Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus dengan Mudah, Sederhana Namun Tetap Terlihat Unik

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 28 Agustus 2020 10:08
Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus dengan Mudah, Sederhana Namun Tetap Terlihat Unik
Inilah cara membuat bingkai foto dari kardus dengan mudah dan lebih hemat.

Mengabadikan momen dengan foto merupakan sebuah kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Sebab, kamu bisa memajang foto-foto koleksimu dengan berbagai bingkai yang menarik dan unik, salah satunya ialah dengan cara membuat bingkai foto dari kardus.

Selain mudah dan simple, cara membuat bingkai foto dari kardus pun juga tidak membuatmu harus mengeluarkan budget yang banyak, bahkan kamu pun bisa membuatnya sesuai dengan kreatifitasmu sendiri.

Nah, kalau kamu penasaran bagaimana cara membuat bingkai foto dari kardus, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus © Diadona

Seperti yang kamu ketahui, salah satu pajangan yang selalu ada di ruang tamu dan ruang keluarga pastinya adalah bingkai foto, ya kan? Biasanya foto yang dipajang ialah foto saat kamu meraih prestasi, foto bareng pacar atau foto bersama keluarga.

Nah, daripada kamu harus mengelukan banyak biaya untuk membeli bingkai, alangkah baiknya kalau kamu belajar cara membuat bingkai foto dari kardus bekas untuk menyimpan semua koleksi foto-fotomu. Untuk itu, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Alat dan bahan:

- Gunting
- Pisau atau cutter
- Kardus bekas
- Penggaris
- Pensil
- Hiasan

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus © Diadona

Setelah menyiapkan alat dan bahan-bahannya, beirkut cara membuat bingkai foto dari kardus bekas yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Langkah pertama cara membuat bingkai foto dari kardus bekas adalah potonglah kardus dengan ukuran lebih besar dari foto yang akan kamu pajang.

2. Setelah dua lembar kardus di potong, lubangi bagian tengah salah satu lembar kardus yang seukuran dengan foto sebagai tempat fotomu.

3. Sebelum melubangi bagian tengah bingkai, sebaiknya kamu membuat batasan supaya potongan lebih rapi. Caranya, beri garis pada bagian yang akan dilubangi dengan pensil dan penggaris, kemudian buat juga garis di bagian depan dan belakang kardus, lalu potong.

4. Tahap berikutnya cara membuat bingkai foto dari kardus adalah hiaslah lembaran kardus tersebut supaya terlihat cantik. Sebagai contoh, kamu bisa menempelkan kain dengan motif renda di bagian sisi bingkai.

5. Kalau sudah di hias, rekatkanlah bagian depan dan belakang bingkai menggunakan lem. Rekatkanlah semua sisi, tapi kamu harus membiarkan satu sisi terbuka sebagai tempat memasukkan dan mengeluarkan foto.

6. Cara membuat bingkai foto selanjutnya adalah membuat penyangganya supaya bingkai foto bisa berdiri dan dipajang di meja. Caranya, potonglah kardus menyerupai dasi lalu rekatkanlah ujung potongan pada bagian belakang bingkai. Selesai.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus dan Sedotan

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus © Diadona

Kalau kamu biasanya suka membeli bingkai foto di sebuah toko atau mall, sekarang kamu bisa loh menciptakan bingkai foto dengan memanfaatkan kardus dan sedotan.

Tentunya cara membuat bingkai foto dari kardus dan sedotan yang kamu buat akan lebih unik dan menarik. Penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak terus langkah-langkahnya berikut ini.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan:

- Kardus
- Sedotan
- Penggaris
- Cutter atau pisau
- Gunting
- Lem
- Hiasan pernak-pernik

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus © Diadona

Setelah semua alat dan bahan siap, berikut cara membuat bingkai foto dari kardus dan sedotan yang bisa kamu coba di rumah bareng keluarga.

1. Tahap pertama cara membuat bingkai foto dari kardus dan sedotan adalah siapkan 6 sedotan panjang, lalu ambil sedotan lainnya dan potong dengan gunting sesuai lebar bingkai kayu bagian atas dan bawah.

2. Tempelkan 3 sedotan panjang pada bagian kanan dan 3 di kiri menggunakan lem, lalu tempelkan sedotan yang telah dipotong-potong ke bagian atas dan bawah dengan posisi berdiri.

3. Selanjutnya, gunting kardus hingga membentuk persegi panjang dengan ukuran 12×4 cm dan gunting pada bagian ujung sedotan, lalu ambil foto yang akan di bingkai.

4. Cara membuat bingkai foto dari kardus dan sedotan berikutnya adalah oleskan lem kertas pada foto, lalu oleskan lem tembak pada bagian atas kardus kemudian tempelkan sedotan pada olesan lem yang sudah kamu buat tadi.

5. Taraaaaa! Bingkai foto hasil buatanmu siap di pajang di tembok kesayanganmu. Gimana? Gampang, kan?

Itulah cara membuat bingkai foto dari kardus dan sedotan yang bisa kamu coba di rumah untuk menyimpan hasil foto-fotomu selama ini. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar