11 Jenis-Jenis Fotografi yang Populer, Wajib Tahu nih!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 31 Agustus 2021 13:00
11 Jenis-Jenis Fotografi yang Populer, Wajib Tahu nih!
Ternyata jenis fotografi itu ada banyak guys~

Di zaman yang sudah serba digital ini, fotografi adalah kegiatan yang banyak sekali dilakukan oleh banyak orang. Baik itu hanya sekadar hobi atau sebuah pekerjaan. Kini, jenis-jenis fotografi itu sendiri pun semakin bergama dan terus berkembang.

Berkembangnya jenis-jenis fotografi tersebut juga tidak lepas dari banyak kebutuhan manusia terhadap fotografi. Serta, semakin canggihnya kamera untuk digunakan dipelbagi kondisi juga menjadi salah satu pengaruhnya.

Jenis-jenis fotografi seperti street, wildlife photography serta jenis lainnya adalah jenis yang kini cukup ramai digemari. Apalagi hal ini didukung oleh sosial media yang semakin memudahkan siapapun untuk menyajikan karyanya sendiri.

Lalu, apa saja sih jenis-jenis fotografi yang ada? Berikut Diadona.id telah merangkum beberapa ulasannya dari berbagai sumber. Yuk kita simak bareng-bareng.

1 dari 6 halaman

1. Landscape Photography

Jenis-Jenis Fotografi © Diadona

Landscape photography adalah jenis fotografi yang sangat dekat dengan aktivitas travelling. Landscape photography menunjukan ruang dalam dunia yaitu pemandangan alam, kadang-kadang luas dan tak berujung, tapi kadang mikroskopis.

Foto landscape biasanya menangkap kehadiran alam tetapi juga dapat fokus pada buatan manusia. Jadi tak hanya pemandangan alam, bangunan-bangunan serta pemandangan kota juga bisa menjadi objek dari jenis ini.

2. Food Photography

Jenis-Jenis Fotografi © Diadona

Sederhananya, jenis fotografi makanan atau food photography ini adalah teknik memotret makanan menjadi lebih menggoda. Tapi, selain itu, jenis ini harus mampu menciptakan komposisi yang bagus dan memperlihatkan detail atau tekstur makanan.

Dilansir dari laman Liputan6.com, Dalam industri kuliner, seperti produsen makanan, rumah produksi, periklanan, hotel, kafe, dan lainnya, fotografi makanan mutlak dibutuhkan. Karena itu pelaku food photography semakin dicari karena biasanya digunakan untuk membuat kemasan suatu produk atau iklan.

2 dari 6 halaman

3. Fashion Photography

Jenis-Jenis Fotografi © Diadona

Fashion Photography adalah jenis-jenis fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Jadi, keindahan desain pakaian seperti baju dengan aneka motif, celana maupun aksesoris fashion lainnya menjadi titik fokus utama dalam fashion photography.

4. Street Photography

Jenis-Jenis Fotografi © Diadona

Street photography adalah jenis-jenis fotografi yang bertujuan untuk merekam kegiatan sehari-hari, seperti bagaiamana sesorang sibuk menuju urusan masing-masing ataupun berdiam diri di suatu tempat, dengan realitas sehari-hari yang sering kita jumpai.

Dilansir dri laman Liputan6.com, Fotografi jalanan juga merupakan salah satu jenis-jenis fotografi yang dalam pengambilan gambarnya lebih mengutamakan objek.

3 dari 6 halaman

5. Potrait Photography

Jenis-Jenis Fotografi © Diadona

Jenis-jenis fotografi yang selanjutnya adalah Potrait Photography. Ini adalah potret adalah penangkapan dengan cara fotografi serupa dengan seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok), di mana ekspresi wajah dan dominan. Tujuan dari jenis-jenis fotografi ini adalah untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan mood subjek.

Dalam hal ini, kekuatan utama dari jenis ini adalah karakteristik atau kepribadian yang unik dari setiap orang yang kita foto. Meski demikian, hal-hal lain seperti latar belakang, pencahayaan maupun gesture juga tak bisa dilupakan.

6. Commercial Advertising Photography

Jenis-jenis fotografi yang selanjutnya adalah Commercial Advertising Photography. Ini adalah jenis yang bertujuan untuk keperluan promosi atau iklan. Dalam kegiatannya, proses merekam gambarnya biasanya dibuat menarik dengan bantuan editing dan computer graphics.

Commercial Advertising Photography ini sangat luas cakupannya, dan bisa meliputi fashion, still life, food maupun architectural photography. Yang menjadi ciri khusus commercial photography yaitu ia ditujukan untuk kepentingan komersial seperti pembuatan iklan.

4 dari 6 halaman

7. Wedding Photography

Jenis-Jenis Fotografi © Diadona

Jenis fotografi pernikahan atau Wedding Photography ini adalah jenis yang cukup populer. Untuk jenis ini, yang jelas nggak jauh-jauh dari pernikahan seperti mulai dari pre-wedding, acara sebelum menikah, sampai pernikahan itu sendiri.

Wedding Photography ini membutuhkan fotografer yang berpengalaman karena dibutuhkan keahlian untuk menangkap momen-momen penting. Biasanya, seorang fotografer pernikahan sudah mempunyai tim sendiri ketika bertugas.

8. Stage Photography

Jenis-Jenis Fotografi © Diadona

Event-event besar seperti konser, atau even apapun yang bertempat di sebuah panggung besar pasti akan membutuhkan jenis stage photography ini. Stage photography ini cukup menantang loh, tata cahaya (lighting) yang sering berubah-ubah serta gerakan orang yang tampil di atas panggung sulit untuk diprediksi adalah hal penting yang harus diperhatikan.

5 dari 6 halaman

9. Wildlife Photography

Jenis-Jenis Fotografi © Diadona

Hampir sama dengan landscape photography, cuman jenis wildlife photography ini adalah kegiatan memotret kehidupan alam liar di habitat aslinya. Aneka jenis hewan yang bebas berkeliaran di alam liar adalah objek utama dari jenis fotografi ini.

Wildlife photography ini umumnya hanya dilakukan oleh para fotografer profesional yang bekerja untuk sebuah media khusu yang bergerak di ranah flora dan fauna.

10. Photojournalism/Journalism Photography

Jenis-Jenis Fotografi © Diadona

Untuk jenis fotografi journalisme adalah bertujuan untuk menyajikan foto yang memiliki cerita atau nilai berita. Biasanya, foto journalisme ini dilakukan oleh fotografer yang menjadi kontributor sebuah media.

Prinsip utama dalam photojournalism yaitu foto yang dihasilkan merupakan kejadian sesungguhnya yang tanpa rekayasa dan tanpa memihak. Kemudian, foto tersebut digunakan untuk keperluan penayangan berita atau publikasi di media massa.

6 dari 6 halaman

11. Sport Photography

Jenis-Jenis Fotografi © Diadona

Hampir sama dengan stage photography, salah satu tantangan dari sport fotografi ini adalah gerakan atlet yang tidak bisa diprediksi. Jenis sport photography ini adalah untuk mengabadikan setiap kejadian menarik di tengah lapangan atau lintasan.

Apalagi jika dalam sebuah ajang olahraga tersebut sering terjadi kejadian dramatis, seorang fotografer olahraga ini harus selalu siaga. Biasanya, untuk menangkap subjek agar lebih dekat, seorang fotografer biasanya menggunakan kamera dengan lensa tele.

Jadi itulah beberapa jenis-jenis fotografi yang bisa kita ketahui. Kalau kamu suka jenis fotografi yang mana nih?

Beri Komentar