepalamu yang sempit."

27. " Ingatlah Allah di waktu senggang, maka Allah akan ingat dengan kau di waktu susah."

28. " Bersyukur atas keterbatasan yang kamu miliki karena hal itu memberimu kesempatan untuk memperbaiki diri."

29. " Apapun yang terjadi dalam harimu yakinlah bahwa semuanya adalah kehendak dan rencana Allah untuk kebahagiaanmu."

30. " Sesungguhnya Allah sangat membenci setiap orang yang pandai dalam urusan dunia, namun bodoh dalam hal urusan akhirat."

31. " Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu." - Imam Asy Syafii

32. " Jangan menunggu kaya untuk bersedekah, justru sebaiknya bersedekahlah untuk bisa membuka pintu rezeki dan juga harta."

33. " Sebenarnya kehadiran jodoh itu sangat sederhana. Jika sampai saat ini jodohmu belum juga datang maka itu artinya kamu belum benar siap dan membutuhkannya."

34. " Setiap ujian dalam hidup akan membuat kita terpuruk atau lebih baik. Setiap masalah yang datang untuk menjadikan kita kuat atau menghancurkan kita. Pilihan ada di tangan kita, apakah kita memilih menjadi korban ataukah pemenang."

35. " Suatu musibah yang membuatmu kembali kepada Allah lebih baik bagimu daripada nikmat yang membuatmu lupa dari mengingat Allah." - Ibnu Taimiyah

36. " Tidak ada gunanya hidup panjang selama 100 tahun jika tidak digunakan untuk beribadah seperti salat dan mengaji."

37. " Jika kamu merasa menemukan aib dalam diri seseorang maka sebaiknya galilah aib dalam dirimu sendiri arena belum tentu aib mereka lebih banyak dari aib dirimu sendiri."

38. " Barang siapa yang masuk ke dalam kubur tanpa bekal yang dibawanya, maka ia seperti berlayar di lautan tanpa perahu."

39. " Apa pun yang kamu keluarkan untuk keluargamu akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan sepotong makanan yang kamu suapkan ke mulut istrimu." - Nabi Muhammad SAW

40. " Allah menempatkan beban yang berat kepada mereka yang memang mampu menanggung beban itu."

Itulah kumpula kata mutiara Islami yang penuh makna dan bisa jadi penyejuk hati saat sedang risau. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar