Jenis-Jenis Mobil yang Sesuai dengan Fungsinya, Jangan Sampai Salah Pilih ya!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 31 Agustus 2021 11:00
Jenis-Jenis Mobil yang Sesuai dengan Fungsinya, Jangan Sampai Salah Pilih ya!
Dari beragam jenis-jenis mobil tersebut tentunya masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda.

Bagi beberapa orang yang mampu, mobil sudah seperti menjadi kebutuhan primer. Baik itu nanti digunakan sebagai transportasi pribadi sehari-hari atau pun dijadikan koleksi untuk memenuhi kebutuhan hobi. Jenis-jenis mobilnya pun beragam, mulai dari yang yang umum sampai yang sedikit ekslusif.

Dari beragam jenis-jenis mobil tersebut tentunya masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda. Nah, bagi kamu yang hendak meminang mobil idaman, pastikan kamu sudah memahami dungsi serta kegunaan dari mobil itu ya.

Bagi yang belum tahu banyak tentang jenis-jenis mobil yang ada, berikut Diadona.id telah merangkum informasi seputar ragam jenis kendaraan roda empat tersebut. Yuk simak ulasan sederhannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. MPV

Jenis mobil MPV atau Multi-Purpose Vehicle ini adalah mobil yang didesain untuk mampu membawa banyak orang dengan kondisi nyaman dengan sisa ruang yang masih luas untuk bagasi. Mobil ini juga disebut sebagai minivan atau mobil keluarga hehe.

Di Indonesia sendiri ini adalah kenis mobil yang cukup banyak penggunanya. Mobil MPV biasanya akan dapat digunakan dari 5 hingga 7 penumpang. Kalau untuk contohnya ya ada Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan juga Daihatsu Xenia.

2. SUV

Jenis-Jenis Mobil © Diadona

Jenis mobil yang cukup banyak digunakan di Indonesia adalah SUV atau Sport Utility Vehicle. INi adalah mobil yang hampir sama dengan MPV tapi memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Contohnya ya seperti Mitsubishi Pajero dan Toyot Fortuner itu.

Selain bisa digunakan untuk memuat banyak orang dan tetap bisa berkendara dengan nyaman, mobil ini tangguh di berbagai macam medan seperti on road ataupun off road. Mobil ini memang cukup banyak digemari orang karena tenaganya yang besar dan eksterior yang mewah.

2 dari 6 halaman

3. Sedan

Jenis-Jenis Mobil © Diadona

Kita semua pasti sudah akrab dengan jenis mobil ang satu ini. Sedan adalah mobil yang didesain minimalis dengan kenyamanan tinggi dan daya tampung berkisar 4 orang. Contoh dari mobil ini yaitu Toyota Vios, Honda Civic, dan juga BMW M3.

Tipe mobil ini biasanya memiliki bodi yang pendek dan memanjang yang membuatnya akan terlihat mewah dan anggun. Bahkan, jenis mobil sedan sudah cukup lama menjadi pilihan favorit kebanyakan orang.

4. Double Cabin

Jenis-Jenis Mobil © Diadona

Hampir sama dengan jenis mobil SUV, mobil double cabin adalah mobil yang nyaman di segala medan, namun juga dapat memuat banyak penumpang dan barang. Bedanya, di bagian belakang mobil ini ada bak terbuka seperti mobil pick up. untuk contohnya ya mobil Mitsubishi Triton Double Cabin dan juga Nissan Navara serta Ford Ranger.

Oh iya mobil ini juga hanya memiliki daya tumpang 4-5 orang. Mobil ini didesain tangguh, mesin yang bertenaga, dan bagasi yang luas yang akan cocok dipakai di segala medan.

3 dari 6 halaman

5. Pick Up

Jenis mobil pick up ini juga nggak kalah populer dengan jenis-jenis mobil lainnya. Umumnya, mobil pick up ini digunakan untuk untuk mobil barang.

Untuk tenaganya sendiri mungkin nggak usah dipertanyakan lagi. Mobil pick up seperti Mitsubishi L300 serta mobil pick up lainnya adalah mobil yang mempunya tenaga luar biasa.

6. Coupe

Jenis-Jenis Mobil © Diadona

Jenis mobil coupe merupakan jenis mobil yang didesain dengan ukuran kecil menyerupai sedan namun hanya memiliki 2 buah pintu dan jok penumpang. Namun, beberapa jenis juga memiliki empat jok penumpang.

Mobil coupe sendiri juga mempunyai berbagai macam jenis yaitu nothchback coupe, fastback coupe, liftback coupe, convertible coupe, dan coupe empat pintu. Setiap jenis coupe tentu saja berbeda-beda desainnya.

4 dari 6 halaman

7. Convertible

Mobil ini merupakan mobil yang hadir dengan bodi kecil dan atap yang terbuka. Ada juga tipe mobil convertible yang atapnya dapat dibuat tertutup maupun terbuka. Tipe tersebut lebih dikenal sebagai mobil Convertible Soft Top dan Convertible Hard.

Istilah convertible sendiri sebetulnya sering digunakan di Amerika dan cabriolet serta oleh manufaktur Eropa. Inti dari istilah-istilah tersebut sama mobil dengan atab terbuka. Sejauh ini ada banyak para pecinta mobil jenis ini dengan karakteristik menariknya tersebut.

8. Station Wagon

Jenis mobil selanjutnya adalah station wagon. Ini adalah mobil yang mirip dengan sedan namun dengan atap yang didesain untuk diperpanjang sampai bagian belakang. Tujuannya adalah untuk digunakan sebagai bagasi yang menyatu dengan kabin penumpang.

5 dari 6 halaman

9. Hatchback

Jenis-Jenis Mobil © Diadona

Jenis mobil hatchback merupakan jenis mobil yang memiliki ukuran kecil dengan ruang penumpang yang menyatu dengan bagasi. Mobil ini memang didesain untuk membawa penumpang dan barang.

Walaupun bagasi dari mobil ini tidak seluas mobil SUV ataupun MPV, namun sebagian orang juga memilih jenis mobil ini. kapasitas penumpang dari mobil hatchback biasanya hanya tersedia 4 hingga 5 orang saja.

10. Sport Car

Jenis-Jenis Mobil © Diadona

Jenis sport car adalah mobil yang cukup ekslusif. Selain harganya yang mahal, kegunaan mobil ini juga kurang cocok untuk digunakan ramai-ramai. Bentuk dari mobil ini biasanya menyerupai sedan, akan tetapi desainnya lebih sporty.

Desain serta fitur-fitur mewah yang ada di dalam mobil ini juga jauh dengan kelas mobil lainnya. Pengendalian yang sempurna dan tenaga yang besar menjadi syarat utama mobil ini.

Jadi itulah beberapa jenis-jenis mobil yang harus kita ketahui sebelum kita meminang mobil impian kita. Semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar